Di Rumah Aja Jadi Makin Lengket sama Ponsel, Hati-Hati dengan Sinar Birunya!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 11 Mei 2020 06:27
Di Rumah Aja Jadi Makin Lengket sama Ponsel, Hati-Hati dengan Sinar Birunya!
Rebahan terus jadi nggak ingat waktu sama ponsel.

Pandemi virus corona membuat kita sebagai warga negara yang baik berdiam diri saja di rumah. Mulai dari bekerja, hingga melakukan aktivitas lainnya. Salah satu hal yang bisa buat kita betah di rumah adalah dengan adanya ponsel.

Tidak work from home atau WFH saja penggunaan ponsel bisa lama. Apalagi jika wfh atau di rumah saja? Bisa-bisa, kita-kita anak muda ini jadi bermain ponsel seharian. Dan salah satu hal yang patut diperhatikan adalah blue light pada ponsel itu sendiri. ya!

1 dari 5 halaman

Kerusakan Mata

ilustrasi seorang wanita bermain ponsel © Diadona

Kalau di rumah aja ini bikin kamu bermain ponsel menjadi lebih lama dibanding biasanya, kamu mesti hati-hati. Sebab melansir dari Bangkok Hospital, sinar biru bisa menyebabkan kerusakan mata permanen. Selsel di pusat retina bisa hantung dan bisa menyebabkan hilangnya penglihatan. Fenomena ini juga sering disebut dengan Age-related Macular Degeneration (AMD).

2 dari 5 halaman

Diabetes sampai Kanker

Kali ini melansir dari Harvard Health Publishing, dampaknya akan lebih buruk jika bahkan kamu bermain ponsel sampai tengah malam. Aktivitas sinar biru yang tertuju pada dirimu di malam hari bisa menyebabkan diabetes dan obesitasa, bahkan penyakit jantung dan kanker.

Paparan sinar biru akan menekan sekresi melatonin, yaitu hormon yang memengaruhi ritme sirkadian. Sementara itu, kadar melatonin yang rendah sangat terkait dengan kanker.

3 dari 5 halaman

Sulit Tidur

Ilustrasi Perempuan Bermain Ponsel © Diadona

Ketika sekresi melatonin seseorang tertekan, ritme sirkadian atau ritme tidur akan terganggu. Hal ini dijelaskan oleh Stephen Lockley, seorang peneliti tidur di Harvard, bahwa cahaya pada malam hari adalah salah satu alasan kenapa kebanyakan orang tak bisa tidur alias insomnia.

Sedangkan itu lagi-lagi, tidur pendek sangat terakit dengan peningkatan risiko depresi, diabetes, serta masalah kardiovaskular.

4 dari 5 halaman

Melindugi Diri dari Sinar Biru

Melansir dari berbagai sumber, ada berbagai hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sinar biru.

1. Kurangi kecerahan layar.
2. Gunakan Filter Layar
3. Hindari bermain ponsel dua sampai tiga jam sebelum tidur.
4. Perbanyaklah memarkan diri kamu atas cahay terang di siang hari, yang bisa meningkatkan kualitas tidur di malam hari.
5. Istirahat 20 menit sekali setiap penggunaan ponsel
6. Minum Banyak Air putih
7. Makan buah atau sayuran kuning dan oranye yang kaya vitamin A, C, dan E, atau suplemen sekalipun.

Beri Komentar