7 Tips Membuat Perencanaan Kamar Tidur yang Nyaman, Bikin Makin Betah dan Rileks saat Beristirahat

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 17 Januari 2024 13:58
7 Tips Membuat Perencanaan Kamar Tidur yang Nyaman, Bikin Makin Betah dan Rileks saat Beristirahat
Menerapkan perencanaan kamar tidur yang nyaman dapat membantu mengontrol pikiran agar tidak mudah stres, sehingga siap untuk menjalani aktivitas dengan produktif.

Menerapkan perencanaan kamar tidur yang nyaman bisa membuat kamar kamu terasa makin cozy. Hal ini sangat berguna untuk menciptakan kondisi ruangan jadi terasa lebih hangat dan sempurna. Selain itu, kualitas tidur pun akan terjaga dengan baik, sehingga memberikan kesempatan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. 

Dengan memiliki perencanaan yang pas, perasaan kita pun akan terasa lebih bahagia dan bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih bersemangat. Jadi, jangan sampai terlalu menyepelekan kondisi kamar tidur yang berantakan karena bisa membuat kamu merasa kurang nyaman saat berada di dalam kamar tidur. 

Untuk mengetahui bagaimana caranya untuk membuat perencanaan kamar tidur yang nyaman, langsung aja simak di bawah ini!

1 dari 7 halaman

Perhatikan Cat Kamar Tidur

Ilustrasi Kamar Tidur Istimewa © Diadona

Membuat perencanaan kamar tidur yang nyaman bisa dimulai dengan menentukan cat warna kamar secara tepat. Pemilihan cat kamar tidur tertentu bisa memengaruhi kualitas tidur jadi lebih lelap. Hal ini disebabkan karena pesan yang terkandung di setiap warna dapat memberikan efek secara emosional yang berbeda-beda di setiap manusia. 

Seperti dengan warna gelap pada biru tua yang diasosiasikan dengan rasa tenang dan rileks. Untuk warna cerah, kamu bisa memilih warna putih yang memberikan kesan zero negativity. Warna putih dapat membantu memurnikan pikiran dari rasa lelah setelah melakukan aktivitas seharian.

2 dari 7 halaman

Posisi Tempat Tidur yang Pas

Ilustrasi Kamar Tidur Istimewa © Diadona

Tips memiliki perencanaan kamar tidur yang nyaman kedua adalah dengan mengatur posisi kasur. Kebanyakan penghuni rumah sering menyepelekan penataan kasur dengan sembarangan. Padahal, penataan tempat tidur yang tepat sangat memengaruhi kenyamanan untuk tidur sekaligus memberikan kesan ruangan yang terasa apik. 

Kamu bisa menata tempat tidurmu secara simetris dengan posisi yang terletak di tengah dinding. Posisi ini akan membuat komposisi ruangan jadi lebih seimbang dan menyisakan sisa space yang bisa digunakan untuk bergerak secara leluasa.

3 dari 7 halaman

Furnitur yang Minimalis

Ilustrasi Kamar Tidur © Diadona

Penataan furnitur secara optimal menjadi bagian dari perencanaan kamar tidur yang nyaman loh. Hal ini perlu dilakukan supaya tidak memberikan kesan yang sempit. Selain itu, furnitur yang terlalu banyak juga akan memengaruhi penghuni rumah jadi terasa kurang nyaman bahkan bisa memunculkan rasa stres saat berada di dalam kamar tidur. 

Ingat, jangan hanya memilih furnitur hanya berdasarkan tampilannya yang lucu saja. Akan tetapi, kamu juga harus memilih furnitur yang disesuaikan dengan kebutuhan personal dan gaya ruangan.

4 dari 7 halaman

Pencahayaan dan Sirkulasi Udara di Kamar Tidur

Perencanaan Kamar Tidur yang Nyaman © Diadona

Tips melakukan perencanaan kamar tidur yang nyaman selanjutnya adalah dengan mengatur pencahayaan yang baik. Pencahayaan yang tepat dapat menciptakan momen baru dan suasana yang hangat saat berada di kamar tidur. Dari sisi kesehatan, lampu tidur berwarna kuning menjadi pilihan terbaik untuk mengantarkan tidurmu dengan lebih nyenyak. 

Untuk sirkulasi udara, pastikan memasang jendela dan ventilasi silang yang disesuaikan dengan luas ruangan serta tinggi langit-langit. Hal ini penting untuk memudahkan masuknya aliran udara, sehingga dapat memberikan rasa yang lebih sejuk untuk kamar tidur.

5 dari 7 halaman

Ranjang yang Empuk

Ilustrasi Kamar Tidur Istimewa © Diadona

Membuat perencanaan kamar tidur yang nyaman kelima yaitu dengan memilih ranjang tidur yang pas. Ranjang tidur yang terlalu empuk bisa membuat posisi tubuh jatuh ke dalam, sehingga akan memberikan rasa sakit pada tubuh. Sementara itu, ranjang tidur yang terlalu keras mengakibatkan peredaran darah dan volume oksigen tubuh menjadi terganggu. 

Semestinya, ranjang tidur harus dipilih sesuai dengan tingkat keempukan yang ada di level medium firm. Jenis level ini memiliki keempukan yang pas dan sangat bagus untuk memelihara kondisi tubuh pada saat tidur, tanpa batas usia.

6 dari 7 halaman

Aksesori di Kamar Tidur

Perencanaan Kamar Tidur yang Nyaman © Diadona

Perencanaan kamar tidur yang nyaman keenam adalah dengan menambahkan aksesori kamar yang cukup. Kamar tidur yang memiliki kesan terlalu kosong dapat membuat suasana ruangan jadi lebih menyeramkan. Begitu juga dengan kamar tidur yang diisi oleh banyak aksesori, hal ini akan membuat rasa kurang nyaman dan sesak saat berada di kamar tidur. 

Oleh karenanya, kamu bisa memilih dekorasi kamar tidur yang pas seperti lampu hias tidur. Lampu tidur memberikan tampilan kamar jadi terasa lebih hidup meski dinyalakan di cahaya yang gelap atau kamu juga bisa menggunakan aromaterapi dengan bentuk yang unik  untuk mengantarkan tidur jadi lebih nyaman.

7 dari 7 halaman

Perbanyak Bantal

Ilustrasi Kamar Tidur © Diadona

Membuat perencanaan kamar tidur yang nyaman ketujuh yaitu dengan menentukan porsi bantal yang tepat. Bantal bukan hanya sekadar digunakan sebagai dekorasi atau pelengkap pada kamar tidur. Akan tetapi, bantal juga memiliki manfaat yang baik untuk kondisi tubuh supaya dapat mengantarkan tidur dengan lebih nyaman 

Menurut para ahli, menggunakan 2 bantal saja cukup untuk menjaga postur tubuh agar tetap sehat. Tidur dengan menggunakan 2 bantal membantu menopang area kepala untuk sejajar dengan tulang belakang. Hal ini memengaruhi otot leher jadi lebih rileks, sehingga dapat menurunkan rasa stres pada tubuh. 

Itulah beberapa cara untuk menerapkan perencanaan kamar tidur yang nyaman di rumah. Mana nih tips yang sudah kamu terapkan selama ini? Semoga ulasan ini bermanfaat ya Diazens.

Penulis : Nabila Rofifah Ghasani

Beri Komentar