Musim Hujan Telah Tiba, Perhatikan dan Cek 8 Bagian Rumah Ini Moms!

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 1 Oktober 2020 12:50
Musim Hujan Telah Tiba, Perhatikan dan Cek 8 Bagian Rumah Ini Moms!
Ibarat 'Sedia payung sebelum hujan', yuk cek kondisi rumah saat musim penghujan Moms!

Mengawali bulan Oktober biasanya beberapa daerah di Indonesia sudah mendapati hujan. Yap, beberapa waktu lalu mungkin daerah Moms juga mendapatkan terpaan hujan lebat selama beberapa waktu. Mendapati kejadian tersebut alangkah lebih baiknya Moms melakukan pengecekan berkala pada hunian sebelum memasuki masa hujan yang benar-benar sudah tak kenal waktu.

Nah, beberapa bagian rumah berikut ini bisa menjadi hal penting untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan selama hujan berlangsung Moms. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

 

1 dari 8 halaman

1. Atap Rumah

Memilih Atap Rumah Ideal dengan Genteng atau Galvalum, Mana yang Lebih Baik? © Diadona

Atap rumah bisa dibilang adalah bagian paling utama yang harus dilakukan pengecekan berkala khususnya saat musim hujan tiba ya Moms. Hal ini terjadi lantaran atap rumah menjadi bagian serta pelindung rumah dari terpaan panas dan hujan. Setiap pemilik rumah disarankan untuk mengecek kondisi atap minimal satu tahun sekali untuk inspeksi keretakan, lubang, atau daerah yang berisiko rusak atau hancur.

Jangan sampai ada kejadian atap rumah bocor dan jika tidak segera diperbaiki akan menimbulkan kerusakan parah. Waduh, bisa bahaya tuh? Setidaknya musim hujan ini bisa dinikmati dengan ngeteh sambil ngobrol hangat bareng keluarga jadi sibuk buat memberikan wadah untuk menampung kebocoran akibat air hujan, kan jadi enggak seru, hehe...

2 dari 8 halaman

2. Saluran Pembuangan Air

Saluran pembuangan dapat memengaruhi kelancaran pembuangan air saat musim hujan, pastikan got atau selokan di depan rumah dan sekitarnya bersih dari sampah khususnya sampah plastik ya Moms.

Tak hanya itu, bagian seperti talang air juga wajib disek ulang kondisi dan kebersihannya. Kalau ada yang tersumbat, maka segera lakukan konsultasi dengan ahli bangunan dan sesegera mungkin jadwalkan perbaikan.

3 dari 8 halaman

3. Kondisi Sekeliling Rumah

Lingkungan Luar Rumah © Diadona

Apakah Moms memiliki pohon besar di dekat rumah? Jika demikian, maka pastikan tumbuhan tersebut tidak menjadi potensi kecelakaan saat musim hujan, ya! Untuk menghindari kemungkinan buruk, Moms harus mengecek kondisi pohon atau tanaman tersebut. Pangkas daun dan cabang yang mulai membesar dan terlihat rapuh.

Ketahui juga apakah ada timbunan sampah di sekitar rumah, jika benar ada maka segeralah untuk membersihkannya. Timbunan sampah yang tidak segera dibersihkan dapat membuat rumah kebanjiran dan semakin kotor saat musim hujan. Enggak mau dong Moms kalau area rumah setelah hujan ada sampah yang berceceran, pasti juga akan menimbulkan bau tak sedap.

4 dari 8 halaman

4. Langit-Langit Rumah

Dekorasi Plafon © Diadona

Pastikan tidak ada kebocoran atau air yang merembes ke dalam rumah saat musim hujan. Ciri lain yang wajib diperhatikan pada bagian langit-langit rumah adalah adanya bekas air, tumbuhnya jamur, atau perubahan warna pada pemukaan. Jika hal itu terjadi, segera perbaiki atau meminta bantuan ahli bangunan.

5 dari 8 halaman

5. Cek Pintu dan Jendela

Ilustrasi Pintu Rumah Unik © Diadona

Pastikan pintu dan jendela rumah bisa ditutup dengan sempurna. Jangan sampai ada air yang masuk dalam volume besar melalui celah pintu atau jendela saat musim hujan. Jika ditemukan bermasalah, segera lakukan perbaikan agar tidak ada lagi air hujan yang masuk dan berpotensi mengotori ruangan rumah.

6 dari 8 halaman

6. Keran dan Pipa Air

Ilustrasi Wastafel © Diadona

Cek dua bagian yang berkaitan erat dengan sumber dan aliran air di dalam rumah, seperti keran dan pipa. Jika diperlukan, Moms bisa mengganti keran air apabila mulai rusak atau tidak bekerja dengan sempurna. Pastikan juga tidak ada kebocoran dan kualitas air tetap baik untuk kebutuhan darurat saat musim hujan. Begitu juga halnya dengan pipa air. Pastikan pipa air tidak ada yang tersumbat ya.

7 dari 8 halaman

7. Listrik

Tidak bisa sembarangan, ada baiknya untuk persolan listrik Moms bisa menyerahkan langsung kepada teknisi atau pakar ahlinya. Minimal Moms bisa mengecek dan mengetahui apakah posisi panel listrik sudah cukup tinggi dan tidak akan terendam banjir saat musim hujan. Selain itu, amankan juga perangkat listrik lainnya, seperti kabel dan stop kontak dari kemungkinan terendam atau terciprat air saat musim penghujan.

8 dari 8 halaman

8. Bagian Rumah yang Rentan Rayap

Ilustrasi Pintu Rumah Unik © Diadona

Tak menutup kemungkinan, saat musim hujan tiba ada potensis erangan hama seperti rayap yang bisa merusak furnitur atau bangunan yang menggunakan material kayu. Nah, mulailah melakukan inspeksi dan gunakan anti rayap di bagian yang rentan terhadap hewan rayap ini ya.

Semoga beberapa tips menghadapi musim penghujan di atas bisa membantu ya Moms. Yuk, segera cek kondisi hunian untuk mencegah kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama musim penghujan.

Beri Komentar