Rekomendasi 6 Bahan Alternatif buat Bangun Rumah Hemat Budget dan Tetap Berkualitas

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 28 September 2020 11:25
Rekomendasi 6 Bahan Alternatif buat Bangun Rumah Hemat Budget dan Tetap Berkualitas
Murah dan berkualitas dengan alternatif material berikut ini!

Sebuah rumah umumnya dibangun sesuai keinginan dan konsep dari penghuninya. Mereka bisanya memilih untuk membangun dengan kokoh berharap bisa dipergunakan dalam kurun waktu yang lama. Namun, beberapa orang mungkin juga terkendala dengan budget yang dimiliki.

Jangan biingung ya Moms, saat ini sudah banyak referensi pembangunan rumah berbudget murah namun juga tetap berkualitas kok. Beberapa material berikut ini bisa Moms pergunakan.

 

1 dari 6 halaman

1. Beton Aerasi

Beton Aerasi © Diadona

Beton ini lebih ringan daripada batu bata biasa. Hal ini berarti beban fondasi bisa dikurangi.

Ukuran satuan lebih berpresisi dengan dimensi lebih besar sehingga pemakaiannya lebih sedikit untuk satu bidang dinding. Beton Aerasi ini juga kedap suara dan relatif tahan api dengan daya serap rendah sehingga tidak mudah lembab.

2 dari 6 halaman

2. Semen Mortar

Semen Mortar © Diadona

Semen mortar meming sedikit lebih mahal dibandingkan semen biasa saat dilihat dari satuan harganya. Kendati demikian, pemakaiannya lebih irit, cepat, dan tidak butuh banyak tukang. Dengan semen siap pakai, Moms tidak perlu mengira-ngira campuran pasir dan semen.

3 dari 6 halaman

3. Styrofoam (EPS Sandwich Panel)

Styrofoam (EPS Sandwich Panel) © Diadona

Expanded Polystyrene atau yang dikenal dengan istilah styrofoam kerap dijumpai sebagai tempat makanan dan pengaman barang elektronik. Ternyata, Styrofoam juga bisa dijadikan material alternatif untuk dinding.

EPS Sandwich panel misalnya, berupa dua panel metal yang bagian tengahnya diisi styrofoam. Selain ringan dan tahan lama, panel ini juga kedap suara.

4 dari 6 halaman

4. Kontainer dan Tube

Peti kemas dan bekas gerbong kereta juga bisa dijadikan tempat bernaung yang murah. Moms tinggal membuat bukaan untuk pintu dan jendela. Perhatikan sirkulasi udara dan insulasi panas jika di daerah tropis ya Moms.

5 dari 6 halaman

5. Kertas

Di Jepang sampah kertas didaur ulang menjadi bahan bangunan alternatif. Sifatnya yang ringan cocok digunakan untuk bangunan tahan gempa.

Namun, teknologi dan pemakaiannya belum cukup familier bagi masyarakat Indonesia. Ditambah, sifat dasarnya yang kurang tahan air cukup menyulitkan aplikasi di daerah bercurah hujan tinggi.

6 dari 6 halaman

6. Fiber Semen

Fiber semen adalah material pengganti asbes gelombang karena asbes merupakan zat yang berbahaya bagi kesehatan. Fiber semen diguanakn sebagai material penutup atap dan cladding. Tak hanya ringan dan tahan rayap, fiber semen relatif mudah dipasang.

Itu tadi beberapa bahan alternatif untuk membangun rumah dengan budget minim. Semoga mengiinspirasi Moms.

Beri Komentar