16 Tips First Date yang Asik, Biar Gebetan Ngajakin Kencan Lagi

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 4 Januari 2024 20:38
16 Tips First Date yang Asik, Biar Gebetan Ngajakin Kencan Lagi
Cara jitu biar gebetan ngajakin nge-date lagi.

Kencan pertama atau first date bisa menjadi salah satu momen yang mendebarkan dalam hidup. Sebelum ketemuan tuh rasanya kayak hati berdebar tak menentu dengan ritme yang cepat.

Kadang, saking deg-degannya kamu bisa salah tingkah dan melakukan kesalahan. Gak mau dong bikin Mas Gebetan jadi ilfil dan males buat merencanakan dating di kemudian hari? Nah, daripada bingung, mending simak beberapa tips kencan pertama yang telah Diadona ulas berikut ini.

1 dari 5 halaman

Tips First Date © Diadona

Persiapan nge-date

Sebelum acara nge-date, kamu wajib bersiap-siap, Girls. Alangkah lebih baiknya jika kalian sama-sama membuat kesepakatan tentang pemilihan waktu dan tempat yang tepat. Hindari kejadian yang bikin kalian jadi miskomunikasi sehingga rencana nge-date jadi gagal.

Patut diperhatikan juga bahwa  di waktu tersebut, kalian sama-sama yakin bisa nge-date. Jangan sampai ada kejadian pembatalan rencana kencan secara sepihak karena baru inget kalau ada kerjaan lain yang harus kita lakukan.

Siapkan Mental Biar PD

Acara first date pasti bakal jadi salah satu momen bersejarah dalam hidupmu. Siapkan mental dan tenangkan pikiran biar saat ketemuan nanti kamu gak pake acara grogi, hehe.

Yap, alangkah lebih baik jika kamu mampu menunjukkan sikap santai dan enjoyable saat bertemu. Tujukkan bahwa kamu perempuan memesona yang layak buat mendapatkan cinta sejati dari sosok lelaki idaman.

Jadilah Dirimu Sendiri

Melakukan first date dengan seseorang bisa saja bikin kamu  merasa minder. Hal itu normal kok, girls. Banyak orang terutama mereka yang cenderung kritis terhadap diri sendiri akan sering bertanya pada diri sendiri, apakah si doi juga menyukaiku? 

Ingat, ada banyak hal yang harus kamu lakukan dalam masa pdkt, dan salah satu tips first date adalah kamu nggak boleh insecure dengan dirimua.

Nggak semua orang harus suka sama kamu, dan tidak semua orang cocok untukmu. Orang yang tepat akan menganggap keunikan dan ketidaksempurnaanmu menyenangkan, jadi tidak perlu berpura-pura untuk mendapatkan validasi darinya. Percayalah bahwa kamu cantik dan kamu unik dengan caramu sendiri, girls.

2 dari 5 halaman

Tips First Date © Diadona

Dress up

Bagi perempuan pada umumnya, penampilan adalah yang utama, meskipun acara nge-date kalian berkonsep ala santai dan kasual, kamu juga tetap harus tampil dengan baik dan enggak mengecewakan.

Tentunya kamu perlu memperhatikan pemilihan kostum, kenakan baju yang nyaman dan enggak terlihat lusuh. Perhatikan juga tatanan rambut dan pastikan untuk memakai parfum, biar fresh dan enggak bau.

Dress up buat nge-date enggak perlu berlebihan kok, yang penting nyaman dan enak dipandang mata. memang gak ada ukuran pasti mengenai penampilan, namun setidaknya gebetan jadi merasa dihargai kalau kamu taking effort dalam memperhatikan penampilan.

Tepat Waktu

Estimasikan waktu yang bakal kamu perlukan, dimulai dari memilih baju, dandan, sampai pergi ke tempat yang udah ditentuin sama gebetan.

Akan lebih baik jika gebetan bisa menjemput kamu, tapi kalau enggak, kamu harus jeli lagi buat mengatur waktu. Datang lebih awal juga enggak masalah, malah kamu jadi punya sisa waktu lebih buat rileks.

Berikan Kesan Pertama yang Kuat

Kesan pertama adalah salah satu aspek paling krusial dari first date. Cuman perlu waktu beberapa detik atau menit saja bagi si doi untuk membentuk opini berdasarkan penampilan dan sikapmu pada saat pertama bertemu. 

Cara terbaik biar kamu bisa ngasih kesan pertama yang positif yakni dengan tersenyum sambil melakukan eye contact. Dengan banyak tersenyum, kamu bisa membagikan hal positif kepada orang-orang di sekitarmu.

Tips first date yang nggak kalah penting juga pastikan outfit yang kamu kenakan nyaman dan sesuai dengan tempat ngedate kalian ya agar kamu tidak terlihat seperti salah kostum. 

Perhatikanlah Body Language Kamu

Body language yang kamu lakukan saat first date juga sangat penting. Tanda-tanda sederhana seperti memberi isyarat dengan mencondongkan tubuh, menjaga kontak mata, dan tersenyum dapat mencerminkan kepercayaan diri, keterbukaan, dan keterlibatan penuh dalam obrolan. 

Di sisi lain, menyilangkan tangan, melihat sekeliling ruangan, atau gelisah dapat menunjukkan rasa bosan atau gugup, serta mainin ponsel merupakan pesan tersirat bahwa mungkin kamu tidak benar-benar tertarik untuk berkencan. Perhatikan body languagemu agar tidak timbul kesalahpahaman diantara kamu dan si doi.

3 dari 5 halaman

Tips First Date © Diadona

Pesan Makanan

Tak sedikit orang akan merasa takut dan khawatir bakal bikin gebetan ilfil kalau kita makannya berantakan. Alhasil, kamu jadi punya list makanan yang 'sebaiknya' dipesan saat nge-date.

Nyatanya, para cowok gak bakal memikirkan tipe makanan apa yang bakal kamu makan saat dating. jadi, kalau kamu mau makan burger, pesan aja burger. Malah ketika kamu enggak jaim sama menu makanan yang disantap, kamu akan terlihat semakin atraktif di mata mereka.

Obrolan Ringan dan Kontak Mata

Kalau kamu dan gebetan sudah sering bertukar info dari chat, maka akan memudahkan kalian untuk memulai obrolan ringan berdasarkan riwayat percakapan yang kalian dapatkan dari ngobrol sama dia sebelumnya.

Akhirnya, usaha dalam membangun suasana nge-date yang enggak membosankan jadi berhasil deh. Pastikan juga bahwa kalian melakukan kontak mata, ya. Pada beberapa kesempatan, bikin dia merasa diperhatikan dan didengarkan. Otomatis, kamu akan diperlakukan serupa olehnya.

Kasih Perhatian ke Dia

Pada saat ngedate, pastikan kamu simpan ponselmu terlebih dahulu dan berikan atensi kepada doi. Memang susah banget rasanya untuk lepas dari ponsel. 

Tapi jangan sampai deh dia merasa kamu nggak menghargai keberadaan dia hanya karena kamu sibuk bermain ponsel terus.

Tunda terlebih dahulu hal-hal yang perlu kamu lakukan dengan ponsel. Dengan begitu, sikap ini bisa membuat doi merasa jika kamu menghargainya dan itu akan meninggalkan kesan yang baik.

4 dari 5 halaman

Tips First Date © Diadona

Pesan Juga Beberapa Dessert

Buat menciptakan suasana dating makin asik, kamu bisa memesan jamuan dessert, Girls. Tujuannya supaya ada icebreaker di antara kamu dan dia. Ngobrol terus lama-lama juga bakal bosen dong? Makanya harus ada icebreaker dulu ya. Buat mengakalinnya, kamu bisa memilih tempat lain buat hunting dessert.

Gebetan Kamu nggak Harus Bayar Makanan Kalian

Pada saat melakukan kencan pertama, cowok itu enggak wajib buat bayar semua makanan yang kalian santap, Girls. Akan lebih baik kalau kamu dan dia sama-sama patungan buat membayar tagihannyaPilihan lainnya, kamu dan gebetan bisa bayar gantian; dia bayarin makan, kita bayarin dessert-nya, atau sebaliknya.

Terlibat dalam Percakapan dan Ajukan Pertanyaan

First date adalah langkah untuk mendekatkan diri dengan gebetanmu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin dengan terlibat percakapan sepenuhnya tanpa gangguan. 

Tips first date menyenangkan sekaligus berisi adalah ajukan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan minatnya, tapi bikin pertanyaan itu menjadi menyenangkan, bawa alur percakapan ke arah fun dan bukan seperti interview. Gugup saat ngobrol adalah hal yang biasa kok, tapi jangan terlalu banyak dipikirkan ya.

5 dari 5 halaman

 Tips First Date © Diadona

Santai dan Nikmati Kencanmu

Santai dan nikmati first date mu juga merupakan hal yang wajib kamu lakukan. Bahkan sebelum kamu berangkat berkencan, tanamkan dalam pikiranmu bahwa kamu akan bersenang-senang, meskipun mungkin saja nantinya dia bukan pasangan yang cocok. 

Pacaran adalah sebuah proses. Setiap kali kamu bertemu orang baru, kamu belajar lebih banyak tentang apa yang kamu cari dari seorang pasangan. Meskipun kencan pertama tidak mengarah ke kencan kedua, jika kamu memiliki sikap positif dan memutuskan untuk bersenang-senang, kamu tidak akan rugi apa-apa.

Tanyakan Soal Rencana Dating Berikutnya

Setelah jalan berdua dan kalian merasa nyaman satu sama lain, maka enggak ada salahnya berinisiatif buat menanyakan soal kemungkinan rencana kencan dikemudian hari. Enggak perlu yang serius-serius Girls, kodein aja dengan memberitahunya akan beberapa film yang bakal tayang minggu depan.

" Eh, minggu depan ada film baru rilis, nih. Nonton, yuk!"

Ucapkan Terima Kasih

Untuk memberikan kesan baik, kamu wajib  mengucapkan terimakasih ke Mas Gebetan. Ucapan ini sebagai bentuk penghargaan kalau kegiatan yang telah kalian jalani mulai dari jalan, ngobrol, dan bercanda sama dia secara langsung bikin kamu merasa senang dan nyaman.

Nah, dengan beberapa cara ini dijamin deh Mas Gebetan bakal ngajakin kamu nge-date lagi. Semoga kamu selalu dipertemukan dengan orang-orang baik dan selalu mendukung jalan hidupmu. Tetap semangat Girls!

Penulis : Yayuk Harini, Clarissa Dhea

Beri Komentar