25 Cara Melupakan Mantan Pacar dengan Cepat, Tanpa Harus Galau dan Dijamin Langsung Move On!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 3 Januari 2024 22:39
25 Cara Melupakan Mantan Pacar dengan Cepat, Tanpa Harus Galau dan Dijamin Langsung Move On!
Ini dia cara melupakan mantan yang efektif tanpa harus galau!

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya putus cinta. Yaps, perpisahan yang tidak diharapkan selalu menjadi momok bagi seseorang tersebut.

Saat terjadi perpisahan, kita harus menghadapi lagi kesepian, sedih karena ditinggalkan, atau bisa saja perasaan tak berharga. Hal tersebut sebenarnya wajar adanya, tak perlu tergesa-gesa dalam cara melupakan mantan pacar dengan cepat.

Semua orang pasti tau melupakan butuh proses dan waktu yang tidak sebentar. Tapi kalau bayangan mantan masih menghantui benakmu, kamu pasti sulit mencari pasangan baru. Belum lagi bisa hal itu mengganggu aktivitasmu sehar-hari. hal inilah yang membuatmu semakin susah move on dan mencari cara melupakan mantan.

Nah, daripada terus membayangkan mantan dan berharap masa lalu kembali lagi yang berakhir sia-sia, langsung saja simak cara melupakan mantan pacar dengan cepat berikut ini.

1 dari 6 halaman

Cara Melupakan Mantan © Diadona

Melupakan mantan pacar memang bukan perkara mudah. Apalagi kalau alasan putusnya bukan karena keinginan sendiri, jadi mau tidak mau hubungan itu harus diselesaikan.

Biar kamu nggak semakin galau, coba deh ikuti cara melupakan mantan pacar berikut ini:

1. Jangan Hanya Fokus Pada Kenangan Indah Saja

Semua hubungan pasti memiliki kenangan baik dan buruk, tapi kalau kamu ingin mencari cara melupakan mantan pacar dengan cepat, mungkin kamu harus melupakan kenangan indah saat bersamanya dan mulai mengingat kenangan buruknya aja.

Lupakan mantan dengan ingat-ingat lagi alasan sebenarnya kalian putus, entah doi terlalu cuek, kamu diselingkuhi, atau lain sebagainya sebagai tamparan bahwa hubungan kalian memang sudah tidak bisa diperbaiki lagi.

Walau demikian, perlu diingat kalau kamu nggak boleh memaksakan diri untuk melupakan dalam waktu yang singkat. Mengingat kenangan buruk kalian hanya sebagai salah satu langkah meredam perasaan.

2. Sibukkan Diri dengan Aktivitas

Cara melupakan mantan pacar selanjutnya adalah dengan terus menyibukkan diri sendiri dengan melakukan berbagai macam aktivitas. Seperti kumpul bareng teman-teman, melakukan hobby yang kamu sukai, belanja, berkumpul bersama keluarga, atau berolahraga.

3. Hindari Hal-Hal yang Membuat Kamu Jadi Ingat Doi

Meski terlihat lebay atau berlebihan, ternyata memblokir semua media sosial mantan bisa membuat semakin lupa dengan dia. Selain itu, membuang barang-barang dari pemberian doi juga menjadi salah satu cara melupakan mantan yang sudah menyakitimu.

Satu lagi cara melupakan mantan pacar yang ampuh ialah jangan sampai kamu berada dalam situasi yang bisa memancing munculnya kenangan dengan mantan. Misalnya, mendatangi lagi tempat favorit kalian, menonton drama percintaan, atau dengerin lagu galau. 

2 dari 6 halaman

Cara Melupakan Mantan Pacar dengan Cepat © Diadona

4. Ambil Hikmahnya

Well, cara melupakan mantan pacar berikut ini memang terkesan klise, tapi patut dicoba.

Setiap permasalahan pasti ada hikmah dibaliknya, begitu pula dengan berakhirnya hubungan kalian. Meskipun mungkin dia ngasih akhir kisah yang tak sesuai harapan, tetapi bisa saja ada beberapa hal yang perlu kamu syukuri atas berakhirnya hubungan kamu. Misalnya, kamu jadi mengetahui sisi buruknya sebelum kalian melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Selain itu, nggak peduli bagaimana keadaanmu, jika mereka ingin meninggalkanmu, mereka akan melakukannya. Jangan terlalu banyak berandai-andai, misalnya ‘andaikan aku begini, pasti dia nggak akan meninggalkanku..’ No! 

Oleh karena itu, lebih baik kamu mengambil hikmahnya dan tidak terlarut dalam kesedihan.

5. Jangan Mencoba Kembali Berteman

Nggak semua usaha untuk tetap berteman akan berhasil. Terlebih lagi, jika kamu masih memiliki perasaan untuk dia. Bukannya berakhir damai, bisa-bisa kamu semakin susah untuk move on.

Meskipun kamu menganggap pertemanan sebagai hal yang biasa, namun pertemanan tak lagi terasa biasa saat kamu memiliki perasaan yang terpendam.

6. Buang Hal-hal yang Berkaitan sama Dia

Believe it or not, benda bisa menyimpan berbagai kenangan. Mungkin kamu menyimpan tiket film yang kamu tonton saat pertama kali ngedate bareng dia atau struk makanan pas kamu lagi kulineran bareng.

Barang-barang kecil, tapi bisa aja menyimpan berbagai memori yang bikin kamu susah lupa dan sebagai cara melupakan mantan, ini adalah waktu yang tepat untuk menyingkirkan barang-barang tersebut.

7. Lihat Sisi Positif dari Dirimu

Saat kamu terlarut dalam pemikiran atas hubungan kalian yang berakhir, tak jarang kamu berpikir tentang kekuranganmu dan lupa atas sisi positif dari dirimu. Please, jangan ya!

Pikirkan sisi positif yang sempat hilang karena hadirnya doi. Kamu juga bisa membuat list sifat dia yang sangat berseberangan dan cenderung membawa keburukan buat kamu serta alasan kamu nggak boleh balikan dengan dia da dengan cepat melupakan mantan.

3 dari 6 halaman

Cara Melupakan Mantan dengan Cepat © Diadona

8. Let The Past be in The Past

Nggak asing dengan kalimat masa lalu biarlah masa lalu yang ada pada lagu yang berjudul masa lalu? Yup, kalimat itu nggak salah karena apa yang udah terjadi pada masa lalu nggak perlu dipikirkan lagi.

Masa lalu tuh nggak kaya skripsi yang bisa direvisi, kamu nggak akan pernah bisa mengulangi hal-hal indah bersama dia. 

9. Anggap Berakhirnya Hubungan Kamu sebagai Awal Kebebasan

Berada pada sebuah hubungan tentunya membutuhkan prioritas dan waktu yang banyak. Saat hubungan kamu telah usai, kamu nggak perlu menambah prioritas atau berusaha meluangkan banyak waktumu buat orang lain.

Anggap aja ini sebagai kebebasan karena kamu bebas buat sibuk dengan dirimu sendiri dan dapat memulai kegiatan yang kamu sukai. Saat kamu mulai sibuk mengisi kebebasanmu, saat itulah kamu menemukan cara melupakan mantan dengan cepat.

10. Berhenti Bertanya Kabar Doi

Tak jarang orang yang menjalin hubungan memiliki circle pertemanan yang sama. Meskipun demikian, bukan berarti kamu bisa iseng-iseng bertanya ke teman kamu kabar doi.

Bertanya kabar dia hanya menimbulkan rasa penyesalanmu, membuat cara-cara yang udah kamu lakuin untuk melupakan mantan jadi hilang begitu saja, bikin kamu semakin susah buat move on.

11. Jangan Memulai Hubungan Baru Saat Kamu Belum Move On

Banyak orang yang memutuskan buat segera pacaran sebagai cara melupakan mantan dengan cepat. Padahal, hal itu justru nggak baik.

Salah satu yang terpenting, nih. Saat kamu menjalin hubungan baru, besar kemungkinan kamu hanya menjadikan pasanganmu saat ini sebagai pengganti. Kamu juga akan lebih banyak membandingkan pasanganmu yang baru dengan mantan kamu dan bikin kamu jadi makin nggak bisa melupakan mantan deh!

4 dari 6 halaman

Cara Melupakan Mantan © Diadona

Menjalani kehidupan sehari-hari setelah putus cinta memang bukan suatu perkara yang mudah, sebab kamu harus dihadapkan dengan berbagai macam kenangan saat masih menjalin hubungan. Tak heran kalau seseorang menjadi sulit untuk melupakan sang mantan.

Gak perlu waktu lama, sekarang saatnya kamu haus move on dengan cara berikut ini:

1. Berhenti Membandingkan Pasangan Baru dengan Mantan

Mencari pasangan baru setelah putus memang sangat sulit. Namun, perlu diingat bahwa pasangan baru kamu bukanlah mantan, terlepas dari beberapa persamaan maupun perbedaan yang mereka miliki.

Dengan begitu, jangan pernah membanding-bandingkan mantan dan pacar baru kamu, sebab setiap hubungan membawa rasa yang unik dan tidak tergantikan. Terus mengingat mantan justru membuat kamu kehilangan hal-hal lebih baik.

2. Curhat ke Sahabat Terdekat

Menceritakan perasaan kamu kepada sahabat terdekat, juga dianggap sebagai cara melupakan mantan pacar dengan cepat. Tapi, sebaiknya kamu curhat ke seseorang yang benar-benar kamu percaya, karena hal ini bisa membantu untuk meringankan beban di hati dan pikiranmu.

3. Berdamai dengan Kenyataan

Salah satu cara yang dianggap paling sulit untuk melupakan mantan adalah berdamai dengan kenyataan. Berdamai dengan kenyataan berarti kamu ikhlas menerima semua kenyataan. Meski terdengar tidak mudah, tapi ada saatnya setiap orang merelakan atas semua hal yang pernah dimiliki.

5 dari 6 halaman

Cara Melupakan Mantan Pacar Menurut Islam

Cara Melupakan Mantan © Diadona

Banyak orang yang memutuskan pacar mereka karena ingin fokus beribadah dan menjalankan perintah agama. Walau kadang sedih, tapi bila hal itu udah menjadi pilihan, tentu harus dilakukan sepenuh hati, bukan?

Meski begitu, nggak dipungiri akan ada perasaan yang masih tertinggal. Supaya kamu bisa move on dan gak galau mikirin doi, berikut cara melupakan mantan pacar menurut Islam:

1. Yakin Putus Cinta Merupakan Jalan Terbaik

Dengan putus dari pacar, berarti Allah sudah menyelamatkanmu dari kemaksiatan dalam berzina. Maka bersyukurlah sebanyak-banyaknya atas jalan yang diberikan oleh Allah.

2. Berhenti Stalking Mantan

Cara melupakan mantan menurut Islam ialah jangan sibuk mengurusi kehidupan sang mantan, sebab salah satu penyebab utama orang-orang sering gagal move on dari mantan pacar, ialah terlalu sering stalking aktivitas sang mantan di media sosial.

3. Memperbanyak Ibadah

Putus dengan mantan, akan bisa membuatmu semakin dekat pada Allah SWT. Untuk itu, perbaikilah ibadah, baik itu ibadah wajib maupun sunnah. Sehingga dengan memperbanyak beribadah, kamu bisa fokus pada kehidupan yang lebih baik.

6 dari 6 halaman

Cara Melupakan Mantan Suami

Cara Melupakan Mantan © Diadona

Memiliki hubungan rumah tangga tanpa masalah dan selalu harmonis merupakan salah satu impian semua orang. Namun, nyatanya tidak bisa dipungkiri kalau setiap hubungan rumah tangga selalu ada saja masalah hingga terjadi perceraian.

Oleh karena itu, penting bagi para perempuan untuk tau bagaimana cara melupakan mantan suami setelah gagal dalam menjalani pernikahan, diantaranya:

1. Fokus Pada Masa Depan

Bagi seorang perempuan mengalami kegagalan pernikahan dan memegang status janda bukanlah hal yang menyenangkan. Tapi, saat sudah memegang status janda, pastikan kamu tidak berada dalam kegalauan yang panjang.

Sehingga cara melupakan mantan suami adalah fokus kepada masa depan dengan berusaha menjadi lebih baik. Selain itu, fokus pada karir juga merupakan cara jitu melupakan mantan suami.

2. Lebih Dekat ke Keluarga

Saat kamu mengalami perceraian, tentu dukungan keluarga sangat dibutuhkan, sebab keluarga merupakan orang pertama yang akan selalu ada untuk kamu. Dengan begitu, kamu tidak akan teringat dengan mantan suami kamu lagi. Selain itu lebih dekat ke keluarga, akan mempererat ikatan kamu dengan keluargam dan kamu pun bisa bangkit akibat perceraian.

3. Lebih Percaya Diri

Kalau perceraian kamu disebabkan oleh orang ketiga, tentu kamu bisa melawan rasa sakit itu, dengan cara merubah diri menjadi lebih baik, seperti mempercantik diri sendiri dan menjadi wanita anggun.

Selain itu, kalau mantan suami sudah menikah dengan orang ketiga tersebut, buktikan kepadanya kalau kamu bisa bertahan tanpa pendampingan dari dirinya. Tunjukkan juga kepada mantan suamimu, bahwa kamu jauh lebih baik dari orang yang sudah merusak rumah tangga kamu hingga mantan suami menyesal sudah meninggalkan kamu.

Melupakan seseorang yang pernah ada di hidup kita, tentu bukan perkara biasa. Namun dengan banyak cara melupakan mantan dan waktu yang terus berjalan, bukan nggak mungkin keberadaannya di masa lalu hanya akan ada di masa lalu saja.

Penulis : Novi Hardita Larasati, Alvita Maharani

Beri Komentar