9 Cara Mencegah Kutu Busuk Hinggap ke Kasur, Auto Tidur Jadi Nyaman deh

Reporter : Yoyok
Jumat, 22 Maret 2024 16:35
9 Cara Mencegah Kutu Busuk Hinggap ke Kasur, Auto Tidur Jadi Nyaman deh
Tidak hanya itu, di sini juga bakalan diterangkan beberapa ciri kasur yang sudah "dikuasai" oleh kutu busuk.

Kutu busuk bisa sangat mengganggu dan dan bikin gak betah di rumah. Kabar terbaru mengatakan bahwa wabah kutu busuk sedang merebak di kawasan Asia-Pasifik, salah satunya adalah Indonesia.

Hewan satu ini suka dengan tempat-tempat yang gelap tanpa adanya sinar matahri. Kamu juga bisa menemukan kutu busuk di area makanan. namun, area favorit parasit satu ini adalah kasur, tempat di mana kita bakalan rebahan bersantai atau tidur.

Maka dari itu, kamu perlu mencegah hadirnya kutu busuk di kasur. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agara kutu busuk tidak menguasai tempat tidurmu.

1 dari 7 halaman

Apa Itu Kutu Busuk?

Kutu Busuk © Diadona© shutterstock.com

Namun, sebelumnya, mari kita kenalan dulu dengan hewan parasit satu ini. Kutu busuk (bed bugs) adalah jenis serangga parasit yang biasanya hidup di tempat-tempat di mana manusia beristirahat atau tidur, seperti tempat tidur, kasur, bantal, dan furnitur.

Mereka adalah hama yang sangat mengganggu karena mereka bisa menggigit dan menyebabkan gatal-gatal pada kulit manusia. Kutu busuk memakan darah manusia dan hewan peliharaan untuk bertahan hidup.

2 dari 7 halaman

Ciri-Ciri Kasur "Dikuasai" Kutu Busuk

Kutu Busuk © Diadona© shutterstock.com

Ada beberapa ciri kasur yang sudah dihinggapi oleh kutu busuk. Berikut di antaranya:

Ada Kutu Busuk yang Masih Hidup

Ciri pertama yaitu kamu menemukan kutu busuk di atas kasur yang masih hidup. Kutu busuk yang masih muda memiliki warna putih atau bening. Untuk yang sudah dewasa akan berwarna coklat kemerahan. Salah satu spot di kasur yang sering dihinggapi kutu busuk adalah bagian sudutnya karena cenderung gelap.

Menemukan Cangkang Kulit

Serangga parasit satu ini sering meninggalkan cangkang kulitnya di kasur. Jika kamu menemukannya, maka kasurmu sudah dikuasai oleh kutu busuk.

Bekas Kotoran dan Darah

Bekas kotoran hewan satu ini biasanya berbentuk bintik-bintik hitam atau coklat di kasur. Selain itu, ciri lain yang menandakan adanya kutu busuk di kasurmu yaitu adanya bekas noda darah berkarat di atas kasur.

Bau Apek

Bau apek bisa menjadi ciri bahwa kasur sudah menguasai kasurmu. segera ambil tindakan jika tempat tidur berbau apek.

Bekas Gigitan

Terakhir yaitu kamu menemukan bekas gigitan di kulit setelah tidur. Bekasnya berbentuk kecil dan berwarna merah dan terasa gatal.

3 dari 7 halaman

Cara Mencegah Kutu Busuk di Kasur

Jika beberapa ciri di atas sudah kamu temui, maka aksi selanjutnya yaitu adalah mengatasi kutu busuk tersebut. Berikut ini adalah cara mencegah kutu busuk yang menguasai kasurmu:

Jaga Kebersihan Kasur

Rajinlah membersihkan kasur. Gunakan penyedot debu untuk menghilangkan debu, kotoran, dan serbuk yang dapat menarik kutu busuk.

Kutu Busuk © Diadona© shutterstock.com

Lakukan Pemeriksaan Rutin

Secara teratur periksa kasur, tempat tidur, dan ruang tidur untuk mencari tanda-tanda kutu busuk, seperti bercak darah kecil atau ekskresi kutu busuk.

4 dari 7 halaman

Gunakan Sarung Pelindung Kasur

Pasang sarung pelindung kasur yang dirancang khusus untuk melindungi kasur dari kutu busuk. Pastikan sarung pelindung tersebut menutupi kasur secara rapat dan tidak memiliki celah yang dapat dijangkau oleh kutu busuk.

Kutu Busuk © Diadona© shutterstock.com

Hindari Menaruh Barang di Kasur

Hindari menaruh barang-barang seperti pakaian yang baru dipakai atau tas di atas kasur. Jika mungkin, letakkan barang-barang tersebut di tempat yang aman dan terlindung dari kutu busuk.

5 dari 7 halaman

Cuci Pakaian dan Linen secara Teratur

Cuci pakaian, sprei, sarung bantal, dan selimut secara teratur menggunakan air panas. Suhu tinggi dapat membunuh kutu busuk dan telurnya.

Kutu Busuk © Diadona© shutterstock.com

Kurangi Kebocoran

Perbaiki segala kebocoran atau kerusakan di kasur Anda yang mungkin menjadi tempat persembunyian bagi kutu busuk.

6 dari 7 halaman

Hindari Barang-barang Bekas yang Tidak Diketahui Asalnya

Hindari membawa barang-barang bekas seperti perabotan atau barang-barang antik ke dalam rumah tanpa pemeriksaan dan membersihkannya terlebih dahulu.

Kutu Busuk © Diadona© shutterstock.com

Bersihkan Rumah secara Rutin

Rajinlah membersihkan rumah secara menyeluruh. Ini termasuk menyedot debu, membersihkan permukaan, dan menyikat kembali celah-celah atau sudut-sudut yang mungkin menjadi tempat persembunyian kutu busuk.

7 dari 7 halaman

Konsultasikan dengan Profesional

Jika kamu memiliki masalah dengan kutu busuk yang sulit dikendalikan, sebaiknya konsultasikan dengan ahli pengendalian hama profesional. Mereka dapat memberikan saran dan perawatan yang tepat untuk membasmi kutu busuk dari rumah.

Kutu Busuk © Diadona© shutterstock.com

Itulah beberapa cara mencegah kutu busuk yang ada di kasur. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar