Cara Mengusir Curut dari Rumah, Dijamin nggak Bakal Balik Lagi

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 21 Maret 2024 17:28
Cara Mengusir Curut dari Rumah, Dijamin nggak Bakal Balik Lagi
Jangan sampai deh rumah kemasukan curut

Tahu nggak sih, urut adalah salah satu hama rumah yang umumnya dianggap remeh namun bisa menjadi masalah serius jika dibiarkan berkembang biak di rumah. Meskipun kecil, curut dapat merusak makanan, merusak barang-barang rumah tangga, dan bahkan membawa penyakit.

Jadi, mau nggak mau kamu harus tahu cara mengusir curut dari rumah, apalagi kalau rumah kamu sudah disambangi oleh hewan ini. Berikut ini adalah beberapa cara mengusir curut dari rumah yang bisa kamu coba.

So, jangan lupa simak artikelnya sampai habis ya, Diazens!

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Curut © Diadona© Wikimedia

Perbedaan Curut dan Tikus

Curut dan Tikus sekilas memang terlihat sama, tapi tau nggak sih kalau keduanya itu hewan yang berbeda.

  • Pertama, curut termasuk dalam Famili Eulipotyphla, berkerabat dekat dengan landak mini dan tikus mondok. Sedangkan tikus ermasuk dalam Famili Rodentia, berkerabat dekat dengan kapibara.
  • Kedua, curut akan mengeluarkan bau yang sangat menyengat sebagai bentuk perlindungan dari predator. Berbeda dengan tikus yang tidak mengeluarkan bau saat dalam keadaan terancam.
  • Kemudian, Curut tidak memiliki gigi seri di depan karena ia hanya memangsa serangga kecil. Sedangkan tikus memiliki gigi seri di depan. Itu dikarenakan tikus merupakan hewan pengerat.
  • Terakhir, dari segi ukuran tubuh juga sangat berbeda. Curut memiliki tubuh yang lebih ramping, sementara tikus memiliki bentuk tubuh yang gemuk.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Curut © Diadona© Wikimedia

Penyebab Curut Datang ke Rumah

Lanjut ya, sebelum jauh membahas tentang cara mengusir curut dari rumah, marikita ketahui penyebabnya mereka datang. Beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut:

  • Curut biasanya menyukai tempat-tempat yang kotor, gelap, dan lembap.
  • Banyak sampah berserakan atau tempat sampah penuh dan dalam kondisi terbuka.
  • Ruangan rumah kotor dan tidak dibersihkan. Karena curut suka mendiami tempat yang kotor.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Curut © Diadona© Wikimedia

Cara Mengusir Curut

Tiba di pokok pembahasan yaitu cara mengusir curut dari rumah. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba.

  • Menjaga Kebersihan
    Salah satu cara paling efektif untuk mengusir curut dari rumah adalah dengan menjaga kebersihan secara menyeluruh. Pastikan untuk membersihkan dapur, kamar mandi, dan area-area lain yang rentan menjadi tempat berkembang biak curut secara teratur. Bersihkan sisa makanan, tetap keringkan area yang lembap, dan buang sampah dengan rutin.
  • Menggunakan Pemikat dan Perangkap
    Kamu juga dapat menggunakan pemikat dan perangkap untuk menangkap curut yang sudah ada di dalam rumah. Letakkan perangkap curut di tempat-tempat yang sering mereka kunjungi, seperti sudut dapur atau di bawah wastafel. Pastikan untuk mengganti atau membersihkan perangkap secara teratur.
  • Memperbaiki Kerusakan
    Periksa dan perbaiki segala kerusakan di rumah Kamu yang dapat menjadi tempat masuk bagi curut, seperti retakan di dinding atau lantai, lubang di jendela, atau pipa yang bocor. Dengan memperbaiki kerusakan tersebut, Kamu dapat mencegah curut masuk ke dalam rumah dan berkembang biak di sana.

4 dari 5 halaman

  • Tutup Bak Sampah dengan Rapat
    Kosongkan tempat sampah di dalam rumah setiap hari dan pastikan bak sampah di luar telah tertutup dengan rapat. Di musim hujan dan angin, sering-seringlah memeriksa bak sampah karena bisa saja tutupnya tertiup angin atau terbuka tanpa sengaja. Letakkan batu atau pemberat di atas tutup bak sampah jika perlu.
  • Menggunakan Bahan Alami Pengusir Hama
    Beberapa bahan alami seperti daun mint, cengkeh, atau serbuk bawang putih diketahui dapat mengusir curut. Kamu bisa menaruh bahan-bahan ini di tempat-tempat yang sering dilalui curut atau membuat campuran semprotan dengan air dan bahan-bahan tersebut untuk menyemprotkan di sekitar rumah.
  • Menggunakan Pestisida
    Jika kehadiran curut di rumah sudah parah, kamu mungkin perlu menggunakan pestisida untuk mengatasinya. Namun, pastikan untuk menggunakan pestisida yang aman dan mengikuti petunjuk penggunaannya dengan benar. Hindari menyemprotkan pestisida di area yang sering digunakan oleh anak-anak atau hewan peliharaan.

Jadi itu ya Diazens beberapa cara untuk mengusir curut dari rumah. Nggak cuma itu, dengan cara-cara tersebut, curut juga tidak akan datang lagi. So, selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Beri Komentar