4 Cara Ampuh Mengatasi Kaki Seribu yang Masuk ke Dalam Rumah

Reporter : Yoyok
Rabu, 20 Maret 2024 20:05
4 Cara Ampuh Mengatasi Kaki Seribu yang Masuk ke Dalam Rumah
Hewan satu ini sering kali bikin takut dan dihindari banyak orang.

Banyak hewan di luar sana yang memiliki penampilan atau bentukan yang cukup mengerikan, seperti halnya kaki seribu. Seperti kita tahu, hewan atau binatang memiliki banyak macam dan jenisnya. Tidak sedikit juga yang memiliki bentukan mngerikan dan tidak enak dipandang.

Salah satu hewan yang cukup tidak disukai oleh banyak orang adalah kaki seribu. Hewan satu ini dikatakan "kaki seribu" karena memiliki jumlah kaki yang banyak. Selain berkaki banyak, kaki seribu juga memiliki bentuk seperti cacing. Jadi, tidak heran kan jika hewan satu ini tidak disukai banyak orang.

Kaki seribu bisa banget masuk ke dalam rumah. Namun, kamu tidak perlu bingung apalagi sampai ketakutan, karena ada beberapa cara utnuk mengusir hewan satu ini. Tapi, sebelum sampai ke sana, lebih baik kita bahas terlebih dahulu tentang hewan kaki seribu ini.

1 dari 5 halaman

Apa Itu Kaki Seribu?

Kaki Seribu © Diadona© shutterstock.com

Kaki seribu, atau centipede, adalah hewan yang termasuk dalam kelas Chilopoda. Mereka memiliki tubuh panjang dan pipih dengan banyak kaki yang menonjol dari sisi tubuh. Biasanya, kaki seribu memiliki kisaran dari sekitar 15 hingga lebih dari 100 pasang kaki, tergantung pada spesiesnya.

Kaki seribu adalah predator yang aktif, dan mereka umumnya memangsa serangga kecil, cacing, dan serangga lainnya. Mereka cenderung lebih aktif pada malam hari, dan biasanya memilih habitat yang lembab seperti bawah batu, kayu lapuk, atau tanah yang basah.

Meskipun kaki seribu tidak berbahaya bagi manusia secara umum, beberapa spesies dapat menghasilkan gigitan yang menyakitkan dan bisa menyebabkan reaksi alergi pada beberapa individu. Maka dari itu, kamu perlu mengatasi kaki seribu yang masuk ke dalam rumah. berikut ini beberapa cara mengatasi kaki seribu yang masuk ke dalam rumah.

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Kaki Seribu dengan Demuhidifier

Kaki Seribu © Diadona© shutterstock.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi atau mengusir kaki seribu yaitu dengan demudifier. Nyalakan demudifier di ruangan yang biasanya dimasuki oleh kaki seribu.

Demuhidifier berfungsi untuk menghilangkan kelembapan di sebua ruangan. Sedangkan kaki seribu menyukau hawa lembap dan hangat. Dengan adanya demudifier, kaki seribu jadi tidak betah dan akan pergi.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Kaki Seribu dengan Menutup Segala Celah

Kaki Seribu © Diadona© shutterstock.com

 

Cara kedua yaitu dengan menutup segala celah atau lubang kecil di rumah. Kaki seribu bisa masuk ke dalam rumah melalui celah atau lubang kecil.

Periksa dan perbaiki segala celah atau lubang di dinding, lantai, dan jendela untuk mencegah masuknya serangga ke dalam rumah.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Kaki Seribu dengan Cuka Putih

Kaki Seribu © Diadona© shutterstock.com

Cuka putih juga sangat efektif untuk mengatasi kaki seribu yang sering masuk rumah. Bagi kaki seribu, cuka putih menjadi sebuah racun yang akan membunuhnya.

Penggunaan cuka putih untuk mengatasi kaki seribu juga terbilang aman. Cuka putih memang sering digunakan di rumah tangga, sehingga aman dan tidak beracun untuk manusia.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Kaki Seribu dengan Minyak Peppermint

Kaki Seribu © Diadona© shutterstock.com

Cara terakhir untuk mengusir kaki seribu yaitu dengan minyak peppermint. Sama dengan menggunakan cuka puih di atas yaitu dengan menyemprotkannya ke kaki seribu.

Campur minyak peppermint dengan sedikit air, lalu semprotkan ke kaki seribu. Campuran ini aman bagi manusia namun beracun bagi kaki seribu.

Itulah beberapa cara mengusir atau mengatasi kaki seribu yang masuk ke dalam rumah. Semoga rumah Diazens terbebas dari kaki seribu ya.

Beri Komentar