10 Kandang Ayam Minimalis dengan Berbagai Model yang Gak Butuh Lahan Luas

Reporter : Riza Umami
Kamis, 27 Juli 2023 22:01
10 Kandang Ayam Minimalis dengan Berbagai Model yang Gak Butuh Lahan Luas
Inspirasi kandang ayam minimalis di artikel berikut ini terdiri dari kandang ayam yang sederhana tapi juga indah.

Siapa bilang pemilik rumah minimalis tidak bisa memelihara ayam? Diazens tetap bisa memelihara beberapa ayam dalam jumlah yang tidak terlalu banyak di rumah minimalis.

Supaya tempatnya cukup, kamu bisa menggunakan kandang ayam minimalis yang tidak memakan tempat terlalu banyak untuk mengakalinya. Nah, berikut ini nih ada beberapa referensi kandang ayam yang mungkin bisa Diazens gunakan di rumah.

1 dari 10 halaman

Kandang Ayam Minimalis dari Bambu

Kandang Ayam Minimalis © Diadona

Kandang ayam seperti ini yang cukup sering dijumpai di rumah orang yang memelihara ayam. Harga kandang ayam kayak gini pun relatif tidak terlalu mahal karena terbuat dari bambu.

Selain itu, kandang ayam jadul seperti ini tidak memakan terlalu banyak tempat sehingga cocok untuk digunakan di rumah minimalis.

2 dari 10 halaman

Kandang Ayam Minimalis yang Unik

Kandang Ayam Minimalis © Diadona

Desain kandang ayam yang satu ini terlihat unik banget kan? Kandangnya dibuat seperti lorong-lorong supaya ayam bisa jalan-jalan di sekitar kandang utamanya.

Di kandang yang ada atapnya, bisa digunakan untuk ayam yang sedang bertelur. Selain itu, sisa tempat di tengah-tengah kandang ayam itu, bisa dimanfaatkan untuk lahan mini yang dapat ditanami dengan beberapa sayuran. Wah, menarik banget ya kandang ayamnya.

3 dari 10 halaman

Kandang Ayam Minimalis yang Tertutup Rapat

Kandang Ayam Minimalis © Diadona

Kandang ayam seperti ini banyak digunakan di luar negeri. Pemilik tak perlu bingung ayam akan main ke sana ke mari apalagi kalau tidak ada lahannya karena menggunakan kandang yang tertutup rapat seperti ini.

Kemudian, ada bagian kandang tertutup tempat untuk ayam yang bertelur. Nah, pemilik bisa mengambil telur ayam melalui kotak di bagian sampingnya tersebut sehingga tidak perlu masuk ke dalam kandang.

4 dari 10 halaman

Kandang Ayam Minimalis yang Simpel

Kandang Ayam Minimalis © Diadona

Kalau kamu hanya memelihara beberapa ekor ayam saja, kamu bisa menggunakan model kandang sederhana seperti ini. Kandang simpel seperti ini tidak akan memakan tempat yang terlalu banyak di rumah minimalis dengan lahan yang minim. Namun, pemilik harus rajin membuang kotoran ayam di dalam kandang ya supaya tidak bau.

5 dari 10 halaman

Kandang Ayam Minimalis Berbentuk Rumah

Kandang Ayam Minimalis © Diadona

Desain kandang ayam bentuk rumah seperti ini memang cocok untuk rumah minimalis. Meski tak terlalu luas, ayam masih bisa sedikit jalan-jalan sambil cari makanan.

Kemudian, kalau malam ayam-ayam peliharaan bisa masuk ke ruangan yang tertutup untuk tidur supaya lebih hangat apalagi kalau cuaca sedang dingin.

6 dari 10 halaman

Kandang Ayam Minimalis yang Modern

Kandang Ayam Minimalis © Diadona

Nampaknya, kandang ayam minimalis dan modern seperti ini cocok untuk kamu yang mau rumah tetap terlihat bersih dan indah meski memelihara ayam di rumah.

Kandang dengan warna mencolok ini memang memiliki desain yang lebih cantik dibanding kandang ayam jadul pada umumnya. Namun, harus rajin dibersihkan ya supaya tetap bersih dan gak bau kotoran ayam.

7 dari 10 halaman

Kandang Ayam Minimalis yang Praktis

Kandang Ayam Minimalis © Diadona

Desain kandang ayam modern seperti ini akan lebih memudahkan kamu dalam memelihara ayam. Di bagian bawahnya memang sengaja dibuat bisa ditarik seperti ini.

Fungsinya supaya pemilik lebih mudah saat membersihkan kotoran ayam yang baunya bisa cukup mengganggu.

8 dari 10 halaman

Kandang Ayam Minimalis Klasik

Kandang Ayam Minimalis © Diadona

Kandang ayam klasik dari kayu seperti ini tetap populer di kalangan masyarakat. Biasanya, tukang kayu lebih mudah membuat kandang ayam dengan model seperti ini sehingga biayanya jadi tidak terlalu mahal.

Kandang ayam seperti ini pun sebenarnya tidak memakan tempat yang terlalu banyak sehingga juga cocok digunakan untuk memelihara ayam di rumah minimalis.

9 dari 10 halaman

Kandang Ayam Minimalis Bentuk Segitiga

Kandang Ayam Minimalis © Diadona

Ada pula kandang ayam unik berbentuk segitiga seperti ini. Kandang dengan model yang lebih modern kayak gini juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk kamu di rumah yang minimalis.

Kandang yang gak terlalu besar seperti ini cocok untuk jenis ayam yang ukurannya tidak terlalu besar seperti ayam kate. Namun, kalau untuk ayam jago Bangkok atau ayam Kampung mungkin ukurannya agak kekecilan.

10 dari 10 halaman

Kandang Ayam Minimalis dengan Model Jadul

Kandang Ayam Minimalis © Diadona

Kandang ayam model jadul seperti ini paling banyak dijumpai di pasaran. Kandangnya bisa digunakan untuk beberapa ayam sekaligus yang masih bersaudara supaya tidak tarung.

Itulah beberapa model kandang ayam minimalis yang bisa jadi referensi untuk Diazens yang ingin memelihara ayam di rumah minimalis. Mana nih model kandang ayam minimalis yang paling kamu sukai? Tulis di kolom komentar ya.

Beri Komentar