Cara Membuat Kandang Ayam Sederhana dari Bambu, Mudah Dipraktikkan bagi Pemula

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 12 September 2020 07:17
Cara Membuat Kandang Ayam Sederhana dari Bambu, Mudah Dipraktikkan bagi Pemula
Inilah cara membuat kandang ayam sederhana yang mudah dipraktikkan bagi pemula.

Cara membuat kandang ayam saat ini jadi hal yang banyak dicari seiring dengan makin banyaknya peminat peternakan ayam. Pasalnya, permintaan akan daging ayam dan telur tak pernah surut, bahkan bisa dibilang tinggi.

Oleh karena itu dibutuhkan tempat yang layak untuk membuat hewan ternak lebih sehat dan produktif. Rasanya cukup logis kalau cara membuat kandang ayam ini diketahui oleh banyak orang. Sebab, hal ini tidak lepas dari proses memulai bisnis ternak ayam, yang memang membutuhkan modal tidak sedikit, terutama dari segi kandang yang digunakan.

Nah, kalau kamu tertarik mencoba mempelajari cara membuat kandang ayam di rumah, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membuat Kandang

Cara Membuat Kandang AyamCara Membuat Kandang Ayam © shutterstock.com/Pongpun Juntahung

Sebelum mempraktikkan cara membuat kandang ayam sederhana, ada baiknya untuk memperhatikan hal yang cukup mendasar dan penting untuk dipahami. Berikut diantaranya.

- Ukuran

Sebelum mempelajari cara membuat kandang ayam, pastikan kamu sudah menghitung jumlah ayam yang dimiliki. Sebab, hal ini untuk menghindari ayam terlalu stress akibat kurang leluasa dalam bergerak.

- Posisi

Selain dari ukuran, kamu juga perlu memastikan posisi kandang ayam ini apakah terlalu mengganggu warga sekitar tidak. Sebab, selain aroma yang kurang sedap, faktor kesehatan juga berisiko terdampak pada lingkungan di sekitar.

Oleh karena itu, sebelum kamu memahami cara membuat kandang ayam, sebaiknya kandang ayam dibuat kurang lebih berjarak 250 meter. Selain itu, usahakan kandang ayam menghadap ke timur, karena bagus bagi kesehatan ayam.

- Material

Hal berikutnya yang perlu dipahami sebelum mengetahui cara membuat kandang ayam adalah pehamaman tentang material yang akan kamu gunakan untuk membuat kandang ayam tersebut. Seperti menggunakan triplek atau bambu.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Kandang Ayam Sederhana

Cara Membuat Kandang AyamCara Membuat Kandang Ayam © shutterstock.com/Mariya Pererodina

Setelah kamu mempelajari penjelasana di atas, selanjutnya kamu bisa mencoba cara membuat kandang ayam sederhana di rumah.

1. Siapkan Bahan dan Alat

Langkah pertama yang dibutuhkan dalam cara membuat kandang ayam ialah siapkan alat dan bahannya terlebih dahulu, seperti gergaji, balok kayu atau bambu, amplas, pau, paku, meteran, dan pensil.

Selain alat-alat tersebut, ada satu hal penting yang wajib kamu siapkan, yaitu gunakan sarung tangan. Hal ini berfungsi untuk mengurangi resiko saat tangan terkena serat dari kayu atau bambu yang bisa membuatmu terluka.

2. Buat Kerangka

Setelah menyiapkan alat-alat dan bahan, cara membuat kandang ayam sederhana berikutnya adalah buat kerangka yang umumnya tinggi kaki kandang ayam dibuat sekitar 10 cm.

Namun, apabila semakin panjang kandang, maka semakin banyak pula jumlah pasang kaki yang kamu butuhkan untuk menopang bobot dari kandang agar kokoh berdiri. Lalu, saat membuat bagian kerangka, jangan lupa mengukur ukuran dari atap.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Kandang AyamCara Membuat Kandang Ayam © shutterstock.com/Kemeo

3. Membuat Lantai Kandang

Selanjutnya, kamu perlu mengukur bagian dari lantai kandang. Akan tetapi, pada tahap ini biasanya digunakan untuk jenis ayam potong atau petelur. Sebab, bagi jenis ayam kampung akan sanagt sulit beradaptasi dalam keadaan kandang yang memiliki lantai buatan.

Sehingga saat membuat lantai kandang usahakan kontruksinya kokoh. Namun kalau kamu menggunakan bahan bambu sebagai lantainya, pastikan bambu tersebut sudah diamplas hingga halus dan dibersihkan dari berbagai material tajam yang bisa melukai ayam.

4. Membuat Dinding Kandang

Umumnya, dinding kandang ayam dibuat dari bambu yang berukuran sekitar 2-3 cm. Sedangkan untuk panjangnya akan menyesuaikan dengan desain yang kamu buat sebelumnya.

Pastikan saat membuat dinding tidak terlalu tinggi, karena akan mengurangi daya topang dari atap kandang ayam yang kamu buat. Selain itu, dinding kandang juga tidak perlu terlalu rapat, supaya sirkulasi udara kandang ayam tetap terjaga.

5. Membuat Atap Kandang

Langkah terakhir dari cara membuat kandang ayam sederhana adalah membuat atapnya. Pada tahap ini, material yang digunakan biasanya menggunakan bahan triplek dan asbes. Sebab, asbes cenderung mudah menyalurkan hawa panas yang nantinya berguna untuk menghangatkan suhu kandang ayam di malam hari serta menahan terpaan air hujan.

Itulah cara membuat kandang ayam sederhana yang mudah kamu praktikkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Beri Komentar