Tanda-Tanda Pasangan Lakukan Emotional Abuse, Jangan Anggap Sepele!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 6 Juli 2022 14:15
Tanda-Tanda Pasangan Lakukan Emotional Abuse, Jangan Anggap Sepele!
Ini dia perilaku yang bisa merusak kondisi emosional pasangan.

Emotional abuse atau kekerasan emosional adalah salah satu hal yang terjadi dalam hubungan, tapi seringkali nggak disadari. Secara umum, emotional abuse ditandai dengan perilaku seseorang yang melakukan manipulasi baik dalam kata-kata maupun tindakan.

Manipulasi akan membuat pihak lain merasa takur, terkekang, atau tersiksa. Perilaku ini tentunya masuk dalam kategori kekerasan yang dampaknya terjadi pada kesehatan mental.

Merangkum dari berbagai sumber, emotional abuse memang seringkali sulit dideteksi. Pasalnya, kekerasan ini nggak meninggalkan 'luka' pada kondisi fisik seseorang.

Supaya kamu nggak mengalami atau bahkan menjadi pelaku, berikut adalah tanda-tanda emotional abuse dalam hubungan asmara. Simak selengkapnya yaa!

1 dari 5 halaman

1. Memberikan kritikan yang menghina

Ilustrasi Mengkritik PasanganIlustrasi Mengkritik Pasangan © shutterstock.com/g/pandorastudio

Melansir dari Healthline, tanda pertama dari perilaku emotional abuse yang perlu kamu sadari adalah ketika pasangan sering mengomentari hal-hal yang kamu lakukan, dengan maksud buruk seperti menghinda. Dia melakukan segala cara untuk merendahkan kamu dan membuat kamu kehilangan rasa percaya diri. Bisa jadi dengan cara dia menyebut kamu bodoh, pecundang, atau mungkin sebutan negatif lainnya.

2 dari 5 halaman

2. Terlalu mengontrol hingga mengekang

Ilustrasi Mengontrol Orang LainIlustrasi Mengontrol Orang Lain © shutterstock.com/g/jacoblund

Ada kalanya pasangan akan melarang kamu melakukan sesuatu yang negatif. Tapi jika ia terus melarang bahkan untuk hal-hal yang sebenarnya sepele, ini bisa menjadi tanda emotional abuse loh! Tanpa disadari, dia akan berusaha mengontrol segala sesuatu dalam dirimu, dia akan memantau keberadaanmu, atau memakasamu melakukan hal-hal sesuai keinginannya.

3 dari 5 halaman

3. Selalu berteriak saat emosi

Ilustrasi pasangan bertengkarIlustrasi pasangan bertengkar © newshub.co.nz

Dalam momen-momen tertentu, seseorang mungkin akan meninggikan intonasi bicara saat kesal atau marah pada sesuatu yang dianggapnya sudah berlebihan. Namun, jika hal ini terjadi sepanjang waktu, tentu ada yang salah dari orang tersebut.

Melansir dari Insider, emotional abuse ditandai dengan pasangan yang suka berteriak. Tujuannya adalah untuk membuat lawan bicaranya takut, sehingga berujung menuruti setiap ucapan pasangannya.

4 dari 5 halaman

4. Cemburu berlebihan bahkan kadang nggak masuk akal

Ilustrasi Cemburu pada PasanganIlustrasi Cemburu pada Pasangan © shutterstock.com/g/justlife

Cemburu adalah hal yang biasa terjadi dalam hubungan asmara, tapi jika sudah berlebihan tentunya patut diwaspadai. Melansir dari Bride, pasangan yang terus cemburu hingga memicu kemarahan berulang, sebenarnya sedang menunjukkan tanda emotional abuse. Hal ini dipicu oleh perasaan insecure, tapi justru diluapkan secara ekstrem.

Beri Komentar