Berapa sih Harga Batu Kali Untuk Fondasi 1 Truk Buat Rumah Tahun 2024?

Reporter : Yoyok
Senin, 1 April 2024 14:06
Berapa sih Harga Batu Kali Untuk Fondasi 1 Truk Buat Rumah Tahun 2024?
Pengetahuan seperti ini perlu diketahui untuk kamu yang ingin membangun rumah lho Diazens.

Ada bermacam-macam harga batu kali untuk fondasi rumah dalam jumlah 1 truk. Seperti kita tahu, fondasi menjadi unsur yang penting dalam pembangunan sebuah rumah. Tidak hanya rumah, fondasi juga penting dalam mebangun gedung, tempat ibadah, dan banyak bangunan lainnya.

Fondasi juga wajib hukumnya dibuat dengan kokoh karena yang bakal menjadi penyokong seluruh struktur bangunan. Karena wajib hukumnya dibuat dengan kokoh, maka material yang digunakan juga harus kuat.

Batu kali menjadi salah satu material yang sering kali digunakan untuk fondasi. Batu kali sering kali digunakan sebagai bahan fondasi karena kuat serta ekonomis. Berikut ini akan dibahas berapa harga batu kali untuk fondasi rumah dalam jumlah 1 truk.

1 dari 3 halaman

Apa Itu Batu Kali?

Harga Batu Fondasi 1 Truk © Diadona© shutterstock.com

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita kenalan dulu dengan bahan fondasi satu ini. Batu kali adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada batu-batu alam yang berukuran kecil hingga sedang yang biasanya digunakan dalam konstruksi, terutama untuk pembangunan dinding, pondasi, atau pengerasan permukaan tanah.

Batu kali dapat ditemukan di sungai-sungai atau aliran air lainnya, di mana air mengikis dan memperhalus batu-batu tersebut. Batu kali sering kali digunakan dalam proyek-proyek konstruksi sebagai bahan bangunan karena kekuatannya yang baik dan kemampuannya untuk menahan tekanan.

2 dari 3 halaman

Jenis Batu Kali

Harga Batu Fondasi 1 Truk © Diadona© shutterstock.com

Ada beberapa jenis batu kali yang sering digunakan untuk fondasi rumah. Batu kali berikut memiliki banyak variasi dilihat dari komposisi geologis serta karakteristik lokal. Berikut ini adalah beberapa jenis batu kali:

Batu Sungai

Batu sungai adalah jenis batu kali yang ditemukan di dasar sungai atau aliran air. Mereka sering memiliki bentuk yang halus dan bulat karena proses abrasi oleh air. Batu sungai umumnya memiliki kekuatan yang baik dan sering digunakan dalam konstruksi dinding, saluran air, atau lapisan permukaan jalan.

Batu Kerikil

Batu kerikil adalah batu kali yang lebih kecil dari batu sungai tetapi lebih besar dari pasir. Mereka memiliki berbagai ukuran dan sering digunakan dalam campuran beton untuk meningkatkan kekuatan struktural.

Batu Volkanik

Batu kali volkanik berasal dari letusan gunung berapi dan memiliki kekuatan yang tinggi. Mereka sering digunakan dalam konstruksi karena sifatnya yang tahan terhadap tekanan dan abrasi.

Batu Kapur

Batu kapur adalah batu kali yang terbentuk dari endapan kalsium karbonat dan sering memiliki warna putih atau abu-abu. Mereka dapat digunakan dalam konstruksi sebagai bahan bangunan atau bahan hiasan.

Batu Gabion

Batu gabion adalah batu kali yang diatur dalam jaring logam dan digunakan untuk konstruksi dinding penahan tanah atau struktur penahan air.

Batu Slate

Batu slate adalah jenis batu kali yang terpecah tipis dengan permukaan yang rata dan sering digunakan sebagai bahan atap atau lantai karena tahan terhadap cuaca dan tampilannya yang estetis.

3 dari 3 halaman

Harga Batu Kali

Harga Batu Fondasi 1 Truk © Diadona© shutterstock.com/Ani Fathudin

Berikut ini adalah harga batu kali di pasaran pada tahun 2024:

1. Batu kali belah: Rp 180.000-Rp 350.000 per m³

2. Batu kali 1 pick up: Rp 700.000-Rp 1.000.000

3. Batu kali 1 truk isi 8 kubik full: Rp 1.850.000

4. Batu kali 1 truk tronton isi 23 m³: Rp 5.200.000

Harga batu kali berikut bermacam-macam tergantung dari lokasi, volume pembelian, kondisi material, dan jenisnya. Suplier pun juga pastinya akan memberikan harga khusus jika dibeli dalam jumlah yang besar. Pembayaran secara tunai atau lunas tentu akan lebih murah daripada dengan dicicil

Itulah harga batu kali untuk fondasi rumah dalam jumlah 1 truk yang perlu kamu ketahui. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar