10 Cara Mencuci Gorden dengan Mesin Cuci, Lebih Praktis dan Tak Perlu Repot ke Laundry

Reporter : Arifina
Kamis, 28 Maret 2024 15:00
10 Cara Mencuci Gorden dengan Mesin Cuci, Lebih Praktis dan Tak Perlu Repot ke Laundry
Mencuci gorden sendiri pakai mesin cuci ternyata tidak ribet kok.

Cara mencuci gorden dengan mesin cuci sebenarnya tidak ribet. Sehingga, kamu bisa membersihkan gorden di rumah tanpa repot-repot membawanya ke tukang laundry.

Gorden adalah bagian penting dari dekorasi rumah yang tidak hanya menambah sentuhan estetika tetapi juga berfungsi untuk mengatur cahaya dan privasi di dalam ruangan. Namun, seperti halnya barang tekstil lainnya, gorden pun rentan terhadap debu, kotoran, dan noda yang dapat mengurangi keindahannya seiring waktu.

Untuk itu, gorden juga perlu dibersihkan secara berkala. Sebab, debu dan kotoran yang menempel pada gorden dapat memengaruhi kualitas udara di dalam ruangan dan membuat ruangan terasa kurang nyaman.

Mencuci gorden dengan mesin cuci dapat menjadi solusi praktis untuk membersihkannya. Tetapi, mencucinya harus dengan cara yang tepat untuk menghindari kerusakan. Nah, berikut cara mencuci gorden dengan tepat agar aman dan bersih sempurna.

1 dari 10 halaman

Lakukan Persiapan Terlebih Dahulu

Gorden Tirai Portiere © Diadona

Sebelum mencuci gorden, pastikan untuk membaca label perawatan yang terdapat pada gorden tersebut. Label ini akan memberikan informasi tentang bahan dan instruksi khusus perawatan.

Jika gorden terbuat dari bahan yang cocok untuk dicuci dengan mesin, Kamu dapat melanjutkan proses mencuci. Biasanya, pada label juga akan ditunjukkan instruksi pencucian yang tepat, seperti suhu air dan siklus pencucian yang direkomendasikan.

Mencuci dengan mesin cuci cocok untuk jenis gorden tang tidak berlapis dan tipis. Seperti, gorden yang terbuat dari bahan katun, nilon, polister, hingga gorden berenda dengan cara tertentu.

 

2 dari 10 halaman

Lepaskan Aksesoris Gorden

Jika gorden dilengkapi dengan aksesoris seperti jepitan atau hiasan lainnya, pastikan untuk melepaskannya sebelum mencuci.

Pastikan juga kamu melepas semua pengait, ring, atau tali yang ada di gorden. Hal ini akan mencegah kerusakan pada aksesoris dan juga memastikan pencucian yang lebih merata.

Setelah semuanya bersih dari barang-barang keras, maka gorden bisa dilakukan ke tahapan pencucian.

 

3 dari 10 halaman

Pisahkan Gorden Berdasarkan Warna dan Bahan

Proses mencucu gorden dengan mesin cuci perlu tata cara yang tepat. Sehingga, gorden tidak mudah rusak.

Maka sebelum mulai mencucinya, pastikan kamu telah memisahkan gorden berdasarkan warna dan bahan kainnya. Cara ini akan membantu mencegah kelunturan dan kerusakan.

Selain itu, dengan pemisahan akan membantu menjaga warna dari gorden tetap cerah.

 

4 dari 10 halaman

Jangan Terlalu Banyak Memsaukkan Gorden ke Mesin Cuci

Cara Mencuci Gorden dengan Mesin Cuci © Diadona

Gorden sendiri memiliki ukuran yang panjang dan lebar. Karenanya, perlu beberapa tahapan jika kamu akan mencuci gorden di mesin cuci dalam jumlah yang banyak.

Pastikan kamu tidak memasukkan gorden terlalu banyak ke dalam mesin cuci. Sebab, hal ini justru akan membuat gorden terlipat dan rusak.

Jangan mencampurkan proses pencucian gorden dengan pakaian lain atau benda yang berat. Ini untuk menjaga kain gorden tetap aman dan tidak rusak.

 

5 dari 10 halaman

Tempatkan Gorden Berenda dalam Kantong Jaring

Jika kamu memiliki jenis gorden berenda atau terlalu tipis, maka proses pencuciannya tidak boleh asal. Nah, untuk menjaga tetap aman, sebaiknya masukkan gorden ke dalam kantorng jaring sebelum di masukkan ke dalam mesin cuci.

Ini untuk mencegah adanya kerusakan pada gorden yang dicuci. Jika kamu tidak memiliki kantong jaring, kamu bisa memanfaatkan sarung bantal.

Gunakan sarung bantal yang senada dengan warna gorden, lalu masukkan gorden ke dalamnya dan ikat rapat dengan kaus kaki panjang. Baru masukkan ke dalam mesin cuci.

 

6 dari 10 halaman

Pakai Bahan Pencuci yang Tepat

Mencuci gorden juga perlu memperhatikan bahan pencuci yang tepat. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan deterjen yang ringan atau khusus untuk mencuci gorden yang lembut dan tidak keras.

Hindari menggunakan pemutih ataupun pewangi yang keras. Sebab, hal ini justru akan menyebabkan kerusakan pada gorden.

Sebaiknya tambahkan sedikit cuka putih ke dalam mesin cuci sebelum gorden dimasukkan. Ini akan membantu menghilangkan bau dan menjaga kain pada gorden agar tetap halus.

 

7 dari 10 halaman

Atur Suhu Air

Cara Mencuci Gorden dengan Mesin Cuci © Diadona

Suhu air untuk mencuci gorden pada mesin cuci sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini nantinya akan mempengaruhi tingkat kebersihan dan keamanan pada gorden. Sebagian besar gorden dianjurkan untuk dicuci dengan air dingin atau suhu air yang rendah.

Selain itu, hanya perlu ditambahkan sedikit deterjen dalam proses mencuci dengan air dingin. Cara ini untuk mencegah kerusakan pada gorden saat proses pencucian.

 

8 dari 10 halaman

Hindari Mengeringkan Gorden di Mesin Cuci

Sudah menjadi hal umum, jika mesin cuci telah dilengkapi dengan alat pengering. Namun, untuk proses pencucian gorden tidak disarankan mengeringkannya pada mesin cuci.

Sebab, pengering mesin cuci justru akan merusak kain gorden dan membuatnya lusut. Bahkan, bisa menyebabkan kerusakan permanen pada gorden.

Kamu bisa menggantung gorden kembali pada relnya dalam proses pengeringannya. Kamudian, gorden cukup dikeringkan secara alami dengan cara diangin-anginkan.

 

9 dari 10 halaman

Jemur Gorden dengan Tepat

Setelah proses pencucian selesai, maka hal yang juga penting diperhatikan adalah penjemurannya. Dalam hal ini, jemur gorden justru dalam kondisi kering setelah diangin-anginkan.

Gorden yag masih lembap atau basah justru dapat menimbulkam bau tak sedap. Carilah tempat terbuka, namun tidak langsung di bawah sinar matahari langsung.

Sinar matahari langsung dapat memudarkan warna gorden. Jangan jemur gorden terlalu lama, karena akan menyebabkan kaku dan sulit dirapikan.

 

10 dari 10 halaman

Setrika Gorden dengan Tepat

Gorden Model Vitrase © Diadona

Setelah proses penjemuran, pastikan kamu menyetrika gorden dengan tepat. Ini untuk membuat gorden lebih rapi dan tidak berkerut.

Perhatikan aturan suhu ketika menyetrika gorden. Gunakan juga pelindung antara gorden dan setrika, agar uap panasnya tidak langsung menyentuk pada kain.

Kamu bisa menggunakan handuk atau kaos putih polos untuk mencegah lunturan warna menempel pada gorden.

Itulah beberapa cara mencuci gorden dengan mesin cuci yang tepat dan praktis. Dengan mengikutinya, kama kamu dapat menjaga kebersihan dan keindahan gorden dengan aman. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar