9 Cara Mencuci Karpet Sendiri di Rumah, Gak Perlu ke Laundry Lagi deh

Reporter : Yoyok
Sabtu, 30 Maret 2024 13:47
9 Cara Mencuci Karpet Sendiri di Rumah, Gak Perlu ke Laundry Lagi deh
Buat yang malas ke tempat laundry, cara berikut cocok banget nih.

Beberapa cara mencuci karpet sendiri di rumah memang sedikit merepotkan. Namun, jika sudah lihat hasilnya nanti, kalian bakal tercengang karena bisa sebersih itu lho. Kalian seperti tidak percaya bisa mencuci karpet dan hasilnya bakal sebersih itu.

Dalam aktivitas di rumah, karpet sudah menjadi salah satu item penunjang kenyamanan. Karpet sering kali digunakan di ruang tengah, tempat di mana semua orang berkumpul dan bersantai. Biasanya kegiatan berkumpul tersebut dilakukan sambil menonton televisi, mengobrol, dan masih banyak lagi.

Namun, sama seperti peralatan rumah tangga pada umumnya, karpet juga butuh perawatan. Karpet juga butuh dicuci lho Diazens. Kalau tidak dicuci, karpet bakal menjadi sumber kuman dan nantinya akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Tim Diadona telah merangkum beberapa cara mencuci karpet sendiri di rumah. Buat tim yang malas pergi ke tempat laundry, cara berikut efektif banget nih buat kamu.

1 dari 5 halaman

Cara Mencuci Karpet Sendiri di Rumah dengan Vacuum Cleaner

Cara mencuci karpet sendiri di rumah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu dengan menggunakan vacuum cleaner. Vacuum cleaner efektif dalam mengangkat dan menyedot debu. Ini menjadi langkah awal sebelum kamu membasahi dan mencuci karpet.

Gunakan vacuum cleaner sampai ke bagian ujung karpet. Penggunaan vacuum cleaner juga akan memudahkanmu dalam proses pencuciannya.

cara mencuci karpet sendiri di rumah © Diadona© shutterstock.com

Cara Mencuci Karpet Sendiri di Rumah dengan Teknik Menggantung

Berikutnya yaitu jangan lupa untuk menggunakan teknik menggantung. Dengan digantung, proses mencuci karpet akan jadi jauh lebih mudah. Jika diletakkan di lantai, nantinya kamu akan membungkuk dalam waktu yang cukup lama dan bisa bikin sakit punggung.

Gunakan jemuran atau pagar sebagai media untuk menggantung karpet. Dengan digantung, kotoran dan noda pada karpet juga akan mudah terlihat.

2 dari 5 halaman

Cara Mencuci Karpet Sendiri di Rumah dengan Teknik Semprot

Selanjutnya, kamu perlu membasahi seluruh bagian karpet. Lakukan cara ini dengan menyemprot karpet yang sudah kamu gantung.

Kamu bisa menggunakan selang yang terhubung pada keran untuk menyemprot, atau menggunakan pressure washer. Dengan menyemprot, nantinya partikel atau debu yang terselpi di sela-sela karpet akan terdorong.

cara mencuci karpet sendiri di rumah © Diadona© shutterstock.com

Cara Mencuci Karpet Sendiri di Rumah dengan Sabun Khusus

Dalam proses pencucian, sebaiknya menggunakan sabun khusus untuk mencuci karpet. Sabun khusus nantinya tidak akan merusak bahan karpet, tidak bikin pudar, dan proses pembersihan akan jadi lebih maksimal.

Jika kamu menggunakan deterjen biasa, hal yang ditakutkan yaitu bakalan merusak serta atau bahan dari karpet tersebut. Apalagi jika karpet yang dicuci berbahan bulu yang rentan rusak.

3 dari 5 halaman

Cara Mencuci Karpet Sendiri di Rumah dengan Baking Soda

Jika ada noda yang tidak hilang meski sudah dibersihkan dengan sabun, maka kamu bisa menggunakan baking soda. kandungan yang terdapat pada bahan ini mampu mengangkat noda yang susah dihilangkan tanpa merusak bahan karpet. Tapi ingat ya Diazens, saat menggunakan baking soda, jangan lupa untuk menggunakan saung tangan ya.

cara mencuci karpet sendiri di rumah © Diadona© shutterstock.com

Cara Mencuci Karpet Sendiri di Rumah dengan Sikat Halus

Ketika kamu menggunakan sabun khusus karpet atau baking soda, gunakan juga sikat halus. Gunakan sikat halus untuk menggosok bagian karpet yang membutuhkan gosokan ekstra. Seperti contoh untuk menghilangkan noda kerak pada karpet.

4 dari 5 halaman

Cara Mencuci Karpet Sendiri di Rumah dengan Bedak Bayi

Karpet yang lam tidak dicuci akan, bau tidak sedapnya akan sudah untuk dihilangkan. Bahkan, terkadang dsabun tidak akan cukup untuk menghilangkan bau tersebut.

Kalau sudah begini, maka kamu perlu menggunakan bedak bayi. Bedak bayi mampu menetralkan bau pada karpet yang akan membuat aroma tidak sedapnya jadi hilang.

cara mencuci karpet sendiri di rumah © Diadona© shutterstock.com

Cara Mencuci Karpet Sendiri di Rumah dengan Dibilas Dua Kali

Jangan lupa untuk selalu membilas dua kali atau double cleansing ketika mencuci karpet. Pastikan untuk membilas karpet sampai bersih tanpa ada pertikel yang menempel. Baik itu partikel dari kotoran maupun sabun. Bilas karpet sampai air menjadi jernih tanpa adanya sisa-sisa busa sabun.

5 dari 5 halaman

Cara Mencuci Karpet Sendiri di Rumah dengan Menjemur di Tempat Berangin

Setelah selesai dibilas, jemur karpet di tempat yang berangin. Dan, Menjemur karpet di tempat berangin akan membuat karpet makin cepat kering hingga ke sela-selanya.

Jangan jemur karpet di tempat yang langsung terkena sinar matahari. Menjemur karpet di tempat sinar matahari langsung nantinya bakal membuat warnanya jadi terlihat pudar.

cara mencuci karpet sendiri di rumah © Diadona© shutterstock.com

Itulah tips-tips mencuci karpet sendiri di rumah. Ingat ya Diazens, lakukan pencucian karpet secara rutin agar selalu bersih dan tidak kotor lagi.

Beri Komentar