8 Inspirasi Dapur Hitam Putih Minimalis dengan Desain Menarik dan Gak Membosankan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 22 November 2023 14:56
8 Inspirasi Dapur Hitam Putih Minimalis dengan Desain Menarik dan Gak Membosankan
Memiliki dapur hitam putih minimalis nggak selamanya jadi hal yang buruk, justru dapat menawarkan kesan yang terlihat menawan.

Desain dapur hitam putih minimalis cukup diminati oleh beberapa orang sekarang ini. Warna warna seperti hitam dan putih memang merupakan warna dasar yang kerap dijumpai pada desain interior rumah. Warna ini sering kali dipilih oleh banyak orang karena bisa memberikan efek ruangan jadi terasa elegan dan mewah.

Dua warna ini merupakan kombinasi warna yang sangat pas untuk menghadirkan suasana dapur yang terasa menyenangkan. Meskipun kamu memiliki dapur mini, menggunakan kedua cat warna ini justru dapat membantu memberikan kesan dapur jadi lebih luas loh! Penasaran bagaimana konsep dapur hitam putih minimalis? Intip di bawah sini ya!

1 dari 8 halaman

Dapur Hitam Putih Minimalis dengan Motif Keramik

Dapur Hitam Putih Minimalis © Diadona

Kehadiran dapur berwarna hitam dan putih akan selalu menyenangkan jika ditambahkan dengan sentuhan dinding yang bermotif. Tampilannya mirip seperti batu bata versi hitam dan putih yang dinamakan dengan jenis keramik dinding casanova white. 

Keramik ini memiliki permukaan mengkilap yang dapat memikat perhatian bagi para penghuni maupun pengunjung rumah. Hanya dengan lap dan air saja, noda yang tadinya menempel di keramik casanova white akan hilang dengan mudah.

2 dari 8 halaman

Dapur Hitam Putih Minimalis Estetik

Dapur Hitam Putih Minimalis © Diadona

Jika keramik dinding saja tidak cukup untuk membuat dapurmu terasa cantik, coba deh lakukan cara yang satu ini. Pemasangan keramik lantai yang memiliki warna senada dengan dapur hitam dan putih memberikan tampilan yang tidak membosankan.

Keramik ini mirip seperti papan catur dan cocok untuk menghasilkan gaya dapur bernuansa retro maupun semi klasik. Bentuk kotak-kotaknya memiliki ukuran yang besar, sehingga tidak bikin sakit mata saat beraktivitas di dapur.

3 dari 8 halaman

Dapur Hitam Putih Minimalis Unik

Dapur Hitam Putih Minimalis © Diadona

Memasang keramik dinding dengan motif terrazzo jadi kombinasi yang pas untuk menghasilkan kesan dapur jadi terasa modern. Motif terrazzo dikenal dengan memiliki tampilan khas yang menyerupai kumpulan dari berbagai serpihan kaca. Kehadirannya  sangat cocok untuk menghidupkan dapur hitam putih yang sebelumnya memiliki kesan polos. 

Selain cantik, keramik terrazzo nyatanya juga memiliki keunggulan yang tidak kalah kerennya loh! Keramik ini memiliki sifat yang bisa menyerap suhu panas, sehingga akan memberikan efek kesejukan saat berada di dalam dapur.

4 dari 8 halaman

Dapur Hitam Putih Minimalis untuk Ukuran Sempit

Dapur Hitam Putih Minimalis © Diadona

Dapur dengan konsep berwarna hitam dan putih terkadang membuat calon penghuni rumah jadi merasa khawatir. Kehadiran dapur ini dikelilingi oleh dua warna utama yang sama-sama memiliki karakter yang kuat dan ditakutkan akan terkesan gelap. 

Untuk menyelesaikan permasalahan itu, letak dapur perlu berdekatan dengan jendela di rumah agar mendapatkan pencahayaan yang maksimal. Selain jadi cerah, sinar matahari yang masuk ke area dapur juga dapat menghemat biaya pengeluaran karena tidak perlu menggunakan energi listrik saat siang hari.

5 dari 8 halaman

Dapur Hitam Putih Minimalis dengan Marmer

Dapur Hitam Putih Minimalis © Diadona

Sentuhan elegan dan mewah pada dapur berwarna hitam dan putih dapat dihadirkan dengan menambahkan marmer. Marmer merupakan jenis batu kapur yang telah mengalami proses metamorf dan dikenal karena memiliki corak unik yang tidak bisa dihasilkan oleh batuan lainnya. 

Marmer memiliki karakteristik yang kuat, kokoh dan awet. Sifat dari bahan ini juga tahan terhadap panas dan goresan, sehingga sangat aman untuk dipasang di dapur.

6 dari 8 halaman

Dapur Hitam Putih Minimalis dengan Sentuhan Kayu

Dapur Hitam Putih Minimalis © Diadona

Kayu sering kali disepelekan bagi sebagian penghuni rumah karena tampilannya yang terkesan klasik. Padahal, kehadirannya justru dapat memberikan suasana dapur jadi terasa hangat dan natural loh. Dengan warnanya yang cokelat juga sangat cocok untuk menyempurnakan tampilan dapur hitam dan putih. 

Sentuhan kayu di dapur dapat dihadirkan dengan cara menambahkan dekorasi atau furnitur di sekitarnya. Perawatan kayu juga dinilai sangat mudah, cukup dengan membersihkan debu secara rutin dan jangan lupa untuk menggunakan cairan pelapis kayu agar terjaga dengan awet.

7 dari 8 halaman

Dapur Hitam Putih Minimalis dengan Sentuhan Emas

Dapur Hitam Putih Minimalis © Diadona

Selain marmer, sentuhan mewah di dapur juga dapat diperoleh dengan menambahkan dekorasi yang berwarna emas. Dekorasi-dekorasi emas seperti lampu, wastafel hingga handel lemari pada dapur memancarkan tampilan kemilau yang bisa dijadikan sebagai salah satu focal point ruangan di rumah. 

Emas yang digunakan pada dekorasi tersebut tentunya bukan menggunakan emas asli ya, melainkan menggunakan bahan stainless steel yang warnanya mirip seperti emas. Bahan ini dinilai memiliki sifat yang kuat dan cukup awet, sehingga tampilannya tidak akan pudar meski digunakan dalam waktu yang lama.

8 dari 8 halaman

Dapur Hitam Putih Minimalis Bawah Tangga

Dapur Hitam Putih Minimalis © Diadona

Kehadiran dapur yang dibangun di bawah tangga jadi solusi untuk mengisi space kosong di rumah. Hal ini pun membuat penghuni rumah tidak perlu lagi menyediakan lahan baru untuk memiliki sebuah dapur. 

Meski letaknya tidak berada di satu area yang utuh, kebanyakan jenis dapur ini juga tidak dianggap buruk loh! Dengan cara mengaplikasikan cat dapur berwarna hitam putih dan memilih furnitur yang berwarna senada, hal ini dapat membuat tampilan dapur jadi terasa leluasa. 

Itulah pesona dari konsep dapur hitam minimalis. Memadukan dua warna dalam satu ruangan nyatanya bisa memikat hati bagi para penghuni rumah untuk memiliki dapur yang cantik. Ada desain dapur yang menarik hati perhatian kamu gak?

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar