9 Ventilasi Dapur Minimalis, Bikin Ruang Jadi Estetik dan Tetap Segar

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 21 November 2023 18:27
9 Ventilasi Dapur Minimalis, Bikin Ruang Jadi Estetik dan Tetap Segar
Beberapa ventilasi dapur minimalis ini selain membuat ruang menjadi segar, juga estetis.

Ventilasi dapur minimalis merupakan komponen penting yang berguna untuk memastikan sirkulasi udara bisa masuk ke dalam ruangan dengan baik. Dapur menjadi pusat aktivitas di rumah yang berfungsi sebagai tempat memasak. Kegiatan memasak seperti menggoreng, memanggang, dan merebus hingga berjam-jam sering kali menimbulkan bau masakan yang dapat membuat ruangan terasa pengap dan tidak nyaman. 

Pengaplikasian ventilasi udara pada dapur berfungsi untuk membantu membuang udara kotor, uap, asap, dan bau makanan. Tentunya dengan hal seperti ini dapat membuat suasana jadi lebih terjaga sehingga nyaman, segar dan tidak pengap. Tak jarang, memasang ventilasi udara di dinding sering kali menghadapi kendala seperti keterbatasan ruang karena posisi antar rumah yang berdempetan.  

Kini ventilasi dapur dengan desain minimalis memiliki model yang beragam dan mampu menyesuaikan dengan  kondisi ruang dapur kamu. Bukan hanya berfungsi sebagai pertukaran udara, tetapi juga dapat menjadi elemen desain yang menarik dan canggih pada dapur kamu. Jadi dengan berbagai pilihan yang tersedia, kamu dapat menggunakan ventilasi yang cocok untuk dapur kamu, nih!

Untuk membantu kamu memilih ventilasi dapur minimalis yang tepat, simak selengkapnya di bawah ini:

 

1 dari 9 halaman

Ventilasi Dapur Minimalis dengan Roster

Ventilasi Dapur Minimalis © Diadona

Roster dinding dapat menjadi pilihan yang oke sebagai ventilasi yang dapat menjaga kualitas udara ruang dapur jadi lebih segar dan nyaman. Selain berfungsi sebagai sirkulasi udara, roster dinding juga dapat menjadi elemen dekorasi di dapur kamu. Roster dinding sering kali menjadi fokus visual dan memberikan sentuhan estetis yang mempercantik ruangan. 

Roster dinding memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam ruang, sehingga dapur terasa lebih terang. Tata letak roster dinding ini cukup fleksibel, kamu dapat menempatkannya di atas kompor, di tengah dapur atau area tertentu yang sesuai dengan referensi atau kebutuhan.

2 dari 9 halaman

Ventilasi Dapur Minimalis Jendela Kecil

Ventilasi Dapur Minimalis © Diadona

Jendela kecil yang diletakkan di atas kompor menjadi pilihan yang menarik untuk menambahkan ventilasi dapur kamu. Jendela kecil ini memiliki sistem geser yang menjadi pilihan ideal dan praktis tanpa memakan banyak ruang, sehingga cocok untuk dapur minimalis. 

Meskipun ukuran jendela kecil mungkin terbatas, tetapi masih dapat membantu sirkulasi udara dengan baik. Kamu dapat memanfaatkan jendela kecil yang ditempatkan di atas kompor ini untuk membuang asap dan bau yang dihasilkan selama memasak.

3 dari 9 halaman

Ventilasi Dapur Minimalis dengan Jendela Lipat

Ventilasi Dapur Minimalis © Diadona

Memiliki jendela besar di dapur dapat membuat suasana memasak di dapur terasa menyenangkan dengan melihat pemandangan atau lingkungan luar rumah yang asri. Selain itu, penggunaan jendela besar di dapur dapat meningkatkan sirkulasi udara dan memaksimalkan pencahayaan alami. 

Sistem jendela ini merupakan jendela lipat yang mana kamu dapat mengatur lipatan sesuai dengan kebutuhan ventilasi. Selain itu, jendela lipat ini dapat menghemat ruang, terutama pada dapur minimalis di mana setiap ruang sangat berharga.

4 dari 9 halaman

Ventilasi Dapur Minimalis Dua Jendela Memanjang

Ventilasi Dapur Minimalis © Diadona

Ingin memiliki sirkulasi udara dapur yang maksimal dan minimalis? Salah satu rekomendasi yang dapat kamu terapkan yakni dengan menggunakan dua jendela memanjang ini. Kamu dapat memasangnya di atas kitchen set dan di dekat atap di dapur kamu. 

Dengan bentuk yang mini dan memanjang, jendela ini memiliki tampilan bersih dan minimalis, sehingga tidak akan membuat ruang dinding dapur kamu terlihat penuh dan padat. Penggunaan dua jendela ini menciptakan sirkulasi udara yang maksimal dan efektif dalam menghilangkan bau di ruang dapur kamu.

5 dari 9 halaman

Ventilasi Dapur Minimalis dengan Exhaust Fan Plafon

Ventilasi Dapur Minimalis © Diadona

Menggunakan exhaust fan plafon menjadi cara yang canggih untuk menjaga sirkulasi udara yang baik di seluruh ruang dapur. Bagi kamu yang tidak dapat mengaplikasikan ventilasi udara seperti jendela atau roster dinding, kamu dapat mempertimbangkan exhaust fan ini sebagai pilihan yang tepat dan canggih. 

Dengan daya hisap yang kuat, exhaust fan dapat mengeluarkan udara kotor, asap, uap atau bau yang tidak diinginkan dari dalam ruang dapur secara efisien, cepat dan menciptakan lingkungan lebih nyaman serta bersih.

6 dari 9 halaman

Ventilasi Dapur Minimalis Jendela Atap

Ventilasi Dapur Minimalis © Diadona

Banyak opsi pilihan untuk membuat ventilasi untuk dapur, salah satunya dengan penggunaan jendela pada atap rumah. Ventilasi dapur dengan jendela atap menjadi solusi yang menarik dalam memberikan sirkulasi udara alami, pencahayaan dari sinar matahari, sekaligus elemen desain yang unik di dalam dapur kamu. 

Jendela di atap ini dapat dibuka dan ditutup dengan penguncian, sehingga dapat menjaga fleksibilitas dan keamanan dalam penggunaan jendela atap. Kamu dapat mengontrol ventilasi dengan mudah, bahkan saat cuaca tidak mendukung.

7 dari 9 halaman

Ventilasi Dapur Minimalis Pintu Kaca

Ventilasi Dapur Minimalis © Diadona

Menerapkan pintu kaca pada dapur sebagai ventilasi udara merupakan opsi pilihan yang baik, terutama jika kamu memiliki space lahan yang lebih. Pintu kaca dapur tidak hanya berfungsi sebagai akses ke luar, tetapi juga menciptakan sirkulasi udara yang baik dalam ruang dapur kamu. 

Dengan membuka pintu kaca, kamu dapat membuat aliran udara segar masuk ke dalam ruangan yang sekaligus membuat ruang dapur terhubung dengan halaman luar. Hal ini dapat membantu menghilangkan bau atau asap dengan efisien, serta memberikan tampilan terang dan terbuka pada dapur kamu.

8 dari 9 halaman

Ventilasi Dapur Minimalis Exhaust Hood

Ventilasi Dapur Minimalis © Diadona

Penggunaan exhaust hood di atas kompor ini dapat berperan untuk menjaga kualitas udara dan kenyamanan di dapur kamu. Dengan sistem penghisapnya, exhaust hood ini akan mengumpulkan asap, uap atau bau masakan saat kamu memasak, dan kemudian mengeluarkannya dari dapur. 

Menggunakan exhaust hood dapat mencegah bau masakan menyebar ke seluruh ruangan dan menjaga kualitas udara di dalam ruangan tetap bersih. Selain itu, exhaust hood dapat berperan penting dalam menjaga kebersihan dapur dari minyak, lemak dan partikel masalah pada permukaan dapur, dinding dan peralatan masak kamu.

9 dari 9 halaman

Ventilasi Dapur Minimalis dengan Sela-Sela Teralis

Ventilasi Dapur Minimalis © Diadona

Menerapkan desain dapur yang semi terbuka dengan teralis-teralis besi ini menjadi pilihan yang unik sekaligus menciptakan sirkulasi udara yang baik di dapur kamu. Desain ini memberikan kesan terbuka sekaligus memberikan privasi serta keamanan yang baik. 

Dengan setengah dinding menggunakan teralis-teralis besi, udara segar dapat masuk ke dalam ruang secara maksimal. Hal ini tentu akan menjaga sirkulasi udara di ruangan selalu baik setiap waktunya. Selain itu, desain ini juga menciptakan tampilan yang menarik dan cahaya alami bisa masuk ke dalam ruang dapur kamu. 

Itu dia beberapa model ventilasi dapur minimalis yang bisa kamu pilih buat diterapkan di dapur rumah. Pentingnya mengaplikasikan ventilasi untuk dapur kamu agar bebas pengap dan lembap. 

Penulis : Aulia Amanda Safitri

Beri Komentar