12 Cara Mengusir Jangkrik di Kamar, Tidur Lebih Nyaman dan Bebas Berisik Deh!

Reporter : Arifina
Rabu, 27 Maret 2024 11:47
12 Cara Mengusir Jangkrik di Kamar, Tidur Lebih Nyaman dan Bebas Berisik Deh!
Begini cara usir jangkrik agar tak mengganggu.

Cara mengusir jangkrik di kamar perlu dipahami dengan tepat. Sebab, jenis serangga satu ini terbilang cukup susah untuk diusir begitu saja,

Jangkrik adalah salah satu jenis serangga yang sebenarnya tidak berbahaya. Hewan satu ini khas dengan suaranya yang nyaring.

Jangkrik biasanya akan hidup di luar rumah ketika cuaca sedang hangat. tapi, jika musim dingin atau hujan jangkrik akan bermigrasi masuk ke dalam rumah dan mencari tempat untuk bersarang.

Suara jangkrik di malam hari memang bisa menenangkan. Namun, jika masuk ke dalam kamar dan berbunyi sepanjang malam tentu akan sangat mengganggu kenyamanan tidur.

Meski begitu, bukan berarti jangkrik tidak bisa diusir lho! Kamu bisa membuat jangkrik pergi dari kamar dengan beberapa cara berikut dengan mudah!

1 dari 12 halaman

Semprotkan Pestisida

Jangkrik © Diadona

Bisa jadi ini cara yang paling umum digunakan untuk mengusir jangkrik yang bersarang di dalam kamar. Ya, kamu bisa menyemprotkan insektisida pada jangkrik.

Insektisida dinilai paling efektif untuk membunuh serangga, termasuk jangkrik. Mulailah mencari sarangnya, kemudian semprotkan cairan tersebut pada jangkrik atau di area sekitarnya seperti jendela dan di sudut-sudut ruangan.

Perlu diperhatikan, penggunaan semprotan pestisida ini mengandung zat racun. Sehingga, hindarkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

 

2 dari 12 halaman

Pasang Bahan-Bahan Beraroma Menyengat

Jangkrik tidak menyukai bau yang kuat. Karena itu, kamu bisa menggunakan bahan-bahan dengan aroma menyengat untuk mengusirnya.

Bahan-bahan yang bisa digunakan untuk mengusir jangkrik di antaranya, kapur barus, bawang putih, cabai. dan cuka. Kamu bisa meletakkan kapur barus, bawang putih dan irisan cabai di tempat-tempat yang memungkinkan jadi sarang jangkrik. Seperti, jendela dan sudut-sudut ruangan.

Sementara, untuk cuka kamu bisa membuat cairannya untuk disemprotkan di sudut-sudut ruangan yang kemungkinan dilalui jangkrik.

 

3 dari 12 halaman

Pasang Perangkap Jangkrik

Ini juga bisa menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengusir jangkrik. Pasanglah beberapa perangkap di beberapa sudut ruanga.

Gunakan perangkap botol, yakni botol plastik yang dipotong bagian atasnya dan diberi potongan buah pisang atau sayuran sebagai umpan. Jika jangkrik masuk ke dalamnya, maka tidak akan bisa keluar.

Kamu juga bisa memasang perangkap lem, dengan mengoleskan lem tikus di selembar karton. Taburi dengan tepung jagung di atas papan lem, maka jangkrik akan terjebak.

 

4 dari 12 halaman

Pakai Tetes Tebu

Cara Mengusir Jangkrik di Kamar © Diadona

Cita rasa manis dari tetesan tebu rupanya akan mudah menarik perhatian dari jangkrik. Nah, kamu bisa membuat perangkap dari tetesan tebu untuk menangkap jangkrik dengan mudah.

Buat campuran tetesan air tebu sebanyak 3 sendok makan dan dua gelas air. Kemudian, masukkan ke dalam stoples terbuka.

Dengan perangkap ini akan memungkinkan jangkrik terpikat oleh aroma manis tebu dan masuk ke dalam toples.

 

5 dari 12 halaman

Pakai Sedotan Vakum

Sedotan vakum untuk membersihkan debu ternyata juga bisa untuk membasmi jangkrik lho! Kamu bisa memanfaatkan alat ini untuk menghisapnya.

Cara ini terbilang efektif, terlebih jika terdapat lebih dari satu jangkrik di area kamar.

Setelah proses penyedotan dengan vakum, maka buka tabung bagian penyedot debu di luar rumah. Ini agar jangkrik tak kembali masuk ke dalam ruangan.

 

6 dari 12 halaman

Menyumbat Celah dan Lubang

Periksa kamar kamu untuk menemukan celah atau lubang di dinding, lantai, atau jendela. Sebab, area lubang ini memungkinkan menjadi pintu masuk bagi jangkrik.

Karena itu, bagian lubang ini harus ditutup untuk mencegah masuknya jangkrik ke dalam kamar. Gunakan silicone atau bahan penyumbat lainnya untuk menutup celah-celah tersebut sehingga jangkrik tidak bisa masuk.

Tambahkan juga lapisan pelindung, dan selalu periksa secara rutin agar lubang selalu tertutup.

 

7 dari 12 halaman

Menggunakan Tanaman Pengusir Serangga

Cara Ternak Jangkrik untuk Pemula © Diadona

Beberapa jenis tanaman seperti lavender, mint, atau tanaman herbal lainnya memiliki sifat pengusir serangga alami. Nah, kamu bisa merawat beberapa jenis tanaman tersebut di sekitar rumah untuk mencegah jangkrik masuk.

Bila perlu, simpan beberapa pot dari tanaman ini di dalam kamar. Sehingga bisa membantu mengurangi kehadiran jangkrik.

Pastikan juga selalu membersihkan halaman rumah untuk mencegah jangkrik bersarang ditumpukan sampah.

 

8 dari 12 halaman

Gunakan Boraks

Bahan kimia sodium tetraborate atau Boraks menjadi salah satu zat yang ampuh mengusir jangkrik. Caranya pun mudah, siapkan saja tablel boraks, lalu hancurkan.

Campurkan tablet boraks yang sudah halus dengan gula bubuk. Ini bertujuan untuk memikat jangkirk dari aromanya.

Kemudian, taburkan campurantersebut di area-area yang memungkinkan dilalui jangkrik. Ketika jangkrik terjebak dan menelan gula maka akan membuatnya terbunuh.

 

9 dari 12 halaman

Manfaatkan Hewan Peliharaan

Kehadiran hewan peliharaan di rumah rupanya cukup ampuh sekali dalam membasmi jangkrik. Seperti, kucing dan anjing.

Kedua hewan ini memiliki insting alami dalam berburu serangga. Namun, jika kamu tidak memiliki hewan peliharaan kamu bisa memanfaat kan buruyng liar.

Caranya, pancing burung untuk mendekati rumah. Pasang sangkar atau tanaman untuk burung. Nantinya, burung ini akan menjadi pemangsa alami bagi jangkrik.

 

10 dari 12 halaman

Minyak Esensial

Cara Ternak Jangkrik untuk Pemula © Diadona

Bau harum dari minyak esensial cukup ampuh untuk mengusir jangkrik. Sebab, hewan serangga satu ini tak begitu menyukai bau menyegat yang ditimbulkan dari minyak esensial, seperti peppermint.

Semprotkan saja atau oleskan minyak esensial ke barang-barang di rumah, Lakukan sesering mungkin, terutama saat musim hujan untuk mencegah jangkrik masuk ke dalam rumah.

Selain minyak esensial, kamu bisa menciptakan bau mint dari tanaman di halaman rumah.

 

11 dari 12 halaman

Pasang Lampu Kuning

Jangkrik adalah salah satu jenis serangga yang menyukai suasana terang. Karenanya, agar jangkrik tak masuk ke dalam rumah hingga ke kamar sebaiknya ganti warna lampu dengan kuning.

Bahkan, jika memungkinkan, arahkan lampu ke area yang ingin diterangi di luar rumah. Sehingga tidak terarah di pintu utama rumah yang justru memicu jangkrik untuk masuk.

 

12 dari 12 halaman

Jaga Kebersihan Kamar

Jangkrik mudah sekali terpicu dengan tempat-tempat yang lembab dan kotor. Maka, selalu jaga kebersihan kamar yaa.

Sapu dan pel lantai dengan rutin. Jika ada kamar mandi dalam, sebaiknya selalu kuras dengan bersih.

Pastikan juga sampah di dalam kamar tidak menumpuk yang justru jadi tempat bersarangnya jangkrik.

Itulah cara mengusir jangkrik di kamar yang bisa kamu terapkan. Tidur akan semakin nyaman tanpa terganggu suara-suara bising. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Beri Komentar