7 Cara Jitu Mencegah Belatung Masuk ke Dalam Rumah

Reporter : Yoyok
Selasa, 26 Maret 2024 22:11
7 Cara Jitu Mencegah Belatung Masuk ke Dalam Rumah
Belatung bisa banget menjadi parasit yang mengganggu kehidupan.

Belatung merupakan larva atau tahap awal perkembangan serangga tertentu, biasanya lalat atau serangga lainnya. Serangga dewasa bertelur, dan dari telur tersebut menetaslah belatung. Belatung kemudian berkembang biak dan mengalami metamorfosis menjadi serangga dewasa.

Tidak jarang belatung kita temukan di dalam rumah. Munculnya belatung di dalam rumah sebenarnya menjadi pertandi bahwa ada sanitasi yang buruk.

Namun, amsalah ini bukan berarti tidak bisa diatasi kok Diazens. Berikut ini adlah cara mencegah belatung masuk ke dalam rumah.

1 dari 4 halaman

Pakai Tong Sampah dengan Penutup

Cara pertama dalam mencegah hadirnya belatung di rumah yaitu dengan menggunakan tong sampah yang ada tutupnya. Dengan adanya penutup, sampah jadi tidak mudah dihinggapi oleh lalat. Kalau sudah dihinggapi, maka lalat akan meletakkan telur yang nantinya bakal menjadi belatung. Hindari juga untuk menumpuk sampah yang nanti akan membuat tutupnya jadi terbuka.

Belatung © Diadona© shutterstock.com

Jangan Lupa Menutup Makanan

Cara berikutnya yaitu jangan lupa untuk menutup makanan. Simpan dan tutup sisa makanan di dapur, atau kalau memungkinkan masukkan ke kulkas. Tudung saji bisa digunakan untuk menutup makanan di dapur.

2 dari 4 halaman

Membersihkan Sisa Kemasan Makanan

Cara berikutnya dalam mencegah hadirnya belatung yaitu dengan mencuci atau membersihkan semua kemasan makanan kotor yang mungkin mengundang lalat untuk hinggap. Baik kemasan yang mau disimpan atau akan dibuang, sebaiknya cuci dahulu.

Belatung © Diadona© shutterstock.com

Buang Sisa Kotoran

Jangan lupa untuk membuang sisa kotoran seperti popok bekas, kotoran hewan, sisa makanan, agar tidak menjadi sumber kehadiran belatung.

3 dari 4 halaman

Letakkan Tong Sampah di Tempat Sejuk

Cara selanjutnya dalam mencegah hadirnya belatung yaitu dengan menempatkan tong sampah di tempat yang sejuk saat musim kemarau. Jangan lupa juga untuk segera mengosongkan tong sampah agar tidak dikerumuni oleh belatung.

Belatung © Diadona© shutterstock.com

Jaga Kebersihan Dapur

Dapur bisa menjadi spot yang mudah dihinggapi oleh belatung. Dapur merupakan tempat makanan berkumpul, diolah, dan dibuang. Maka dari itu, rutinlah membersihkan dapur.

4 dari 4 halaman

Rutin Membersihkan Tong Sampah

Tong sampah juga perlu untuk dibersihkan lho Diazens. Kamu wajib membersihkan tong sampah, terutama yang berada di dalam rumah.

Belatung © Diadona© shutterstock.com

Itulah beberapa cara dalam mencegah belatung ada di dalam rumah. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar