10 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Tembok, Pakai Bahan Alami di Rumah Tanpa Ribet Mengecat Ulang

Reporter : Arifina
Selasa, 21 Maret 2023 16:17
10 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Tembok, Pakai Bahan Alami di Rumah Tanpa Ribet Mengecat Ulang
Tak perlu panik, membersihkan noda tinta di tembok bisa dengan bahan alami di rumah lho!

Noda tinda di tembok menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi setiap orang. Padahal, menjaga agar kondisi tembok bersih bisa menjadikan suasana rumah terlihat lebih indah.

Sayangnya, menjaga kondisi tembok terhindar dari noda yang membandel membutuhkan usaha. Terutama, jika ada anak-anak yang suka mencoret-coret ruangan.

1 dari 11 halaman

Bukan tidak mungkin, kondisi tersebut dapat memunculkan noda di tembok. Jika demikian, membersihkannya cukup menjadi PR, terutama jika sudah menempel dalam waktu yang lama.

Namun, tak perlu khawatir berlebih, berikut diadona.id rangkumkan cara menghilangkan noda tinda di tembok dengan menggunakan bahan alami di rumah. Apa saja ya?

2 dari 11 halaman

Lap dengan Kain Basah yang Bersih

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Tembok © Diadona

Jika noda tinta masih segar, maka kamu tak perlu menyiapkan bahan-bahan yang ribet. Kamu hanya perlu  membasahi kain dengan air untuk membersihkan tinta yang terlanjur menodai tembok.

Untuk noda tinta yang kecil, gunakan ujung jari yang dibalut dengan kain basah dan gosokkan. Kamu juga bisa menambahkan sedikit sabun cuci piring untuk membantu pengerjaan pembersihan noda tinta di tembok lho!

3 dari 11 halaman

Pakai Cuka

Memiliki cuka di rumah? Maka kamu bisa  gunakan bahan ini untuk membersihkan noda di tembok. Caranya, anda bisa mengoleskan cuka pada tembok yang bernoda tinta.

Diamkan sebentar, lalu gosok dengan bahan yang tidak berbahan kasar seperti sikat gigi lembut hingga noda tinta menghilang.

4 dari 11 halaman

Manfaatkan Alkohol

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Tembok © Diadona

Menghilangkan noda tinta di tembok dengan alkohol cukup mudah. Caranya, celupkan kapas atau kain ke dalam alkohol, lalu gosokkan pada noda tinta di tembok dengan lembut. Ulangi beberapa kali sampai noda dari tinta benar-benar hilang.

5 dari 11 halaman

Bedak Bayi

Warnanya yang putih dan tabur membuat bedak bayi menjadi salah satu alternatif ampuh untuk menghilangkan noda tinta di tembok. Hal ini berguna untuk membersihkan noda yang masih sangat baru pada permukaan dinding.

Caranya pun mudah, cukup taburkan saja bedak bayi di permukaan noda yang terdapat tinta tersebut.

6 dari 11 halaman

Baking Powder

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Tembok © Diadona

Baking powder bisa juga digunakan untuk menghilangkan noda tinta di tembok. Kamu hanya perlu campurkan saja dengan air, lalu usapkan pada noda tinta dan gosok dengan kain lembut. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

7 dari 11 halaman

Jeruk Lemon

Jika menggunakan baking powder tidak bisa membersihkan noda tinda secara optimal pada tembok, maka kamu perlu menambahkannya dengan jeruk lemon. Campurkan kedua bahan tersebut, lalu kamu hanya perlu mengoleskan pada dinding yang bernoda hingga bersih.

8 dari 11 halaman

Pasta Gigi

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Tembok © Diadona

Siapkan pasta gigi dengan sikat yang lembut. Caranya dengan mengoleskan pasta gigi pada noda tinta, lalu gosokkan dengan sikat gigi yang lembut. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

9 dari 11 halaman

Asam Sitrat

Penggunaan asam sitrat ampuh membuat tembok bersih. Kamu hanya perlu mencampurkannya dengan air secukupnya. Kemudian, gosokkan cairan tersebut pada noda di tembok menggunakan kain lap.

10 dari 11 halaman

Gunakan Penghapus Pensil

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Tembok © Diadona

Penghapus pensil rupanya dinilai ampuh untuk menghilangkan noda dari tinta di tembok, lho! Terutama jika noda tersebut masih baru. Caranya cukup mudah, gosokkan penghapus pensil pada noda di tembok dengan lembut sampai noda tersebut hilang.

11 dari 11 halaman

Pasta Soda Kue

Meski diniali efektif menghilangkan noda tinta di tembok, disarankan untuk tetap berhati-hati dalam memanfaatkan soda kue.

Maka dari itu, untuk penggunaan bahan ini kamu perlu membuat pasta soda kue dengan mencampur sebanyak 1 sendok makan soda kue dengan 2 - 3 sendok makan air.

Setelah itu, aplikasikan ke dinding yang terdapat noda dari tinta dengan bola kapas, kain bersih, sikat gigi, atau spons. Gosok tinta yang menempel di tembok dengan lembut. Ulangi hingga noda menghilang ya!

Beri Komentar