5 Cara Menghilangkan Cipratan Minyak di Tembok yang Efektif, Noda Membandel Dijamin Minder!

Reporter : Nasa
Selasa, 20 September 2022 20:37
5 Cara Menghilangkan Cipratan Minyak di Tembok yang Efektif, Noda Membandel Dijamin Minder!
Minyak yang terlanjur menempel di tembok berpotensi menimbulkan kerak yang tak sedap dipandang...

Cara menghilangkan cipratan minyak di tembok yang efektif bisa kamu lakukan dengan melakukan sejumlah hal berikut ini. Minyak yang terlanjur menempel di tembok memang jadi noda membandel yang merusak keindahan tembok dapurmu.

Apalagi, noda minyak yang menumpuk di tembok bisa menimbulkan penumpukan minyak, uap kaldu masakan, hingga serpihan residu makanan yang akan menimbulkan noda coklat kehitaman seperti kerak yang lama-kelamaan akan susah dihilangkan.

Hal tersebut akan jadi makin parah, saat kotoran minyak ditembok terkena debu. Karena kerak di tembok bisa dipastikan akan sulit sekali untuk dibersihkan. Dan tentunya akan sangat mengurangi tingkat kebersihan di dapur.

Ini dia deretan cara menghilangkan cipratan minyak di tembok yang efektif:

1 dari 5 halaman

1. Pakai Air Lemon

Cara Menghilangkan Cipratan Minyak di Tembok © Diadona

Kalau menurut info dari laman Taste of Home, cipratan minyak pada dinding dapur bisa kamu bersihkan dengan lemon. Akan tetapi, lemon hanya akan efektif membersihkan percikan minyak yang masih baru saja terjadi.

Usahakan, selesai masak, kamu rutin membersihkan dinding dapur menggunakan cairan lemon. Pertama, kamu bisa peras air lemon, kemudian masukkan dalam botol penyemprot cairan.

Lalu semprotkan pada tembok yang terkena cipratan minyak. Diamkan selama setidaknya dua menit, lalu bersihkan dengan lap basah hingga bersih. Tunggu tembok kering, dan tembokmu bisa jadi bersih seperti sedia kala.

2 dari 5 halaman

2. Pakai Cairan Cuci Piring

Saat mengetahui tembok terkena cipratan minyak, jangan langsung membasuhnya dengan lap basah. Kamu bisa menggunakan cairan pembersih cuci piring terlebih dahulu. Caranya, yakni dengan menyemprotkan cairan pembersih cuci piring ke bagian tembok yang terkena minyak.

Tunggu selama beberapa saat, kemudian lanjut bersihkan dengan lap basah bertekstur. Setelah noda minyak menghilang, pastikan cairan pembersih cuci piring juga sudah mengilang dengan membilasnya dengan baik ya.

3 dari 5 halaman

3. Pakai Baking Soda

Cara menghilangkan cipratan minyak di tembok yang efektif berikutnya adalah pakai serbuk baking soda yang dicampur air. Celupkan spons atau lap ke larutan baking soda dan air, kemudian usapkan pada bagian yang terkena noda minyak.

Larutan baking soda akan mengental berbentuk pasta, sehingga dapat digunakan untuk membersihkan perlatan dapur lain yang terkena minyak.

4 dari 5 halaman

4. Pakai Air Hangat

Untuk menghilangkan noda cipratan minyak di tembok ternyata juga bisa dilakukan pakai air hangat nih, Diazens. Air hangat dapat membantu menghilangkan noda minyak terutama pada material keramik.

Kanal Youtube Sukur Sukur pernah membagikan tutorial saat ia membersihkan noda minyak di meja dapurnya dengan mudah. Pada saat itu, ia menggunakan air panas yang disiram ke bagian yang terkena minyak, lalu dilap menggunakan kain bersih.

5 dari 5 halaman

5. Pakai Terigu dan Garam

Cara lain untuk membersihkan noda cipratan minyak di tembok adalah menggunakan terigu dan garam. Cipratan minyak di tembok bisa kamu beri campuran terigu dan garam dengan cara ditaburkan.

Kemudian diamkan hingga beberapa saat, hingga terigu dan garam mulai mengering. Setelah mulai mengering, usap tembok dengan kertas atau tisu hingga bersih.

Nah itu dia deretan cara menghilangkan cipratan minyak di tembok yang efektif dan bisa kamu coba di rumah. Tembok dapurmu dijamin bakal bersih dari percikkan noda minyak membandel yang mengganggu kebersihannya. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar