Pentingnya Mengaplikasikan Cat Dasar Sebelum Pengecatan Tembok

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 23 Maret 2021 19:00
Pentingnya Mengaplikasikan Cat Dasar Sebelum Pengecatan Tembok
Mengecat tembok jadi makin mudah dengan aplikasikan cat dasar sebelumnya.

Bagi Moms yang berencana akan mengecat dinding rumah, alangkah baiknya sebelum mengaplikasikan cat akhir atau top coat, Moms perlu mengaplikasikan cat dasar terlebih dahulu. Hal tersebut untuk mendapatkan hasil pengecatan yang baik.

Melansir dari Edupaint.com Selasa (23/3/2021), berikut ini adalah beberapa hal tentang pentingnya mengaplikasikan cat dasar yang perlu Moms ketahui.

1 dari 4 halaman

Merekatkan cat baru pada dinding lama (lapisan pengikat top coating).

Jika Moms akan mengecat dinding lama yang catnya telah mengelupas, tentu harus melapisinya dengan cat dasar terlebih dahulu. Sebelumnya, bersihkan permukaan dinding dari cat lama. Cat dasar ini memiliki peran penting dalam merekatkan cat, sehingga cat baru tidak mudah mengelupas dan lebih tahan lama.

2 dari 4 halaman

Menutup pori-pori atau permukaan yang tidak rata.

Teknik Mengecat Dinding © Diadona

Ketika Moms sudah selesai mengaplikasikan dempul/plamir pada dinding baru, biasanya masih terdapat pori-pori dan permukaan yang tidak rata. Penggunaan cat dasar ini juga berperan penting menutup lapisan yang masih belum rata tersebut.

3 dari 4 halaman

Mencegah alkali masuk ke lapisan cat.

Kandungan alkali yang tinggi, terutama pada dinding yang masih baru, bisa merusak cat dinding lho Moms. Penggunaan cat dasar berguna untuk menjadi penyekat antara lapisan dinding dalam dan luar, sehingga kandungan alkali tidak akan masuk ke lapisan cat. Dengan mencegah alkali masuk ke lapisan cat, maka cat akan terhindar dari pengapuran.

4 dari 4 halaman

Menghemat penggunaan cat akhir.

Cara Mengecat Tembok © Diadona

Umumnya, untuk mendapatkan hasil pengecatan yang maksimal, kita harus mengaplikasikan cat akhir sampai berkali-kali. Namun, dengan menggunakan cat dasar terlebih dahulu, warna cat akhir akan tampak lebih indah meskipun hanya mengaplikasikan 2 lapis saja.

Itu tadi beberapa informasi terkait pentingnya mengaplikasikan cat dasar sebelum mengecat tembok. Semoga membantu ya Moms.

Beri Komentar