8 Tips Cermin Tetap Kinclong, Bersih dan Cerah Seperti Baru dengan Mudah

Reporter : Arifina
Kamis, 2 Mei 2024 17:50
8 Tips Cermin Tetap Kinclong, Bersih dan Cerah Seperti Baru dengan Mudah
Biar cermin selalu kinclong ada caranya nih!

Tips cermin tetap kinclong perlu diperhatikan dengan seksama. Hal ini, agar area cermin tidak menjadi ternoda dan tetap bersih seperti baru sepanjang hari.

Cermin yang bersih dan kinclong dapat memberikan tampilan yang menyegarkan pada ruangan. Selain itu juga dapat menciptakan atmosfer yang tampak lebih cerah.

Cermin merupakan salah satu elemen penting di dalam rumah. Tidak hanya untuk membantu memperlihatkan penampilan sudah menarik atau belum, tetapi juga untuk memperluas ruangan dan memberikan kesan bersih.

1 dari 9 halaman

Ide Dekorasi Ruangan dengan Cermin © Diadona

Namun, seringkali cermin menjadi mudah kotor dan kehilangan kilauannya karena debu, noda, atau kotoran lainnya. Kondisi cermin kotor dan kusam dapat merusak keindahan ruangan, bahkan membuat mood hilang untuk mengaca di depannya.

Tapi, tidak perlu khawatir berlebih, karena kamu bisa membuat cermin di rumah tetap kinclong dan selalu terlihat baru dengan mudah. Simak tips berikut yang dilansir diadona.id dari berbagai sumber!

 

2 dari 9 halaman

Gunakan Kain Mikrofiber

Kain mikrofiber yang lembut menjadi salah satu alat yang ampuh untuk membuat cermin mejadi kinclong. Kain ini efektif dalam mengangkat debu, noda, dan kotoran tanpa meninggalkan goresan atau jejak pada permukaan cermin.

Pastikan kamu mengelap cermin dari ujung ke ujung, lalu dari atas ke Bawah. Perlu diperhatikan, jagan menggunakan gerakan memutar untuk membersihkan cermin ya.

Kemudian, lihat dari berbagai sudut adakah goresan atau debu yang menempel agar bisa dibersihkan dengan tepat.

 

3 dari 9 halaman

Cuka Putih

Ilustrasi Cuka Putih © Diadona

Cairan cuka putih bisa menjadi salah satu bahan yang ampuh untuk membuat cermin kinclong dan bersih. Caranya pun sangat mudah, karena kamu cucup meneteskan cuka putih di atas handuk kertas.

Kemudian, gosok cermin dengan perlahan-lahan hingga bersih. Dijamin cermin akan berkilau dan bebas dari noda-noda menempel.

 

4 dari 9 halaman

Buat Campuran Pembersih

Air pembersih yang tepat dapat membuat cermin selalu kinclong. Kamu bisa menggunakan campuran air hangat dan cuka putih untuk larutan pembersih lho!

Campurkan air hangat dengan cuka putih dengan perbandingan 1:1, lalu masukkan ke dalam botol semprot. Lalu semprotkan ke kain halus, dan lap bagian cermin dengan perlahan.

Hindari penggunaan pembersih kaca yang mengandung bahan kimia keras karena dapat merusak permukaan cermin.

 

5 dari 9 halaman

Lap Cermin dengan Pola S

Tips Cermin Tetap Kinclong © Diadona

Ternyata, untuk membuat cermin kinclong ada pola yang harus dilakukan saat mengelapnya dengan kain. Kamu tidak bisa asal begitu saja untuk menggosok cermin dari berbagai sisi.

Untuk hasil terbaik, maka terapkan mengelap cermin dengan pola S. Mulai dari bagian atas ke Bawah dengan rapat ya.

Pastikan saat proses ini kamu lakukan dalam satu kali udapan saja.

 

6 dari 9 halaman

Jaga Kebersihan Sekitar Cermin

Selain membersihkan permukaan cermin secara rutin, penting juga untuk menjaga kebersihan area sekitar cermin. Hindari menyemprotkan parfum, hairspray, atau produk lain yang dapat mengotori permukaan cermin secara tidak sengaja.

Jaga area sekitar cermin tetap bersih dan bebas dari debu atau kotoran yang dapat merusak kilauan cermin.

 

7 dari 9 halaman

Buat Pasta Baking Soda

baking soda © Diadona

Tips lainnya untuk membuat cermin kinclong akibat terkena noda membandel, kamu bisa membuat pasta baking soda. Caranya mudah, campurkan cuka putih dengan baking soda.

Pastikan hasilnya benar-benar membentuk pasta seperti pasta gigi. Lalu, oleskan pada noda di cermin dan gosok perlahan dengan jari.

Biarkan mengerin, lalu gunakan kain bersih yang halus untuk menyekas pasta tersebut pada cermin.

 

8 dari 9 halaman

Manfaatkan Alkohol

Alkohol bisa jadi pilihan lain untuk membuat cermin tetap kinclong. Apalagi, jika cermin terkena cipratan parfum, shampoo, hingga noda sentuhan jari.

Cukup tuangkan alcohol pada kapas, lalu lap di bagian titik-titik yang terkena noda. Ulangi dengan membersihkannya menggunakan kain microfiber untuk hasil akhir yang maksimal ya!

 

9 dari 9 halaman

Hindari Menyentuh Cermin

Ide Dekorasi Ruangan dengan Cermin © Diadona

Cermin memang area yang gampang sekali kotor. Mulai dari bebu hingga sentuhan tangan yang tidah sengaja.

Karena itu, upayakan untuk selalu menghindari sentuhan ke cermin dengan jari atau tangan. Sebab, hal itu akan meninggalkan bekas noda dan membuat cermin kurang sedap dipandang.

Itulah tips cermin tetap kinclong seperti baru yang bisa kamu praktikkan di rumah. Kini, menjaga agar cermin tetap kinclong dan bersinar sepanjang waktu, kamu bisa menciptakan tampilan yang segar dan bersih di dalam ruangan dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar