9 Cara Mengatasi Tembok Rembes: Tips dan Trik yang Efektif

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 24 Februari 2023 14:01
9 Cara Mengatasi Tembok Rembes: Tips dan Trik yang Efektif
di antara cara mengatasi tembok rembes diantaranya memperbaiki saluran ar yang bocor,

Tembok rembes menjadi masalah umum yang sering dihadapi oleh banyak orang. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada rumah dan juga membahayakan penghuninya jika sudah dalam tahap parah. Makanya, mengatasi tembok rembes harus dilakukan segera.

Apa penyebab tembok rembes?

Penyebab tembok rembes bisa bermacam-macam, diantaranya :

  1. Tembok yang saling berdempetan
  2. Dekat dengan ruangan basah, misalnya kamar mandi
  3. Ruangan lembab atau tidak cukup terkena sinar matahari
  4. Air tanah yang diserap oleh tembok
  5. Bocornya saluran pipa dan talang
  6. Proses pengacian yang tidak sempurna

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang akan membantu kamu mengatasi masalah tersebut.

1 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Tembok Rembes yang Efektif

Cara Mengatasi Tembok Rembes © Diadona

Musim hujan kayak gini, beberapa rumah akan menhalami tembok rembes deh. Biar nggak sampai parah, ini nih beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Pastikan Talang Air dan Saluran Pipa Aman

Penyebab utama tembok rembes adalah kelembaban yang berlebihan pada dinding. Salah satu faktor yang mempengaruhi kelembaban pada dinding adalah talang air dan saluran pipa yang tidak berfungsi dengan baik.

Jadi, pastikan bahwa talang air dan pipa air yang ada di rumah tidak bocor atau tersumbat. Pastikan juga nih bahwa saluran air selalu bersih dan lancar sehingga air hujan tidak menumpuk di sekitar tembok.

2. Buat Sirkulasi Udara yang Bagus

Kemudian, sirkulasi udara yang buruk dapat menyebabkan kelembaban pada dinding dan meningkatkan risiko tembok rembes. Pastikan bahwa ruangan di sekitar tembok memiliki sirkulasi udara yang baik dengan memasang ventilasi tambahan atau jendela.

Pastikan juga Diazens, bahwa ruangan tidak terlalu lembab atau kamu bisa menggunakan alat pengering udara atau dehumidifier.

2 dari 4 halaman

3. Perbaiki Plester dan Acian

Cara Mengatasi Tembok Rembes © Diadona

Selanjutnya nih, plester dan acian yang rusak atau tidak rata dapat memperburuk kondisi tembok rembes. Pastikan untuk memperbaiki dan meratakan plester dan acian pada dinding rembes di rumah kamu..

Nah, untuk langkah ini kamu dapat menggunakan bahan plester dan acian yang berkualitas tinggi untuk menghindari kerusakan pada masa depan.

4. Pakai Cat Waterproof

Kemudian, menggunakan cat waterproof adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah kelembaban dan tembok rembes. Cat waterproof dapat membuat dinding di rumah lebih tahan air dan mampu menjaga kelembaban

Jangan lupa, pastikan untuk memilih cat waterproof yang berkualitas dan sesuai dengan jenis tembok.

5. Lapisi Tembok dengan Weldcrete Coating

Weldcrete coating adalah bahan pengisi retak yang dapat membantu mengatasi tembok rembes dengan efektif. Bahan ini dapat digunakan untuk melapisi tembok yang sudah retak atau rusak, sehingga membuatnya lebih kuat dan tahan lama. Weldcrete coating juga dapat membantu memperkuat plester dan acian pada dinding oh Diazens.

3 dari 4 halaman

Mengenal Faktor Penyebab Tembok Rembes dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Tembok Rembes © Diadona

Setelah tadi sudah tahu bagaimana cara mengatasi tembok rembes, sekarang waktunya mengetahui faktor-faktor penyebab tembok rembes. Ini juga gak kalah penting lod Diazens, agar kamu dapat mengambil tindakan yang tepat dan menghindari kerusakan yang lebih parah pada tembok.

Berikut ini adalah penjelasan lebih detail mengenai faktor-faktor penyebab tembok rembes. Yuk simak bareng-bareng.

1. Tingkat Kelembapan

Salah satu penyebab utama tembok rembes adalah tingkat kelembapan yang berlebihan pada dinding. Kelembapan yang tinggi pada dinding dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti sirkulasi udara yang buruk atau kelebihan air pada tanah di sekitar tembok.

Nah, kelembapan pada dinding yang tidak diatasi ini dapat menyebabkan kerusakan pada dinding rumah. Oleh karena itu, perlu untuk menjaga sirkulasi udara dan menjaga kelembapan dinding di bawah kendali dengan menggunakan dehumidifier atau alat pengering udara.

2. Talang atau Pipa Air Bocor

Lalu, talang air dan pipa air yang bocor juga dapat menyebabkan tembok rembes. Air yang bocor dari talang atau pipa air dapat merusak plester, acian, dan cat pada tembok. Sehingga akan memperburuk kondisi tembok rembes.

So, pastikan bahwa talang air dan pipa air di sekitar rumah berada dalam kondisi baik dan tidak bocor. Bersihkan talang air secara teratur dan perbaiki pipa air yang bocor secepat mungkin untuk menghindari terjadinya tembok rembes.

4 dari 4 halaman

3. Curah Hujan Tinggi

Lanjut ya, curah hujan yang tinggi juga dapat menyebabkan peningkatan kelembapan pada dinding dan mempercepat terjadinya tembok rembes. Terutama jika talang air rumah bocor, air hujan yang berlebihan dapat menumpuk dan merusak dinding.

Sebagai solusinya, pastikan talang air dan pipa air dalam kondisi baik dan bersih, serta periksa dinding rumah secara teratur untuk menghindari terjadinya tembok rembes.

4. Proses Pengacian Dinding yang Salah

Yang nggak bisa kamu lupakan juga nih, proses pengacian dinding yang salah juga dapat menyebabkan terjadinya tembok rembes. Pengacian dinding yang tidak rata atau terlalu tipis dapat menyebabkan kelembapan masuk ke dalam dinding dan memperburuk kondisi tembok rembes.

Oleh karena itu, pastikan proses pengacian dilakukan dengan benar dan menggunakan bahan yang berkualitas. Juga pastikan agar acian benar-benar kering sebelum kamu mengecat tembok.

Jadi itulah beberapa cara mengatasi tembok rembes dan juga beberapa faktor penyebabnya yang harus kamu ketahui. Jadi, selamat mencoba deh ya Diazens!

Beri Komentar