Cara Mengatasi AC Tidak Dingin dan Beberapa Penyebabnya yang Harus Kamu Tahu

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 19 Desember 2022 12:00
Cara Mengatasi AC Tidak Dingin dan Beberapa Penyebabnya yang Harus Kamu Tahu
Cara mengatasi tidak dingin kelihatannya sepele tapi penting coy!

AC di zaman sekarang sudah menjadi kebutuhan manusia yang sulit untuk dihindari, apalagi yang hidup di daerah-daerah perkotaan. Namun yang namanya barang elektronik pasti nggak jauh dari masalah-masalah kerusakan, seperti ketika AC tidak dingin.

Lalu bagaimana cara mengatasi AC tidak dingin?

Jika kamu sedang mencari cara mengatasi AC tidak dingin, maka kamu sudah berada di jalan yang tepat karena artikel ini akan membahasnya. Bahkan lengkap dengan penyebab-penyebabnya.

Dan nggak perlu berlama-lama mari kita simak beberapa cara mengatasi AC tidak dingin ini yuk. Gas kita tengok bareng-bareng, mulai dari penyebab-penyebabnya dulu ya.

1 dari 4 halaman

Penyebab AC tidak Dingin

Cara Mengatasi AC Tidak Dingin © Diadona

Penyebab AC tidak dingin sangatlah beragam. Seperti halnya beberapa penyebab di bawah ini yang bisa saja membuat AC tidak berfungsi optimal.

1. Kehabisan atau kerusakan pada freon

Masalah yang kerap terjadi pada AC adalah yang mengenai bagian freon. entah itu habis, atau pun terjadi kerusakan se[erti bocor dan lainnya, freon memang sering kali menjadi pangkal masalah AC tidak dingin.

2. Filter AC kotor

Kemudian, filter yang berfungsi menyarung udara kotor di dalam AC juga bisa jadi penyebab saat filter tersebut kotor dan tersumbat. Filter AC yang todak bekerja maksimal juga bisa membuat udara tidak dingin.

2 dari 4 halaman

3. Kondensor AC kotor

Sama seperti filter AC, kondensor yang kotor juga tidak bisa berfungsi dengan baik untuk kinerja AC dan bisa membuat udara tidak dingin. Kondensor sendiri adalah bagian pada alat pendingin ruangan membuang suhu panas hasil kerja kompresor.

4. Ampere kompresor sudah melebihi batas

Ampere pada bagian kompresor yang sudah melebihi batas normal juga penyebab kenapa AC tidak dingin. Kompresor yang lemah menunjukkan bahwa terjadi penurunan pada kinerja AC yang artinya Anda harus segera mengganti AC yang baru.

5. Besaran PK tidak sesuai

Terakhir adalah besaran PK AC dan luas ruangan yang tidak seimbang. Jangan sampai kamu menggunakan AC dengan PK kecil untuk satu ruangan yang sangat luas. Hal ini tidak akan membuat suhu ruangan dingin.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi AC Tidak Dingin

Cara Mengatasi AC Tidak Dingin © Diadona

Nah, cara mengatasi AC tidak dingin karena beberapa penyebab di atas itu bisa ada yang kamu lakukan sendiri dan ada yang mau nggak mau harus menggunakan jasa teknisi.

1. Perawatan dan pembersihan secara rutin

Yang jelas, cara mengatasi AC tidak dingin yang pertama adalah dengan melakukan pembersihan dan perawatan secara rutin. Dengan demikian kamu pasti akan mengatahui bagaian mana yang tidak berfungsi dan bagaian mana yang nantinya harus diganti.

2. Pasang AC sesuai ukuran

Cara mengatasi AC tidak dingin yang selanjuntnya adalah dengan memasang AC yang sesuai. Jika ruanganya tidak begitu besar ya pasang PK rendah, jika ruangannya cukup luas yang pasang PK yang agak besar.

Misalnya AC 1/2 PK untuk ruangan dengan luas 9-10 m2. Lalu AC 2 PK untuk ruangan seluas 36-40 m2.

4 dari 4 halaman

3. Setting dengan benar

Yang nggak kalah penting dalam cara mengatasi AC tidak dingin adalah settingan pada AC yang harus kamu ketahui betul. Terkadang, AC tidak dingin bukan karena AC bermasalah, melainkan ada yang kurang tepat dengan settingan yang digunakan.

So, pahami dengan detail mana yang akan membuat AC dingin atau tidak. pastikan sesuai dengan peraturan penggunaan AC yang ada. Misalnya saat menggunakan AC tidak membuka pintu dan jendela, atau tidak membiarkan AC hidup saat tidak digunakan.

4. Hubungi teknisi

Cara mengatasi AC tidak dingin selanjutnya adalah dengan menghubungi teknisi. Hal ini juga harus kamu lakukan jika masalah AC tidak dingin sudah di luar kemampuannmu. Dari pada nanti semakin rusak parah, ya mending hubungi teknisi aja.

Jadi itu ya Diazens, beberapa cara mengatasi AC tidak dingin yang semoga saja bisa bermanfaat bagi kita semua. So, selamat mencoba ya!

Beri Komentar