18 Cara Menggemukkan Badan secara Alami dan Sehat tanpa Obat

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 14 Februari 2024 15:17
18 Cara Menggemukkan Badan secara Alami dan Sehat tanpa Obat
Terlalu kurus sering dikaitkan dengan penampilan dan kesehatan yang kurang. Selain banyak makan, yuk intip apa lagi cara menggemukkan badan yang bisa kamu lakukan.

Ketika beberapa orang berjuang dengan kelebihan berat badan, beberapa orang yang lain justru punya berat badan yang kurang. Meskipun nggak selalu berkaitan dengan buruknya kesehatan, kekurangan berat badan kadang dinilai tidak menarik secara visual dan banyak orang pengen tahu gimana cara menggemukkan badan.

Dalam Indeks Masa Tubuh (BMI), kurang berat badan didefinisikan dengan angka di bawah 18.5. Standar angka ini dianggap sebagai ambang untuk seseorang bisa mempertahankan kesehatan yang optimal.

Namun, perlu diingat bahwa ada banyak masalah dengan skala BMI, yang hanya terlihat pada berat dan tinggi tanpa memperhitungkan massa otot. Padahal, bisa saja rang secara alami sangat kurus tetapi masih sehat. Menjadi kurus menurut skala ini nggak selalu berarti punya masalah kesehatan.

1 dari 7 halaman

Kenapa sih Seseorang Nggak Bisa Gemuk?

Pasti kalian punya teman yang hobinya makan banyak tapi badannya segitu-gitu aja, alias tidak bisa gemuk. Penasaran gak sih kenapa bisa begitu?

Nah ternyata ada dua faktor yang mempengaruhi loh, dikutip dari Healthline. Pertama genetik, faktor utama yang satu ini membuat seseorang tidak bisa gemuk loh. Genetik sendiri berperan penting dalam membentuk tipe tubuh secara alami. 

Selain itu, kondisi ataupun perawatan medis yang diidap seseorang juga dapat menyebabkan seseorang tidak bisa gemuk. Karena pada kondisi tertentu dapat menyebabkan penurunan berat badan atau kesulitan menambah berat badan sehingga tidak bisa gemuk. 

Makan Apa ya Biar Cepat Gendut?

Mengkonsumsi makanan tinggi kalori adalah cara yang instan menambah berat badan, dialnsir dari Healthline. Namun, jika dikonsumsi berlebih tidak baik untuk jangka panjang karena dapat menyebabkan resiko serangan jantung, diabetes dan kanker. 

Oleh karena itu untuk menambah berat badan dengan cara yang aman dan sehat, fokuslah dengan mengkonsumsi makanan padat yang kaya akan nutrisi. Selain itu imbangi juga dengan gaya hidup sehat seperti olahraga dan pola tidur yang cukup. 

2 dari 7 halaman

Cara Menggemukkan Badan buat Cowok © Diadona

Nggak boleh menyerah, terapkan beberapa cara menggemukan badan ini untuk menambah berat tubuh kamu jadi lebih sehat dan penampilan lebih menarik.

Konsumsi Makanan Tinggi Nutrisi

Buat kamu yang berniat untuk menaikkan berat badan, jangan sampai asal pilih jenis makanan yang akan dikonsumsi ya. Jika tidak, selain menambah berat badan nantinya juga akan menambah beban penyakit karena konsumsi makanan yang asal. 

Nah cara yang sehat untuk menggemukan badan adalah dengan memperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi. Hindari mengkonsumsi makanan berlemak dan kadar gula tinggi, karena tidak baik bagi kesehatan dalam jangka panjang. 

Konsumsilah makanan dengan tinggi nutrisi dan gizi seimbang seperti buah, sayur, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, ikan dan tempe. Agar berat badan naik dengan seimbang dan sehat. 

Makan Kacang Almond

Nggak cuman memberikan manfaat vitamin, dalam satu genggam kacang ini terdapat 7 gram protein dan 18 gram lemak sehat. Selain itu, konsumsi kacang almond hanya dua genggam per haridapat dengan cepat menambah ratusan kalori. Namun dalam cara menggemukkan badan dengan kacang almond, pastikan untuk mengkonsumsinya tanpa tambahan gula atau minyak.

Banyak Makan Camilan

Meskipun camilan disarankan sebagai cara menggemukkan badan, kamu harus tetap berhati-hati dengan apa yang kamu makan. Jangan sampai kamu jaid kelebihan gula atau lemak. Nah, untuk itu coba deh kamu makan camilan sehat yang juga kaya nutrisi seperti yogurt, granola, dan lainnya.

Makan Banyak Protein

Tahu nggak sih kalau protein merupakan nutrisi tunggal yang sangat penting sebagai cara menggemukkan badan? Studi menunjukkan bahwa selama periode makan berlebih, diet tinggi protein menyebabkan banyak kalori ekstra diubah menjadi otot. Itu artinya, kamu akan mendapatkan berat badan yang lebih untuk otot kamu, bukannya lemak.

Namun perlu diingat kalau konsumsi protein sebagai cara menggemukkan badan, adalah pedang bermata dua. Protein juga sangat mengenyangkan, yang dapat mengurangi rasa lapar dan nafsu makan secara signifikan.

Sangat penting buat mencari cara menggemukkan badan dengan benar. Misalnya, jangan asal makan makanan berkalori tinggi namun ternyata punya banyak kandungan lemak trans atau gula berlebihan.

3 dari 7 halaman

Memilih Makanan yang Baik untuk Menaikkan Berat Badan © Diadona

Tingkatkan Konsumsi Karbohidrat dan Lemak

Cara selanjutnya dalam menaikkan berat badan adalah  menambah asupan kalori sebanyak 300-500 kkal per hari. Untuk memenuhi kebutuhan kalori ini, kamu bisa meningkatkan konsumsi makanan yang padat kalori seperti asupan karbo dan lemak. 

Lemak dan karbohidrat pada makanan dapat membantu menambah kecukupan energi dan jaringan lemak. Namun, perlu diperhatikan karbo dan lemak yang dipilih haruslah sehat., ya!

Lemak yang sehat untuk dikonsumsi haruslah yang mengandung omega-3 dan omega-6, agar tidak menyebabkan penimbunan lemak di pembuluh darah. 

Beberapa referensi makanan termasuk padat kalori yang sehat untuk dikonsumsi saat menambah berat badan diantaranya, daging merah, salmon, ayam, telur, kacang-kacangan, kentang, gandum, nasi merah, olahan susu seperti keju dan yogurt.

Konsumsi Makanan Tinggi Energi

Makanan yang tinggi kalori seringkali dicap negatif karena dianggap dapat meningkatkan risiko obesitas. Namun, disisi lain jika kamu ingin meningkatkan berat badan ini adalah salah satu cara yang tepat untuk dicoba. 

Kalori sebetulnya berfungsi sebagai sumber energi yang penting unutk menjalankan akivitas sehari-hari. Perlu diingat bahwa kebutuhan kalori setiap orang itu berbeda tergantung usia, jenis kelamin dan kondisi.  

Tambah Kalori ke Tubuh Kamu

Hal paling yang harus kamu lakukan sebagai cara menggemukkan badan, yakni untuk menambah berat badan adalah membuat kelebihan kalori, yang berarti Anda makan lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan tubuh Anda.

Jika kamu ingin cara mengggemukkan badan, tambah 300-500 kalori lebih banyak daripada yang kamu bakar setiap hari menurut kalkulator.

Mengonsumsi Makanan Berlemak Baik

Salah satu asupan nutrisi yang perlu dipenuhi untuk menaikkan berat badan adalah lemak sehat atau lemak tak jenuh, seperti omega-3 dan omega-6. Lemak baik ini punya tugas penting dalam mendistribusikan nutrisi dan vitamin ke seluruh tubuh.

Jenis lemak ini kaya akan kalori dan baik untuk memelihara kesehatan tubuh soalnya nggak bikin penimbunan lemak di pembuluh darah atau aterosklerosis. Contoh makanan yang banyak mengandung lemak sehat adalah ikan, alpukat, telur, dan kacang-kacangan.

4 dari 7 halaman

Cermat dalam Memilih Makanan untuk Menggemukkan Berat Badan © Diadona

Memilih Makanan dengan Cermat

Cermati asupan makanan sehari-hari yang akan kamu konsumsi dengan memilih makanan tinggi kalori, namun perlu diperhatikan yang mengandung lemak sehat dan tinggi protein agar bergizi seimbang.  

Selain cermat dalam hal memilih makanan utama, camilan yang kamu konsumsi juga harus perlu dipilih dengan baik. Pilihlah camilan sehat dan kaya nutrisi, seperti coklat hitam, buah-buahan, roti gandum dan yogurt sebagai sumber kalori tambahan.

Meski bertujuan menambah berat badan, usahakan untuk menghindari jenis makanan seperti gorengan, karena mengandung minyak jenuh dan tinggi kolesterol.

Perbanyak Minum Susu

Susu adalah minuman yang kaya protein yang baik untuk tubuh. Selain dikenal mengandung  menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi karena kandungan kalsium di dalamnya, mengkonsumsi susu ternyata juga dapat membantu menambah berat badan.  

Susu dan produk olahannya seperti keju dan yoghurt, merupakan sumber lemak, kalori, dan protein yang baik bagi tubuh. Rutin mengkonsumsi susu setidaknya 1 atau 2 gelas per hari dapat membantu kamu menambah berat badan dengan cara yang efektif. 

Susu telah digunakan sebagai cara menggemukkan badan atau pembangun otot selama beberapa tahun terakhir. Nggak cuman itu, susu juga memberikan keseimbangan protein, karbohidrat dan lemak yang baik, serta kalsium dan vitamin serta mineral.

5 dari 7 halaman

Olahraga untuk Menggemukkan Badan © Diadona

Olahraga

Selain dengan menambah porsi makan, aktivitas fisik seperti olahraga juga perlu dilakukan untuk menggemukan badan. Lho, bukannya malah bikin kurus yah!

Olahraga rutin yang kamu lakukan juga dapat membantu meningkatkan massa otot yang berujung meningkatkan berat badan. Tak hanya itu, aktivitas fisik seperti olahraga juga dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga asupan kalori dan nutrisi bisa lebih baik tercukupi. 

Hindari Rokok

Selain tidak baik bagi kesehatan sistem pernafasan, penelitian menjelaskan kalau orang yang merokok cenderung susah naik berat badan. Makanya kalau kamu ingin cara menggemukkan berat badan, penting buat stop dlu aktivitas merokok kamu.

Hal tersebut bisa terjadi karena kandungan nikotin dalam rokok dapat mengganggu kadar hormon dalam tubuh sehingga menurunkan nafsu makan seseorang. 

Selain bikin nafsu makan bertambah, berhenti merokok juga bisa menyebabkan perubahan lain yang berdampak pada kenaikan berat badan. Di antaranya adalah mengembalikan cita rasa makanan dan menormalkan ritme metabolisme tubuh.

Makanya saat seseorang berhenti merokok, mereka akan cenderung lebih cepat naik berat badan.

6 dari 7 halaman

 Makan Lebih untuk Cara Menaikkan Berat Badan © Diadona

Makan Lebih Sering

Cara menggemukkan badan dengan makan lebih sering sih pasti sudah kamu ketahui ya. Usahakan untuk makan minimal tiga kali sehari. Namun untuk kamu yang kesulitan memenuhi jumlah ini karena selalu kurang berselar, nggak ada salahnya kok untuk mengambil suplemen peningkat nafsu makan.

Tambahkan Bumbu dalam Masakan

Cara menggemukkan badan biasanya didominasi oleh makanan tunggal yang rasanya cenderung nggak enak. Makanya, biar konsumsi makanan kamu banyak sebagai cara menggemukkan badan, maka tambahkan bumbu biar rasa makananmu enak.

Jangan Minum Air Putih sebelum Makan

Salah satu cara menggemukkan badan yakni dengan memasukkan banyak kalori ke tubuh kamu. Sayangnya, hal ini akan bertentangan kalau kamu sudah mengisi perut kamu dengan minuman terlebih dahulu. 

7 dari 7 halaman

Istirahat yang Cukup untuk Menaikkan Berat Badan © Diadona

Gunakan Piring yang Lebih Besar

Saat kamu menggunakan piring yang lebih besar, maka kamu akan cenderung mengambil makanan yang lebih banyak. Setelah makanan tersebut ada di piring kamu, maka kamu jadi berkewajiban untuk menghabiskannya. Kamu akan mengambil banyak kalori, dan pada akhirnya secara tidak langsung jadi cara menggemukkan badan.

Makan Lebih Sering

Nggak cukup di saat pagi, siang atau malam saja namun pastikan juga kamu mengambil piring dan maksn di sela jam tersebut. Terlalu penuh? Usahakan untuk mengambil menu sedikit saja, tapi pastikan itu adalah kalori tambahan untuk tubuh kamu sebagai cara menggemukkan badan.

Istirahat yang Cukup

Terakhir dan tidak kalah penting. Setelah memaksimalkan asupan dan aktivitas fisik, istirahat yang cukup adalah hal penting yang tidak boleh sampai di abaikan. Untuk meningkatkan berat badan dan menjaganya tetap ideal, sangat disarankan untuk istirahat atau tidur yang cukup setiap malamnya. 

Tidur yang cukup, terlebih pada waktu malam, berperan penting dalam menunjang proses terbentuknya jaringan pada tubuh. Untuk waktu tidur yang dapat dikatakan ideal bagi orang dewasa adalah 7–9 jam setiap malam. 

 Cara menaikkan berat badan memang terlihat gampang untuk sebagian orang, namuk memerlukan perjuangan untuk yang lainnya. Yang terpenting adalah gunakan langkah-langkah dan konsumsi makanan yang tepat ya!

Penulis : Dhewi Bayu, Husnul Khotimah

Beri Komentar