3 Cara Memasak Terong Pipit Agar Tidak Pahit dan Lezat Disantap

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 19 Desember 2022 14:32
3 Cara Memasak Terong Pipit Agar Tidak Pahit dan Lezat Disantap
Terong pipit memiliki rasa pahit yang dinikmati oleh penggemarnya. Dengan cara pengolahan dan resep yang tepat, rasa pahit tersebut mengubah sajian jadi lebih nikmat

Nama bahan makanan ini memang terong, tapi terong pipitberbentuk bulat seperti leunca. Secara umum, terong pipit memiliki rasa yang sama dengan terong biasanya hanya saja ada sedikit rasa pahit. Sama halnya seperti bahan makanan dengan cita rasa pahit lainya, hanya beberapa orang yang menyukai terong pipit ini.

Di beberapa daerah, sebutan terong pipit sangat beragam. Masyarakat Jawa Tengah menyebutnya dengan Terong Cepoka, sementara Jawa Barat dikenal dengan sebutan Takokak. Di daerah mu disebut dengan apa?

Di beberapa daerah, terong pipit biasa disantap dalam olahan tumis, sambal goreng hingga gulai. Ada juga yang memasaknya sebagai sup atau tauco.Rasanya pahit dan sebagian orang justru menyukai rasa pahit tersebut.

1 dari 2 halaman

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini cara memasak terong pipt agar tidak pahit

Gunakan Minyak Panas

Siapkan wajan dengan minyak panas lalu masukkan terong pipit. Tutup penggorengan dan kecilkan api. Tunggu selama beberapa menit lalu oseng sebentar. Jika kulitnya sudah berwarna putih, angkat dan tiriskan.

Rebus Terlebih Dahulu

Cara memasak terong pipit agar tidak pahit lainnya yakni dengan merebusnya terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit. Sebelum direbus, pastikan terong pipit langsung direndam dengan air segera setelah dipetik. Ini bertujuan agar terong pipit tidak menghitam.

Belah Terong Pipit jadi Dua

Bila tak sempat merebusnya sebagai cara memasak terong pipit agar tidak pahit, maka kamu bisa membelah terong jadi dua bagian. Selanjutnya, siram dengan air panas agar getah penyebab rasa pahit pada terong pipit bisa keluar. Atau belah terong pipit lalu merebusnya juga oke banget sih.

 

2 dari 2 halaman

Nikmati kelezatan dan segigit rasa pahit dari terong pipit dengan resep berikut ini

Sambal Teri dengan Terong Pipit

Resep Sambal Terong Terong Pipit © Diadona

Bahan :

  • 100 gram pokak/takokak
  • 50 gram ikan teri
  • 2 lembar daun jeruk
  • secukupnya Gula dan garam

Bumbu halus:

  • 5 buah Bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah cabe merah besar
  • 7 buah cabe rawit merah

Cara Membuat

  • Goreng ikan teri sampai matang dan kering. Sisihkan
  • Keluarkan isi pokak dengan cara di ulek kasar, agar mudah dikeluarkan isinya saya rebus sebentar atau bisa juga langsung di ulek ya, sesuai selera saja.
  • Tumis bumbu halus, tambahkan pokak/Takokak. Beri air, masak sampai matang. Tambahkan ikan teri, gula dan garam, aduk rata dan masak sampai bumbu meresep. Angkat dan sajikan

Dengan caramemaak teron pipit agar tidak pahi, nikmati sajian lezat yang bikin ketagihan.

Beri Komentar