8 Cara Agar Kue Kering Renyah Tahan Lama, Cocok buat Bikin Stok Lebaran atau Dijual

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 16 Desember 2022 20:39
8 Cara Agar Kue Kering Renyah Tahan Lama, Cocok buat Bikin Stok Lebaran atau Dijual
Di antara cara agar kue kering renyah tahan lama yakni dengan teknik penyimpanan yang tepat.

Selain resep yang bikin cita rasa pas, kerenyahan dan ketahanan kue kering jadi faktor penentu kualitasnya. Dengan menerapkan beberapa cara agar kue kering renyah tahan lama, kue kering bisa bertahan antara satu sampai enam bulan. Dengan catatan, kue belum dibuka dari kemasannya sama sekali.

Cara agar kue kue renyah dan tahan lama tergantung pada banyak hal, mulai dari bahan yang digunakan hingga cara pengemasan. Cari tahu penjelasan lengkapnya dari artikel di bawah ini yuk!

1 dari 4 halaman

Cara Agar Kue Kering Renyah Tahan Lama © Diadona

Sangrai Tepung

Menyanggrai bahan tepung memang nggak sepenuhnya bisa menjadi cara agar kue kering renyah dan tahan lama, namun bisa mengurangi kandungan air dalam bahan yang membuat kue jadi lembab dan cepat tengik. Proses penyanggraian tepung nggak butuh waktu lama kok, hanya sampai kue terasa hangat. Sanggrai tepung dengan membolak-balikkannya agar tepung tidak gosong.

Pastikan Kue Kering Matang Sempurna

Sebelum dikeluarkan dari oven, pastikan kue kering sudah matang sempurna, terutama di bagian tengah. Sebab kue kering yang kurang matang masih memiliki kandungan air yang tinggi. Akibatnya, kue jadi kurang renyah dan tidak awet.

2 dari 4 halaman

Cara Agar Kue Kering Renyah Tahan Lama © Diadona

Gunakan Cooling Rack

Suka bikin cookes? Nggak ada salahnya melengkapi peralatan dapur dengan cooling rack untuk mendinginkan kue setelah dikeluarkan dari oven.

Setelah kue kering dikeluaran dari oven dan masih berada di atas loyang, kue masih akanterus terpanggang dan bisa menjadi terlalu matang dalam waktu yang singkat. Cooling rack memungkinkan udara bersirkulasi di bawah kue, mendinginkannya dengan cepat dan menyeluruh.

Simpan di Toples Rapat

Menyimpan kue kering di toples yang rapat adalah cara agara kue kering renyah tahan lama yang pertama. Dengan menutupnya rapat, kuekering akan terhindar dari udara luar yang membuatnya jadi 'melempem'.

3 dari 4 halaman

Cara Agar Kue Kering Renyah Tahan Lama © Diadona

Kemas Kue Kering Hanya Ketika Sudah Dingin

Setelah kue kering keluar dari oven, gunakan cooling rak untuk mendinginkannya baru deh masukkan ke wadah kedap udara. Cara ini memang akan memakan waktu dan tempat, namun sangat penting. Kue kering yang baru keluar dari oven memiliki kelembaban yang tinggi. Kandungan air tersebut nih yang bikin kue kering jadi tak renyah. Selain itu juga kandungan air yang berikatan dengan lemak pada kue kering berpotensi membuat kue jadi cepat tengik.

Masukkan Kemasan Berisi Garam atau Silica Gel

Cara agar kue kering renyah tahan lama ini udah banyak dipraktikkan untuk kue kering yang dijual, misalnya kue kering untuk lebaran Gilika gel dalam toples kue kering bertugas untuk menjaganya agar tetap kering karena mampu menyerap uap air. Cukup tambahkan satu atau dua kantong ilika gel ke dalam toples maka kue kering akan awet tahan lama dan tidak cepat tengik.

Tak semua jenis silika gel aman digunakan untuk membuat kue kering renyah. Dikutip dari Pengawet Kayu, Untuk tujuan pengawetan makanan, gunakan silika gel natural berwarna putih dan hindari silika gel berwarna birukarena mengandung cobalt chloride yang bisa menyebabkan keracunan jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

4 dari 4 halaman

Cara Agar Kue Kering Renyah Tahan Lama © Diadona

Pastikan Toples Bersih dan Kering

Kue kering bisa menyerap kelembabab dan juga bau di sekitarnya, maka pastikan menggunakan toples yang bersih dan kering untuk menyimpan kue kering. Sebelu digunakan, cuci toples untuk menghilangkan kotoran dan bau. Lamp dengan tissue dapur sampai benar-benar kering aau diangin-anginkan.

Simpan Cookies Sesuai dengan Jenisnya

Bila punya beberapa jenis kue kering yang berbeda, simpan terpisah sesuai dengan jenisnya. Kalau engga, kue kering yang lunak bakalan bikin lembab kue kering yang renyah.

Sayang banget kan udah ikin kue kering enak tapi justru tak renyah dan tak tahan lama karen salah penyimpanannya.

Beri Komentar