7 Tips Memanggang Cake dengan Oven Tangkring Anti Gagal dan Matang Merata

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 14 Desember 2022 15:47
7 Tips Memanggang Cake dengan Oven Tangkring Anti Gagal dan Matang Merata
Memanggang cake dengan oven tangkring memang susah-susah gampang. Berikut tipnys biar nggak perlu gagal.

Ukurannya yang kecil dan harganya yang murah meriah menjadikan oven tangkring sebagai pilihan peralatan mengoven bagi pemula. Oven ini disebut dengan oven tangkring karena saat digunakan, oven diletakkan atau ditangkringkan di atas kompor. Namun ada beberapa tips memanggang cake dengan oven tangkring agar cake tidak gagal.

Oven tangkring merupakan oven manual atau oven tradisional dengan bentuk sederhana. Kadang di bagian atas oven trangkring terdapat wadah untuk meletakkan arang dengan tujuan sama seperti pemakaian api atas. Panas dari oven ini ditentuk dari besar kecilnya api pada kompor. Kadang beberapa jenis oven tangkring tidak dilengkapi dengan termometer sehingga kita harus sering mengintip kondisi kue dari balik jendela. Oen trangkring biasanya juga tak bisa memberikan panas secaramereta, sehingga cake kerap gosong di sisi tertentu tapi mentah di sisi lainnya. Ditambah, oven tangkring tak emuanya memiliki sumber panas atas.

Dikutip Femina, berikut ini tips memanggang cake dengan oven tangkring agar mengembang dan matang merata.

 

1 dari 3 halaman

Tips Memanggang Cake dengan Oven Tangkring © Diadona

Lengkapi dengan Termometer Khusus

Beberapa produk oven tangkring memang sudah dilengkapi dengan termometer khusus untuk mengukur suhu pemanggangan, namun beberapa produk masih tidak memilikinya. Namun tak ada salahnya mengeluarkan uang beberapa puluh ribu rupiah untuk menambahkan termometer terpisah pada oven tangking di rumah untuk mmastikan ketepatan suhunya.

Ganjal Bagian Bawah Oven

Jarak yang terlau dekat antara kompor dengan bagian bawah oven membuat makanan cepa gosong di bagian bawah. Untuk mencegahnya, tips memanggang cake dengan oven tangkring yaitu dengan menambahkan pengganjal di sisi kompor sehingga posisi oven dengan api sedikit berjauhan. Gunakan bata atau penyangga kompor dengan ukuran yang tepat dan ketinggian yang pas.

2 dari 3 halaman

Tips Memanggang Cake dengan Oven Tangkring © Diadona

Pastikan Oven Tidak Miring

Bila sisi oven tidak sama tinggi, oven tangkring berpotensi untuk jatuh atau membuat bagian bawah makanan tidak panas merata. Sebab, panas yang diterima oleh masing-masing bagiannya berbeda.

Pilih Bahan Tebal Anti Karat

Sama seperti alat masak yang menggunakan pemanas lainnya, ketebalan bahan sangat berpengaruh untuk mempertahankan panas dan membuat panas di dalam oven jadi lebih merata.

 

3 dari 3 halaman

Tips Memanggang Cake dengan Oven Tangkring © Diadona

Jangan Terlalu Sering Buka Tutup Pintu Oven

Sama halnya dengan ketika memanggang dengan jenis oven lainnya, jangan membuka tutup pintu oven terlalu sering saat memanggang cake dengan oven.

Saat kamu membuka pintu oven dalam keadaan memanggang, udara luar akan masuk sehingga menyebabkan suhu di dalam oven turun. Bila hal itu terlalu sering dilakukan maka membuat suhu jadi tidak stabil dan kue jadi bantat. Meskipun penasaran banget, tapi agar memanggang kue nggak jadi keras, jangan buka tutup pintu oven terlalu sering ya!

Gunakan Kaca Jendela Oven untuk mengecek Cake

Daripada membuka tutup pntu oven terlalu sering, manfaatkan kaca oven untuk melihat kue di dalamnya. Bersihkan kaca bila kotor dan gunakan lampu di bagian dalam oven. Oven tangkring tak memiliki instalasi lampu maka gunakan senter atau flash light dari ponsel untuk memudahkan mengintip kematangan cake.

Tempatkan Arang di Bagian Atas Oven untuk Api Atas

Untuk cake yang membutuhkan penggunaan api atas, gunakan arang panas membara di bagian atas oven.

Ada banyak sekali titik kritis pembuatan cake agar tidak bantat, lembut dan juga tidak gosong, da salah satunya yakni pada teknk pengovenan. Cara menggunakan oven tangkring untuk memanggang cake memang susah susah gampanng. Dibutuhkan banyak jam terbang untuk bisa berhail menggunakan oven ini. Namun bila oven tangkring sudah bisa ditakhlukkan, menggunakan oven jenis lainnya bagaikan membalikkan telapak tangan.

Beri Komentar