9 Tips Bersih-Bersih Rumah saat Puasa, Menyenangkan dan Tak Bikin Lemas

Reporter : Arifina
Senin, 25 Maret 2024 19:07
9 Tips Bersih-Bersih Rumah saat Puasa, Menyenangkan dan Tak Bikin Lemas
Nggak perlu takut badan lemas deh kalau bersih-bersih rumah saat puasa ya!

Tips bersih-bersih rumah saat puasa penting untuk diperhatikan agar tidak menguras energi. Apalagi, saat berpuasa tubuh akan mudah lelah dalam menjalani aktivitas.

Tetapi, bersih-bersih rumah tetap menjadi bagian penting dalam menjaga kebersihan rumah dan kenyamanan bagi penghuninya. Rumah yang bersih dan rapi dapat memberikan suasana yang nyaman untuk beribadah dan beraktivitas selama bulan puasa.

Membersihkan rumah saat berpuasa bisa menjadi tantangan sendiri. Karena itu perlu beberapa tips agar kamu bisa bersih-bersih rumah dengan tenang tanpa rasa capek. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan di rumah!

1 dari 9 halaman

Mulailah Pagi Hari Setelah Sahur

ilustrasi membersihkan rumah © Diadona

Waktu membersihkan rumah saat puasa sebaiknya dimulai di pagi hari setelah sahur. Sebab, momen setelah sahur ini kamu masih memiliki tenaga yang banyak.

Sehingga proses membersihkan rumah pun bisa dilakukan dengan semangat. Kemudian, mulailah dengan membersihkan area sudut rumah terlebih dahulu.

Kemudian, kamu bisa melanjutkan dengan mencuci piring, hingga mencuci pakaian.

2 dari 9 halaman

Buat Daftar Pekerjaan

Konsep membersihkan rumah agar tidak capek bisa dilakukan dengan bertahap. Salah satunya, buatkah daftar pekerjaan rumah untuk dibersihkan.

Sehingga, proses pembersihan bisa terfokus dan terarah dengan optimal. Fokuslah pada area-area yang paling sering digunakan atau yang membutuhkan perhatian khusus, seperti dapur, ruang tamu, dan kamar mandi.

Dengan memprioritaskan tugas, kamu dapat menyelesaikan pekerjaan yang paling penting terlebih dahulu dan meninggalkan pekerjaan yang bisa ditunda.

 

3 dari 9 halaman

Libatkan Keluarga dalam Membersihkan Rumah

Pekerjaan rumah akan terasa ringan jika dilakukan oleh banyak orang. Karena itu, ajaklah anggota keluarga untuk saling membantu dalam membersihkan rumah.

Hal ini akan meringankan pekerjaan dan membuat suasana lebih menyenangkan. Kamu bisa membagi-bagi tugas kepada setiap anggota keluarga untuk menyelesaikan bagiannya.

Dengan begitu proses membersihkan rumah tidak akan terlalu capek selama puasa.

 

4 dari 9 halaman

Manfaatkan Waktu di Sela Buka Puasa dan Sahur

Ilustrasi Pasangan Membersihkan Rumah © Diadona

Saat berpuasa, tubuh membutuhkan istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan dan stamina. Gunakan waktu sela di setelah berbuka hingga menjelang sahur untuk melakukan pekerjaan rumah tangga yang berat.

Dengan memanfaatkan waktu dengan bijak, kamu dapat menjaga kebersihan rumah tanpa menguras energi secara berlebihan. Sehingga, saat berpuasa kamu bisa membersihkan rumah yang lebih ringan.

 

5 dari 9 halaman

Gunakan Produk Pembersih yang Efisien

Pilihlah produk pembersih yang efisien dan mudah digunakan untuk membersihkan rumah. Misalnya produk-produk multi-fungsi atau yang dapat digunakan tanpa perlu dibilas.

Bisa juga memanfaatkan alat-alat pembersih rumah yang lebih efisien. Sehingga, akan memudahkan kamu dalam memberihkan sudut-sudut tersembunyi.

Dengan cara ini dapat membantu menghemat waktu dan tenaga di bulan puasa. Pastikan juga untuk menggunakan produk pembersih yang aman dan ramah lingkungan agar tidak membahayakan kesehatan keluarga dan sekitar.

 

6 dari 9 halaman

Biasakan Langsung Cuci Piring Usai Dipakai

Ini menjadi salah satu langkah yang efektif, yakni langsung membiasakan cuci piring setelah dipakai. menunda-nunda membersihkan piring justru akan menjadikan area ruangan terlihat kotor dan menumpuk.

Dengan begitu, membersihkan rumah tidak akan terasa terlalu berat. Kamu juga bisa lebih banyak beristirahat karena tidak perlu tenaga lebih banyak untuk bersih-bersih.

 

7 dari 9 halaman

Buatlah Suasana Menyenangkan

Cara Menjaga Kebersihan Rumah © Diadona

Agar memberisihkan rumah terasa lebih ringan, kamu perlu membuat suasananya lebih menyenangkan. Misalnya, dengan iringan musik-musik favorit.

Nyalakan musik dengan speaker agar mood lebih baik dan proses membersihkan rumah bisa dilakukan sambil bernyanyi. Langkah lainnya, kamu bisa menyalakan lilin aromaterapi untuk membuat suasana lebih tenang dan nyaman saat membersihkan rumah.

 

8 dari 9 halaman

Mulai Bersihkan dari Area Atas ke Bawah

Mulailah membersihkan rumah dari atas ke bawah. Hal ini untuk menghindari debu dan kotoran yang jatuh kembali ke area yang sudah dibersihkan.

Setelah kotoran di bagian atas rumah selesai dibersihkan, kamu tinggal melakukan pembersihan lanjutan di area bawah. Misalnya, menyedot sisa-sisa debu yang jatuh ke lantai dengan vakum atau menyapunya hingga bersih.

 

9 dari 9 halaman

Jadwalkan Waktu Mencuci Pakaian

Mencuci pakain menjadi salah satu yang harus dilakukan dalam setiap minggunya. Nah, agar tidak capek saat harus melakukannya di bulan puasa, kamu bisa membuat jadwal khusus nih.

Misalnya, menentukan untuk mencicu baju setiap 2 atau 3 hari sekali. Sehingga, pakaian yang dicuci tidak menumpuk dan pekerjaan akan lebih ringan.

Manfaatkan mesin cuci jika kamu memilikinya ya, agar proses pekerjaan satu ini lebih mudah dilakukan.

Itulah beberapa tips bersih bersih rumah saat puasa. Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, maka membersihkan rumah di bulan puasa tak akan terasa berat deh! Semoga bermanfaat.

Beri Komentar