Cara Membersihkan Mesin Cuci dengan Tepat Gak Bikin Rusak, Dijamin Auto Kinclong

Reporter : Yoyok
Senin, 25 Maret 2024 21:07
Cara Membersihkan Mesin Cuci dengan Tepat Gak Bikin Rusak, Dijamin Auto Kinclong
Di sini, kamu akan diberitahu bagaimana cara membersihkan mesin cuci model pintu depan maupun pintu atas.

Cara membersihkan mesin cuci tidak terlalu susah kok Diazens. Seperti barang-barang rumah tangga pada umumnya yang membutuhkan perawatan, mesin cuci juga butuh untuk dibersihkan.

Apalagi, mesin cuci bertuga untuk membersihkan baju kotor, yang tentunya akan sangat berhubungan langsung dengan segala hal yang tidak bersih. Sering kali juga mesin cuci berada di lingkungan yang basah dan lembab, yang membuat barang elektronik satu ini mudah kotor.

Banyak orang khawatir kalau membersihkan mesin cuci bakalan merusak karena termasuk dalam barang elektronik. Kekhawatiran dan ketakutan tersebut pada dasarnya berasal dari ketidaktahuan lho. Banyak yang tidak tahu cara membersihkan mesin cuci yang tepat.

Jika mesin cuci dibersihkan dengan cara yang tepat, maka tidak akan rusak kok Diazens. Berikut ini adalah cara membersihkan mesin cuci dengan tepat tanpa bikin rusak.

1 dari 4 halaman

Fungsi Mesin Cuci

Cara Membersihkan Mesin Cuci © Diadona© shutterstock.com

Seperti kita tahu, yang namanya mesin cuci ya pastinya untuk mencuci. Di sini, barang yang dicuci adalah pakaian kotor. Tapi, fungsi dari barang elektronik rumah tangga ini tidak hanya untuk itu aja lho. Berikut ini adalah beberapa fungsi mesin cuci yang perlu kamu ketahui:

Mencuci

Fungsi utama mesin cuci adalah membersihkan pakaian dan tekstil dengan menggunakan air, deterjen, dan gerakan mekanis. Mesin cuci menggunakan putaran tabung dan gerakan air untuk merendam, menggosok, dan membilas pakaian agar bersih.

Mengeringkan

Beberapa mesin cuci dilengkapi dengan fungsi pengering, yang memungkinkan pakaian untuk dikeringkan setelah dicuci tanpa perlu dipindahkan ke mesin pengering terpisah.

Mengatur Program

Mesin cuci modern sering dilengkapi dengan berbagai program pencucian yang dapat dipilih oleh pengguna, seperti pencucian cepat, pencucian halus, atau pencucian dengan air panas. Ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan proses pencucian sesuai dengan jenis kain dan tingkat kotoran.

Menghemat Energi

Banyak mesin cuci dirancang dengan fitur-fitur yang mengurangi konsumsi air dan energi listrik, seperti sensor air dan pengaturan suhu. Ini membantu mengurangi dampak lingkungan dan biaya operasional.

2 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Mesin Cuci Pintu Atas

Cara Membersihkan Mesin Cuci © Diadona© shutterstock.com

Tidak semua mesin cuci dibersihkan dengan cara yang sama. Ada dua model mesin cuci di pasaran, yaitu model pintu atas dan pintu depan. Untuk mesin cuci pintu atas, bahan yang digunakan yaitu satu liter pemutih klorin. Selain itu, kamu juga membutuhkan air panas serta gelas pengukur. berikut ini adalah cara membersihkan mesin cuci pintu atas:

1. Isi air panas ke dalam mesin cuci. Gunakan pengaturan mesin cuci untuk mengisi tabung mesin cuci dengan air panas, hentikan sebelum masuk proses penggilingan. Gunakan pengaturan suhu terpanas di mesin cuci kamu.

2. Campurkan satu liter klorin pemutih ke dalam air panas tanpa deterjen.

3. Biarkan mesin cuci menjalankan siklus pencucian dan putaran terlama sehingga mesin dapat membilas dan mengeringkan sepenuhnya. Pastikan pemutih telah hilang seluruhnya sebelum step selanjutnya.

4. Gunakan pengaturan mesin cuci untuk mengisi tabung mesin cuci dengan air panas, hentikan sebelum masuk proses penggilingan.

5. Biarkan mesin cuci menjalankan siklus pencucian dan putaran terlama sehingga mesin dapat membilas dan mengeringkan sepenuhnya.

3 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Mesin Cuci Pintu Depan

Cara Membersihkan Mesin Cuci © Diadona© shutterstock.com

Untuk yang model pintu depan tentu saja berbeda dengan mesin cuci pintu atas. Untuk yang model satu ini, kamu membutuhkan dua bahan yaitu setengah cangkir pemutih klorin dan hidrogen peroksida (opsional). Untuk alatnya, kamu membutuhkan kain lembut, gelas pengukur, dan air hangat. Berikuty ini adalah cara membersihkan mesin cuci pntu depan:

1. Tambahkan setengah cangkir pemutih ke wadah deterjen pada laci dispener mesin cuci. Lalu, isi kompartemen dispenser pemutih dengan pemutih klorin hingga tingkat tertinggi.

2. Atur mesin cuci untuk menjalankan siklus normal dengan air hangat.

3. Setelah siklus selesai, gunakan kain lembut yang dapat menyerap untuk mengeringkan sekitar bukaan pintu mesin cuci, paking fleksibel, dan kaca pintu. Ini akan membantu memastikan sisa jamur (yang mungkin terbunuh oleh pemutih) dapat dihilangkan.

4 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Dispenser Mesin Cuci

Cara Membersihkan Mesin Cuci © Diadona© shutterstock.com

Fungsi dispenser pada mesin cuci membantu memastikan penambahan bahan-bahan pencuci yang tepat pada waktu yang tepat selama proses pencucian. Ini memastikan bahwa pakaian dicuci dengan bersih dan dirawat dengan baik sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pengguna. Karena sepenting itu, makanya dispenser perlu dibersihkan.

Untuk membersihkan dispenser mesin cuci, kamu membutuhkan satu cangkir cuka putih, gelas pengukur, dan sikat botol kecil (opsional). Berikut ini adalah cara membersihkan dispenser mesin cuci yang tepat:

1. pastikan tidak ada pakaian di dalam mesin cuci.

2. Panaskan satu cangkir cuka putih di microwave atai dipanaskan dengan panci kecil.

3. Tuang cuka yang sudah di Panaskan ke dalam dispenser dan dimakan beberapa menit. Kamu juga bisa menggunakan 1 cangkir hidrogen peroksida yang tidak dipanaskan daripada cuka putih yang dipanaskan.

4. Selanjutnya, jalankan mesin cuci dengan siklus normal. Cuka akan masuk ke dalam air cucian dan akan membantu menghilangkan penumpukan kotoran sebelum dibilas.

5. Jika kamu punya dispenser yang bisa dilepas, rendam di dalam cuka hangat dan bersihkan dengan air bersih. Lalu taruh kembali di dalam mesin cuci. Jika dispenser tidak bisa dilepas, Bersihkan dengan sikat botol.

Itulah cara membersihkan mesin cuci yang benar tanpa bikin rusak. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar