Manfaat dan Kandungan Hazelnut, Kacang yang Ramai Disebut Kemiri

Reporter : Arifina
Selasa, 13 Juni 2023 16:17
Manfaat dan Kandungan Hazelnut, Kacang yang Ramai Disebut Kemiri
Jangan bingung, hazelnut beda dari kemiri guys!

Hazelnut dan kemiri tengah ramai dibicarakan di sosial media. Hal itu setelah adanya salah satu pengguna TikTok yang menyebut jika hazelnut merupakan kemiri.

Karena hal inilah, kata 'kemiri' langsung masuk di jajaran trending Twitter Indonesia. Lantas, benarkah hazelnut itu kemiri? keduanya jelas berbeda lho!

1 dari 10 halaman

Apa Itu Hazelnut?

Manfaat dan kandungan hazelnut © Diadona

Hazelnut adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari pohon Corylus, atau disebut juga dengan Hazel. Hazelnut biasanya digunakan sebagai campuran makanan seperti kue, cake, cokelat, dan selai.

Memiliki citarasa manis, gurih, membuat hazelnut menjadi salah satu pilihan untuk campuran makanan yang lezat. selain itu, hazelnut dapat dikonsumsi dalam kondisi mentah, dipanggang maupun dijadikan selai.

2 dari 10 halaman

Kacang satu ini juga bisa diolah menjadi minyak dan dapat digunakan untuk memasak lho! Ramai diperbincangkan karena dianggap sebagai kemiri, padahal hazelnut dan kemiri adalah dua jenis tanaman yang berbeda.

Keduanya memang sama-sama berasal dari kerajaan tumbuhan (Kingdom Plantae), namun tidak dalam satu kesatuan. Hazelnut dari keluarga Betulaceaedan genusCorylus.

3 dari 10 halaman

Sementara, kemiri berasal dari keluarga Euphorbiaceae dan genus Aleurites. Pohon kemiri (Aleurites moluccana (L.) Willd.) menghasilkan biji yang disebut kemiri.

Kemiri dapat dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan rempah-remph. Dalam istilah bahasa Inggris, kemiri disebut candlenut.

4 dari 10 halaman

Kandungan dalam Hazelnut

Manfaat dan kandungan hazelnut © Diadona

Meski tengah ramai di sosial media, kacang hazelnut yang sebagian besar dibudidayakan di Turki, Spanyol, Italia dan Amerika Serikat ini punya banyak kandungan yang baik bagi kesehatan lho! Apalagi, jika dikonsumsi secara rutin.

Dilansir dari Health Line, tak jauh berbeda dari jenis kacang-kacangan lainnya, hazelnut juga kaya akan nutrisi dan tinggi protein, lemak sehat, vitamin dan mineral.

Selain itu, hazelnut juga kaya akan manfaat. Salah satunya, ampuh untuk diet lho! Berikut sederet manfaat hazelnut!

5 dari 10 halaman

Manfaat Hazelnut

1. Bantu Redakan Peradangan

Sebuah studi menyebutkan makan 60 gram hazelnut setiap hari selama 12 minggu dapat membantu mengurangi gejala peradangan pada orang yang kelebihan berat badan dan obesitas.

Namun, untuk hasil yang optimal harus juga diimbangi dengan diet sehat untuk mengontrol asupan kalori.

6 dari 10 halaman

2. Menyehatkan Jantung

Kandungan asam lemak omega-3 di dalam hazelnut terbukti dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan jantung, serta mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Kacang hazelnut juga kaya antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif.

Kandungan tersebut ampuh untuk menurunkan hipertensi. Sehingga kolesterol dan peradangan berkurang yang membuat jantung tetap sehat.

7 dari 10 halaman

3. Turunkan Gula Darah

Manfaat dan kandungan hazelnut © Diadona

Selin almond dan kenari, kacang hazelnut juga dinilai ampuh untuk membantu menurunkan gula darah. Kandungan asam oleat terbukti memiliki efek menguntungkan sensitivitas insulin.

Diet asam oleat yang dilakukan dengan signifikan dapat mengurangi gula darah dan kadar insulin.

8 dari 10 halaman

4. Mengurangi Risiko Kanker

Kacang hazelnut kaya akan kandungan proanthocyanidins, senyawa kimia yang membantu dalam mengurangi risiko kanker. Selain itu, terdapat kandungan kandungan vitamin E di dalamnya yang dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan penyebab kanker.

9 dari 10 halaman

5. Snack Sehat untuk Diet

Tengah menjalani diet? maka masukkan hazelnut dalam menu harianmu sebagi camilan sehat. Kamu bisa menikmatinya secara langsung, dipanggang, atau untuk campuran yogurt.

Rutin mengonsumsi hazelnut akan terhindar dari risiko alami obesitas karena penurunan berat badan. bahkan, dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

10 dari 10 halaman

6. Cegah Kerusakan Sel

Kandungan antioksidan yang dimiliki hazelnut mampu mengurangi tingkat kerusakan sel dari paparan radikal. Karena itu, mengonsumsi hazelnut secara rutin sangat dianjutkan untuk kesehatan ya!

Nah, itulah sederet manfaat hazelnut yang belakangan disebut kemiri. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar