Tips Pola Makan Sehat untuk Orang Sibuk, Wajib Simak!

Reporter : Mila Ismiranda
Selasa, 24 Januari 2023 07:57
Tips Pola Makan Sehat untuk Orang Sibuk, Wajib Simak!
Kalau kamu tipikal orang yang sibuk, bisa banget nih disimak tipsnya!

Makanan sehari-hari sangat memengaruhi kesehatan seseorang secara keseluruhan. Pola makan yang sehat akan memberikan tubuh energi untuk beraktivitas serta zat gizi untuk menjalankan berbagai fungsinya.

Sebaliknya, pola makan yang tidak tepat bisa menyebabkan masalah pencernaan, membuat berat badan naik-turun, dan meningkatkan risiko penyakit.

Lantas, bagaimana pola makan yang sehat terutama bagi orang yang sibuk?

1 dari 6 halaman

Tidak Melewatkan Sarapan

Sarapan adalah waktu makan paling penting, sebab dari sinilah kamu memperoleh energi untuk beraktivitas selama seharian. Sarapan yang sehat juga dapat melindungi dari risiko berbagai penyakit, termasuk diabetes tipe 2.

Berikut beberapa jenis makanan untuk sarapan yang bisa melengkapi pola makan sehatmu:

  • Makanan dengan karbohidrat kompleks seperti oatmeal, nasi merah, dan sereal.
  • Makanan yang tinggi serat seperti buah, sayuran, sereal gandum, dan chia seed.
  • Sumber protein seperti kacang-kacangan, biji-bijian, susu, telur, dan yogurt.
  • Sumber lemak yang menyehatkan, misalnya biji-bijian, alpukat, dan kelapa.

2 dari 6 halaman

Jangan Terlalu Banyak Minum Kopi

Kopi memang membuat lebih segar pada pagi hari, tapi jangan meminumnya secara berlebihan. Salah satu dampak langsung minum kopi yaitu dehidrasi, sebab kopi mempercepat keluarnya air dari tubuh melalui urine.

Bila kamu membutuhkan kopi sebelum beraktivitas, cukup konsumsi 1-2 cangkir setiap hari. Selain itu, jangan lupa minum paling sedikit delapan gelas air setiap hari untuk memenuhi kebutuhan tubuhmu.

3 dari 6 halaman

Batasi Makanan Kemasan

Hal terbaik yang bisa kamu berikan kepada tubuh adalah makanan segar dan alami. Sedapat mungkin, makanlah lauk-pauk, buah-buahan, sayuran, dan sebagainya yang langsung berasal dari pasar atau supermarket tanpa melewati proses pengawetan.

Agar pola makan tetap sehat, batasi konsumsi makanan kemasan atau yang telah diawetkan. Pasalnya, makanan ini biasanya tinggi gula dan natrium serta mengandung bahan tambahan seperti pengawet dan pewarna buatan.

4 dari 6 halaman

Makan Makanan Tinggi Serat

Buatlah pola makanmu menjadi lebih sehat dengan menambahkan makanan tinggi serat ke dalam menu harian. Misalnya, cobalah mengganti roti tawar putih dengan roti gandum atau nasi putih dengan nasi merah.

Makanan tinggi serat membantu memperlancar pencernaan, menjaga jumlah bakteri baik di usus, serta menurunkan risiko penyakit kronis seperti stroke, penyakit jantung, dan diabetes. Selain itu, serat membantu menjaga berat badan karena bikin kenyang lebih lama.

5 dari 6 halaman

Makan dengan Pola Teratur dan Tepat Waktu

Kebiasaan makan secara teratur bisa membantu tubuh mengontrol kolesterol dan menurunkan risiko obesitas. Hal ini ditemukan dalam beberapa penelitian terbitan jurnal Proceedings of the Nutrition Society pada 2016.

Kunci pola makan yang sehat yakni menerapkan Pedoman Gizi Seimbang. Ini berarti Anda perlu mengonsumsi makanan sumber karbohidrat, buah dan sayuran, serta lauk-pauk sumber lemak dan protein dalam jumlah yang sesuai.

Beri Komentar