12 Tips Agar Anak Tidak Susah Makan, Tak Perlu Khawatir Berlebih Ya!

Reporter : Arifina
Senin, 10 Juli 2023 17:17
12 Tips Agar Anak Tidak Susah Makan, Tak Perlu Khawatir Berlebih Ya!
Anak susah makan bisa diatasi dengan berbagai cara nih Bunda!

Masa pertumbuhan anak adalah hal yang sangat diperhatikan oleh para orangtua. Salah satunya melalu asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh si anak.

Namun, terkadang anak-anak mengalami fase susah untuk makan. Hal ini pun tentu saja tak bisa dihindari begitu saja oleh para orangtua ya.

1 dari 13 halaman

Tips Agar Anak Tidak Susah Makan © Diadona

Hal tersebut membuat orangtua sedikit panik dan khawatir akan kebutuhan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anak menjadi tidak terpenuhi secara optimal. Tapi, persoalan ini sebenarnya bisa dicari solusinya lho, Diazens!

Setelah mencari tahu apa sih penyebab anak susah makan, segera cari solusinya ya Moms.

Nah, berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips agar anak tidak susah makan.

2 dari 13 halaman

Atur Porsi makan Anak

Jangan terburu-buru panik jika sang anak tiba-tiba susah makan. Namun, cobalah untuk mengganti pola porsi makanan yang biasa kamu siapkan untuk anak.

Daripada memberi porsi makan besar yang enggan disentuh oleh anak, gantilah dengan menyediakan porsi kecil tapi cukup sering. Beri jarak minimal tiga jam sebelum masuk ke waktu makan selanjutnya ya!

3 dari 13 halaman

Buat Jadwal Makan Anak Secara Teratur

Tips Agar Anak Tidak Susah Makan © Diadona

Biasakan untuk membuat jadwal makan yang teratur pada anak. Setidaknya tiga kali makan utama dan dua kali makanan selingan di antara waktu makan utama.

Hal ini akan membuat anak terbiasa mengikuti jadwal dan tahu apa yang harus dilakukan di waktu-waktu tertentu.

4 dari 13 halaman

Buat Sajian Makanan yang Menarik

Untuk membantu anak agar tidak susah makan, kamu bisa mengakalinya dengan tampilan sajian lho! Cobalah dengan menampilkan model makanan yang nasinya berbentuk wajah, sementara sayur dan lauk sebagai pemanis.

Mengkreasikan tampilan makanan akan cukup membantu agar si anak mau untuk meraih makanannya. Walaupun, dalam mode sedang tidak ingin makan.

5 dari 13 halaman

Buat Variasi Rasa Makanan

Tips Agar Anak Tidak Susah Makan © Diadona

Tak hanya mengkreasikan bentuk makanan yang disajikan, kamu juga harus pintar-pintar menyajikan berbagai rasa untuk makanan anak nih Diazens! Tawarkan rasa makanan yang gurih, dan buah-buahan yang manis saat menyajikan selingan makanan.

Sebab, salah satu alasan anak susah makan terkadang karena bosan dengan rasa yang itu0itu saja. Semakin banyak variasi makanan yang hadir, tentu nutrisi yang masuk pada tubuh anak juga lebih lengkap.

6 dari 13 halaman

Hindari Distraksi ke Anak saat Makan

Di jam makan anak, sebaiknya hindari hal-hal yang memecah fokus. Biasanya, jiak anak terdistraksi suatu hal maka akan kehilangan minat pada hal utama.

Upayakan membuat anak makan sambil duduk dan bersama orangtua sekaligus berbagai cerita. Cara ini akan membuat anak mudah makan dan meningkatkan hubungan antar orangtua dan anak.

7 dari 13 halaman

Beri Pengalaman Menyenangkan saat Makan

Tips Agar Anak Tidak Susah Makan © Diadona

Saat proses makan anak, sebisa mungkin ciptakan pengalaman yang menyenangkan. Hal ini bisa dilakukan dengan membiarkan anak makan dengan gaya mereka.

Hindari terlalu sering membersihkan area mulut, mengomentari cara makan, dan lain hal yang justru membuat anak tertekan dan frustasi saat makan.

8 dari 13 halaman

Libatkan Anak saat Menyiapkan Makanan

Anak-anak lebih suka dan bersemangat bisa dilibatkan dalam aktivitas apapun, termasuk saat makan. Kamu bisa memintanya untuk membantu menyiapkan makanannya atau memasak bersama dengan anak.

Salah satunya, melibatkan untuk membantumu mencuci buah atau sayur yang akan dimasak. Hal kecil ini akan membuat anak lebih bersemnagat saat waktunya makan.

9 dari 13 halaman

Jangan Paksa Anak Makan

Momen anak susah makan memang terkadang membuat pusing orangtua. Tapi, sebaiknya kamu tidak memaksakan anak untuk tetap makan jika kondisinya tidak mau ya.

Pemaksaan kepada anak untuk tetap makan justru akan membuat sang anak semakin menghindar. 

10 dari 13 halaman

Biasakan Makan Besama Keluarga

Tips Agar Anak Tidak Susah Makan © Diadona

Membiasakan anak makan bersama keluarga akan jauh lebih menyenangkan dibandingkan sang anak harus makan sendiri. Anak-anak juga akan lebih mempelajari pola makan yang baik.

Selain itu, cara ini juga melatih anak untuk makan dengan mandiri sejak dini lho!

11 dari 13 halaman

Variasikan Makanan Favorit Anak

Saat anak sedang mode susah makan, maka kamu bisa mengakalinya dengan memberinya makanan favorit. Campurkan makanan-makanan favorit anak ini ke menu masakan yang sudah kamu siapkan.

Sehingga, anak akan mudah tertarik dan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anak pun lebih beragam.

12 dari 13 halaman

Hindari Memberi Minum saat Anak Makan

ilustrasi anak susah makan © Diadona

Proses makan anak sebaiknya dibuat fokus, dan usahakan untuk tidak memberi minum di tengah-tengah saat anak makan. Berikan minum sesaat sebelum anak mulai makan dan baru boleh minum ketika makanannya selesai.

Kebiasaan minum saat makan anak justru akan membuat perut kembung, sehingga makanan yang masuk lebih sedikit.

13 dari 13 halaman

Kenalkan dengan Makanan Baru

Perkenalkan anak dengan jenis-jenis makanan baru. Sebab, biasanya hal yang membuat anak susah makan itu adalah karena dia belum terlalu biasa dengan makanan yang disajikan.

Perkenalkan makanan baru secara perlahan, sedikit demi sedikit. Baru setelahnya, jika anak sudah terbiasa berikan dengan porsi besar.

Itulah sederet tipa agar anak tidak susah makan. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar