11 Cara Mengecilkan Perut Buncit Pada Wanita setelah Melahirkan dengan Olahraga

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 29 Desember 2019 15:46
11 Cara Mengecilkan Perut Buncit Pada Wanita setelah Melahirkan dengan Olahraga
Perut buncit pada wanita akan mengganggu penampilan dan punya efek buruk pada kesehatan. Tapi nggak perlu keburu pusing, ada banyak cara menghilangkannya dengan cukup mudah dan sederhana.

Masalah berat badan sepertinya memang jadi hal yang sering dipusingkan oleh kita kaum wanita. Berat badan membuat kepercayaan diri menurun, susah cari baju yang cocok, sampai dikira lagi hamil.

Lemak di perut bukan cuman nggak enak dilihat, tapi juga berhubungan dengan menurunnya fungsi kesehatan kamu. Faktanya, adanya lemak di perut bikin kamu nggak bisa jauh-jauh dari penyakit diabetes dan penyakit jantung.

Sebenarnya ada banyak cara mengecilkan perut buncit yang bisa kamu lakukan, sesuai dengan selera dan kegiatan kamu. Boleh dengan diet atau olahraga tertentu. Dirangkum dari berbagai sumber (13/`12), ini dia 11 cara menurunkan perut buncit pada wanita yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

1 dari 3 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita

Sayuran HijauSayuran Hijau © ndnr.com

 

Meski kerap muncul pada pria, masalah perut buncit juga banyak terjadi pada wanita. Kondisi yang memusingkan ini jelas bikin kamu nggak pede. Baju apapun terlihat nggak oke di badan kamu.

Perut buncit bisa saja muncul karena kamu kelebihan berat badan, meski nggak mungkin hal tersebut juga bisa terjadi di berat badan yang ideal lho. Begini cara mengecilkan perut buncit yang cukup mudah dan nggak menyiksa menyiksa amat.

Kurangi Asupan Makanan Manis

Saat kamu terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis, maka artinya kamu punya banyak kalori dalam tubuh. Terlebih kalau kamu nggak bergerak atau melakukan sesuatu untuk mengeluarkan energi. Kalori tersebut menumpuk dan menjadi penyebab kelebihan berat badan dan menumpuknya lemak di perut. Untuk itu mengurangi asupan makanan manis bisa menjadi cara mengecilkan perut buncit.

Konsumsi Makanan Sehat

Konsumi makanan sehat memang sudah jadi hal wajib untuk dilakukan sehari-bukan, bukan cuman ketika kamu ingin mengecilkan perut buncit saja. Dan tolong diingat, bahwa ukuran perut kamu tergantung dari apa yang kamu makan.

Kamu bisa saja olahraga ketat untuk membentuk perut ideal, tapi cara mengecilkan perut buncit nggak akan berhasil kalau kamu masih saja makan junk food.

Nggak perlu terlalu sempurna di awal-awal. Sebenarnya makan junk food pun juga membantu menghilangkan lemak kok dengan membuat hormon tetap stabil. Paling tidak saat kamu mencari cara mengecilkan perut buncit, kamu hanya boleh makan junk food maksimal 10 persen dari total makanan yang masuk ke tubuh kamu.

Konsumsi Teh Hijau

Masih ingat kan tayangan iklan teh hijau yang menampilkan seorang wanita dengan perut langsung nan rata? Yup! Itu karena teh hijau masuk memang ampuh sebagai salah satu cara mengecilkan perut buncit akibat kelebihan berat badan.

Katherine Zeratsky, R.D.N., L.D, instruktur nutrisi di Mayo Clinic menyebut kalau teh hijau mampu mempercepat laju metabolisme tubuh. Namun, untuk hasil yang maksimal dalam cara mengecilkan perut buncit, yang utama tetaplah menjaga asupan makanan dan olahraga.

2 dari 3 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit setelah Melahirkan

Air putihAir putih © mnn.com

Setelah melahirkan, banyak orang mengira bentuk badan mereka bakalan kembali seperti semula. Namun nyatanya, perut mereka tetap buncit seperti sedang hamil beberapa bulan. Dalam laporan Hello Giggles seperti yang dilansir Insider (13/12), rata-rata perut wanita bakalan kembali seperti sebelum hamil setelah empat sampai delapan minggu setelah melahirkan.

Ini bikin frustasi banget sih memang. Di sela-sela kesibukan sebagai ibu baru, mereka juga harus merasa terburu-buru mencari cara mengecilkan perut buncit. Lalu bagaimana cara mengecilkan perut buncit pada wanita setelah melahirkan tanpa menganggu aktivitasnya sebagai ibu baru?

Banyak Minum Air Putih

Minum banyak air putih bisa membuat kamu tetap merasa kenyang tanpa memasukkan banyak kalori ke tubuh kamu. Air putih dapat membantu meningkatkan metabolisme, membersihkan tubuh dari kotoran dan penekan nafsu makan. Ketiganya berkaitan dengan penurunan berat badan dan sebagai cara mengecilkan perut buncit karena kelebihan berat badan.

Pastikan untuk minum delapan hingga sepuluh gelas air putih setiap hari. Jumlah tersebut dapat membakar 96 kalori/ hari dari tubuh kamu. Kalau kamu rutin melakukannya selama setahun, artinya kamu bisa menghalangi masuknya 27.000 kalori dalam satu tahun. Angka yang lumayan untuk cara mengecilkan perut buncit, bukan?

Perbanyak Asupan Lemak dan Protein

Kamu tetap butuh asupan nutrisi yang cukup setelah melahirkan karena penting untuk menyusuui dan energi mengurus bayi yang baru lahir. Pada saat memproses energi, tubuh kamu bakalan lebih banyak membakar protein daripada karbohidrat dan lemak. Oleh karena itu diet tinggi protein bisa banget membakar lemak di perut dan menjadi cara mengecilkan perut buncit.

Banyak Berjalan Kaki

Sebagai ibu baru tentu kamu bakalan disibukkan dengan rutinitas mengurus buah hati. Melelahkan memang, namun usahakan untuk olahraga sebentar agar badan tetap segar. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan berjalan kaki sebentar.

Berjalan kali selama 20 menit memang nggak akan membakar kalori kamu dalam jumlah yang banyak, tapi anggap saja sebagai permulaan yang bagus sebagai cara mengecilkan perut buncit.

3 dari 3 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Olahraga

ilustrasi olahraga wanitailustrasi olahraga wanita © 2019 https://www.diadona.id/unsplash.com

Olahraga menjadi cara ampuh dan efektif untuk menjaga kesehatan dan berat badan tetap ideal, termasuk sebagai salah satu cara mengecilkan perut buncit.

Jangan Sit Up

Dari Stronglift menyebut kalau sit up cuman bisa memperkuat otot perut kamu tanpa mengikis lemak yang menempel sebagai penyebab perut buncit. Yang ada kamu cuman membuang-buang waktu dan usaha yang bisa kamu lakukan untuk olahraga yang lain.

Mountain Climber

Gerakan ini merupakan gabungan latihan kekuatan iti dan kardio. Kombinasi keduanya bisa membakar kalori lebih cepat dan membantu mengencangkan semua otot tubuh kamu dengan fokus sebagai cara mengecilkan perut buncit.

Burpee

Burpee disebut sebagai salah satu gerakan olaharga terbaik karena melatih otot dada, bahu, trisep dan paha depan. Caranya, lakukan posisi berdiri, melompat, jongkok, push up lalu balik lagi ke pose jongkok. Untuk cara mengecilkan perut buncit, ulangi gerakan ini kurang lebih 8 kali selama 30 detik.

Berlari di Tanjakan

Menurut Jill Penfold, pelatih pribadi yang berbasis di Los Angeles, ternyata olahraga berlari di tanjakan bisa membakar kalori 50 persen lebih banyak dibanding berlari biasa, yang secara lebih lanjut dapat sebagai cara mengecilkan perut buncit.

Get-Up Turki

Meskipun sedikti rumit, nyatanya gerakan ini sangat efektif untuk membakar lemak di perut dan cara mengecilkan perut buncit. Kekuatan pundak dan kaki kamu juga akan terlatih, ditambah kamu bakalan terlihat kuat dan kekar.

Beri Komentar