13 Cara Menjaga Pola Makan, Jaga Tubuh Lebih Bugar dan Sehat dengan Mudah

Reporter : Arifina
Rabu, 17 April 2024 10:17
13 Cara Menjaga Pola Makan, Jaga Tubuh Lebih Bugar dan Sehat dengan Mudah
Mengatur pola makan dengan baik juga bisa mempermudah program diet lho!

Cara menjaga pola makan yang tepat memang susah-susah gampang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan guna menjaga kebugaran tubuh agar tetap sehat.

Pola makan sehat merupakan salah satu aspek terpenting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Apa yang kita konsumsi memiliki pengaruh besar terhadap bagaimana tubuh kita berfungsi, baik secara fisik maupun mental.

Pola makan yang sehat juga menjadi salah satu kunci untuk menjaga kesehatan tubuh dan memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik. Hal ini juga penting untuk dilakukan saat kamu sedang menjalani program diet.

1 dari 14 halaman

Cara Memilih Menu Makan Sehat untuk Keluarga di Tengah Varian Omicron yang Menghantui © Diadona

Sehingga, dengan memiliki pola makan sehat yang tepat kamu tidak harus menjalani program diet ketat ataupun mengonsumsi suplemen mahal. Dengan menerapkan pola ini maka berat badan dalam tubuh akan stabil bahkan bisa menurun sesuai keinginanmu.

Nah, pada dasarnya pola makan sehat ini tentang memilih makanan yang tepat dan dalam jumlah yang sesuai. Dalam hal ini, makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak berlebihan dan sesuai.

Berikut ini ada beberapa cara menjaga pola makan yang tepat agar tubuh selalu bugar dan sehat dilansir dari berbagai sumber. Apa saja?

2 dari 14 halaman

Buat Perencanaan Makanan

Salah satu hal penting untuk memulai menerapkan pola makan sehat adalah dengan merencanakan makanan yang akan dimakan. Perencanaan makanan ini agar sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Buatlah daftar belanjaan yang sehat dan pastikan memilih berbagai macam makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serta vitamin dan mineral. Dengan begitu, konsumsi makanan yang akan masuk ke dalam tubuh sudah sesuai dengan porsi yang dibutuhkan.

3 dari 14 halaman

Konsumsi Banyak Buah dan Sayur

Menjaga pola makan sehat maka selalu berkaitan dengan mengonsumsi buah dan sayur. Maka mulailah untuk membiasakan menu buah-buahan dan sayuran dalam asupan makanan sehari-hari kamu ya!

Buah dan sayur merupakan sumber vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk tubuh. Usahakan untuk mengkonsumsi minimal 5 porsi buah dan sayur setiap hari.

Pilihlah berbagai jenis buah dan sayur dengan warna yang beragam untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

4 dari 14 halaman

Pakai Piring Kecil

Tips Pola Makan Diet © Diadona

Terdengar sepele, namun ini bisa menjadi salah satu cara yang tepat guna menjaga pola makan sehari-hari lho! Terapkan untuk selalu menggunakan piring kecil saat makan, sehingga porsi makanan akan terjaga dan tak berlebihan.

Makanan yang diletakkan dalam piring kecil secara visual akan tampak lebih besar. Sehingga, cara ini dapat mengontrol porsi makan dan dapat membantu menurunkan berat badan lho!

Sementara, menyantap makanan dengan prosi besar tidak baik bagi tubuh karena dapat meningkatkan asupan kalori sebesar 30 persen.

5 dari 14 halaman

Jangan Lewatkan Sarapan

Memulai kebiasaan pola makan sehat, maka tidak boleh melewatkan jam sarapan. Kebiasaan ini adalah kunci badan sehat dan berat badan ideal.

Seorang yang sering sarapan pagi justru memiliki indeks kalori rendah daripada yang melewatkannya. Kebiasaan sarapan juga akan menghindari diri dari keinginan untuk ngemil yang justru membuat asupan makanan berlebih masuk ke dalam tubuh.

Pilih saja jenis menu sarapan sehat, seperti oatmeal atau granola dengan potongan buah, telur rebus, susu rendah lemak dan yang lainnya.

6 dari 14 halaman

Hindari Makanan Olahan dan Makanan Cepat Saji

Kunci pola makan sehat berhasil adalah hindari jenis makanan olahan dan makanan cepat saji. Sebab,

kedua jenis makanan ini mengandung banyak lemak jenuh, gula tambahan, dan garam yang berlebihan.

Hindarilah makanan ini sebisa mungkin dan pilihlah makanan segar dan alami. Kamu bisa menggantinya dengan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, susu rendah lemak, pasta gandum, nasi, dan roti.

Makanan utuh yang segar dan alami justru kaya antioksidan dan serat yang baik bagi tubuh.

7 dari 14 halaman

Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Tips Pola Makan Diet © Diadona

Makanan tinggi serat adalah salah satu kunci dalam menerapkan pola makan sehat yang tepat. Kamu bisa mulai membiasakan untuk mengonsumsi biji-bijian seperti gandum, granola, beras merah, hingga sayuran hijau.

Ada juga jenis serat kental yang sangat bagus untuk tubuh dan dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama. Sehingga, akan membuatmu mengurangi keinginan makan berlebih atau ngemil.

Serat kental ini berbentuk gel, biasanya bisa didapatkan pada makanan nabati seperti kacang-kacangan, oat, asparagus, dan jeruk.

8 dari 14 halaman

Perbanyak Makanan Tinggi Protein

Protein penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Ini juga salah satu menjaga pola makan sehat yang tepat, sebab protein dibutuhkan untuk perkembangan metabolisme tubuh.

Mengonsumsi protein juga dapat menekan rasa lapar dan dapat mengontril asupan kalori saat jadwal makan selanjutnya tiba.

Sumber protein yang baik antara lain dada ayam, ikan, telur, yogurt tawar, kacang almond, dan produk susu.

9 dari 14 halaman

Kunyah Makanan dengan Perlahan

Membiasakan pola makan sehat maka berkaitan dengan cara kamu mengunyah makanan. Hal ini terdengar sangat sepele, namun biasakan untuk mengunyah makanan secara perlahan.

Dengan mengunyah makanan sampai halus akan membuat tubuh mengirim sinyal ke otak sebelum kamu makan dengan porsi besar. Kecepatan mengunyah makan juga akan mempengaruhi berat badan seseorang lho!

Makan dengan perlahan akan membuat berat badan lebih stabil. Nah, untuk membiasakan ini kamu bisa memulainya dengan menghitung jumlah kunyahan sampai makanan di mulut halus.

10 dari 14 halaman

Hindari Kebiasaan Nambah Makan

Tips Pola Makan Diet © Diadona

Komitmen menjaga pola makan sehat maka harus memperhatikan asupan porsi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu yang harus dihindari adalah kebiasan nambah makan.

Kamu bisa mengakali tubuhmu tetap kenyang tanpa menambah nasi lho! Selalu mengkombinasikan menu makanan bergizi dalam satu piringmu dengan menambah sayuran hijau dan protein tanpa lemak.

Bahkan, bila perlu batasi nasi cukup satu cup saja setiap kali makan dan justru tambah sayuran yang dikonsumsi.

11 dari 14 halaman

Konsumsi Prebiotik

Rutin mengkonsumsi prebiotik rupanya baik bagi tubuh. Bahkan, dapat memepengaruhi berat badan, massa lemak, dan suasana hati.

Jeinis-jenis makanan prebiotik bisa kamu dapatkan pada tempek, yogurt, kimchi, kefir, miso. Dengan rutin mengkonsuminya maka tubuh akan selalu berenergi.

Prebiotik juga merawat dinding usus dan hati, hingga membantu menjaga kesimbangan berat badan lho!

12 dari 14 halaman

Jangan Makan Terlalu Malam

Kebiasaan makan sehari-hari bisa mempengaruhi kamu dalam menjaga pola hidup sehat. Salah satu yang harus dihindari adalah kebiasaan makan terlalu malam.

Nah, kamu bisa menetapkan waktu makan secara teratur untuk menghindari hal tersebut. Menyantap makanan terlalu malam hingga larut akan mempengaruhi sistem organ pencernaan dalam tubuh.

Jika terus dipaksa, sistem pencernaan yang harusnya istirahat justru harus mencerna makanan. Ini akan berdampak pada kesehatan.

Apabila memang lapar, maka hindari makanan berat dan ganti dengan camilan sehat seperti yogurt, susu rendah lemak, semangkuk ice cream, atau teh hijau.

13 dari 14 halaman

Minum Air yang Cukup

Ilustrasi Minum Air Putih © Diadona

Kebutuhan air dalam tubuh menjadi salah satu cara menjaga pola makan tetap sehat. Pastikan untuk minum air yang cukup setiap hari minimal 8 gelas.

Air membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu proses pencernaan. Air putih juga sangat penting untuk kesehatan dalam tubuh.

Jika tubuh terhidrasi dengan baik, maka akan membuat rasa kenyang juga lebih lama. Sehingga, keinginan untuk ngemil berlebihan akan berkurang.

14 dari 14 halaman

Tetapkan Batas Sehat

Menetapkan batas sehat adalah salah satu cara menjaga pola makan yang tepat. Jaga keseimbangan antara asupan kalori dan aktivitas fisik sehari-hari.

Para ahli menyebut, pola makan sehat bagi wanita adalah mengonsumsi tak lebih dari 1.200-1.500 kalori dalam sehari. Sementara, bagi pria adalah 1.600-2.400 kalori sehari.

Jangan konsumsi lebih banyak kalori dari yang kamu bakar. Hal ini akan menjaga berat badan lebih stabil dan tubuh tetap sehat.

Itulah cara menjaga pola makan agar tubuh selalu bugar dan sehat. Menjaga pola makan yang sehat membutuhkan kesadaran dan komitmen untuk membuat pilihan makanan yang baik setiap hari. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar