Cara Membuat Masker Kain Jahit Tangan, Dijamin Aman!

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 29 September 2022 10:00
Cara Membuat Masker Kain Jahit Tangan, Dijamin Aman!
Dengan masker kain kita dapat menghemat pengeluaran dibanding masker sekali pakai. So, yuk simak cara membuat masker kain ini.

Sejak bulan Juni 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan penggunaan masker wajah tiga lapis. Jika ingin membuatnya dirumah, artikel ini akan membahas cara membuat masker kain yang bisa dicoba sendiri dirumah.

Di era pandemi covid-19, masker yang ideal haruslah memiliki lapisan luar tahan air, lapisan tengah polipropilen (seperti interfacing), dan lapisan dalam penyerap air untuk menyerap tetesan atau air liur.

Cara membuat masker kain jahit tangan bisa dengan menjahit 2 lapis kain lalu melubangi kain atau menempatkan kantung filter sebagai tempat tisu atau masker medis.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah beberapa manfaat masker kain yang dapat kita rasakan antara lain.

1 dari 5 halaman

1. Dapat dicuci

Bagai kata bijak singkat manfaat yang pertama adalah dapat dicuci kembali. Masker kain yang sudah digunakan selama 4 jam dapat langsung dicuci menggunakan detergen sebelum nantinya digunakan kembali. Hal ini tentunya memberi kemudahan bagi masyarakat baik untuk menggunakan maupun merawat masker. Selain itu, masker kain juga sangat mudah didapatkan dibandingkan masker medis.

2. Efektif

Selain dapat dicuci dan digunakan kembali. masker kain juga cukup efektif untuk melindungi seseorang dari virus Corona. Sebuah jurnal penelitian yang berasal Cambridge menemukan bahwa pemakaian masker satu lapis dapat melindungi sebesar 83% penggunanya. Kemudian menggunakan dua lapis masker kain dapat melindungi seseorang hingga sebesar 93%. Dengan demikian, masker kain cukup efektif digunakan untuk mencegah penularan Covid-19.

3. Lebih terjamin

Meskipun terlihat sepele, masker kain memiliki manfaat bagi masyarakat. Kain masker berbahan katun memiliki tingkat keefektifan sebanyak 69% apabila hanya menggunakan satu lapis. Ketika menambah lapisan masker kain hingga dua lapis, maka tingkat keefektifannya bisa mencapai 71%.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Masker Kain 3 Lapis

Cara Membuat Masker Kain © Diadona

Cara membuat masker kain yang pertama adalah masker kain 3 lapis agar dapat melindungi dari debu dan kotoran secara maksimal yang dikutip dari Orami.com.

1. Membuat pola

  • Pertama, buat pola masker kain yang sesuai dengan ukuran wajah. Pastikan menutup hidung, mulut dan dagu agar perlindungan dapat secara maksimal.
  • Buat template atau pola masker di atas kertas, lalu gunting kain mengikuti pola yang sudah dibuat.

2. Buat penyangga masker

  • Setelah selesai memasang lapisan pertama dan kedua, dilanjutkan dengan membuat tempat penyangga.
  • Kamu dapat menggunakan menggunakan logam kecil yang ditekuk dan menyesuaikan bentuk hidung atau plastic yang bisa dibeli di toko kerajinan terdekat.
  • Berikutnya, masukkan penyangga di tempat yang sudah dibuat dari atas masker lalu tekan mengikuti bentuk hidung.
  • Penyangga ini berfungsi untuk merekatkan masker.

3. Lapisan Ketiga

  • Selanjutnya, membuat lapisan ketiga masker. Dijelaskan bahwa lapisan ketiga ini sebaiknya bisa dibongkar pasang.
  • Caranya, beri rongga pada sisi kanan dan kiri masker. Pastikan lapisan ketiga yang digunakan merupakan bahan anti droplet sehingga memudahkan dalam menggeser atau mengganti masker.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Masker Kain yang Baik Menurut WHO

Cara Membuat Masker Kain © Diadona

Menurut WHO, masker kain seperti lapisan kapas ditambah polipropilen yang diakhiri dengan polyester. Masker ini harus dilengkapi dengan tali pengikat atau karet elastis. Masker kain juga harus dapat dicuci dan digunakan kembali. Nah berikut cara membuat masker kain standar WHO:

1. Siapkan masker bahan kain

  • Pertama siapkan kain, kemudian potong kain menjadi tiga bagian yang berfungsi sebagai lapisan terdalam, tengah, dan terluar.
  • Kemudian potong kain menjadi beberapa ukuran sesuai dengan kebutuhan, yakni 20x20 cm atau 25x16cm untuk perempuan, dan 25x20 cm untuk laki-laki.
  • Sebaiknya menggunakan bahan katun. Selanjutnya, kain dipotong membentuk segi empat atau lingkaran.

2. Susun kain

  • Setelah itu, satukan ketiga kain yang sudah dipotong-potong tadi. Berikutnya, letakkan lapisan terluar kain di bagian bawah, lalu diikuti lapisan tengah dan lapisan atas.
  • Sisakan 1 cm bagian bawahnya, lalu lipat ke tengah dan jahit dengan teknik tusuk jelujur atau berbentuk garis-garis putus.

4 dari 5 halaman

3. Bentuk sisi kanan dan kiri masker

  • Langkah berikutnya, setelah seluruh sisi kain atas dan bawah dijahit, kini saatnya menyelesaikan bagian sisi kain kiri dan kanan.
  • Caranya, sisakan 1,5 cm pada masing-masing kiri dan kanan, lalu lipat bagian kain yang disisakan ke tengah lalu jahit dengan teknik tusuk jelujur.
  • Lakukan hal serupa untuk kedua sisi yang disisakan 1,5cm. Bagian tersebut nantinya dipakai untuk memasang tali masker atau karet.

4. Siapkan bahan karet

  • Berikutnya, siapkan karet berbahan kain atau tali elastis sepanjang 20 cm. Masukkan tali ke dalam lipatan lubang kain.
  • Ulangi cara ini di kedua sisi kain. Jika kesulitan memasukkannya, Moms bisa menggunakan peniti atau jarum.

Beri Komentar