Gak Cuman Tanda Kalau Kita Kepanasan, Ini Sederet Manfaat Keringat Bagi Kesehatan

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 22 September 2022 14:03
Gak Cuman Tanda Kalau Kita Kepanasan, Ini Sederet Manfaat Keringat Bagi Kesehatan
Ternyata bisa bantu bikin kulit kita glowing!

Memang sudah naturalnya kita berkeringat saat cuaca panas atau setelah berolahraga. Hal itu karena manusia memiliki kelenjar keringat di lapisan tengah kulit (dermis). Mengutip Better Health, kelenjar keringat terdapat di seluruh tubuh kita, tetapi paling banyak ada di dahi, ketiak, telapak tangan, dan telapak kaki. Komposisi keringat yang utama adalah air, lalu garam. Namun, apa fungsi keringat bagi kesehatan?

1 dari 7 halaman

Membuang Racun pada Tubuh

Ilustrasi BerkeringatIlustrasi Berkeringat © Shutterstock

Keringat bermanfaat untuk membuang racun dari dalam tubuh. Keringat dapat membuang berbagai zat keluar dari tubuh, seperti alkohol, kolesterol, dan garam. Keringat juga dapat menjadi cara potensial untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Para peneliti menyatakan keringat dapat menjadi metode untuk memantau racun dalam tubuh.

2 dari 7 halaman

Mendorong Hormon Bahagia

Ilustrasi Wanita BahagiaIlustrasi Wanita Bahagia © Shutterstock

Ternyata berkeringat dapat mendorong hormon bahagia yang biasanya terjadi ketika keringat keluar setelah berolahraga. Gerak badan akan meningkatkan hormon endorfin yang membuat tubuh menjadi nyaman. Hormon tersebut dilepaskan oleh tubuh saat melakukan suatu aktivitas fisik. Hormon tersebut dapat memperbaiki suasana hati dan menurunkan stres secara alami.

3 dari 7 halaman

Mempercantik Kulit

Ilustrasi Kulit SehatIlustrasi Kulit Sehat © Shutterstcok.com

Salah satu manfaat keringat lainnya yaitu dapat mempercantik kulit. Ketika seseorang berkeringat, kelenjar keringat akan memproduksi banyak keringat yang keluar melalui pori-pori kulit. Dengan cara itu, kotoran yang tersangkut dalam kulit akan keluar bersamaan dengan keringat, sehingga pori-pori di kulit menjadi bersih.

Hal tersebut dapat terjadi jika kamu tidak berkeringat secara berlebihan. Karena ketika seseorang berkeringat secara berlebihan atau hiperhidrosis, kondisi tersebut dapat memicu jamur tumbuh di kulit. Maka dari itu, hindari meminum minuman yang mengandung kafein, karena dapat memicu keringat berlebih.

4 dari 7 halaman

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat keringat lainnya adalah dapat meningkatkan sirkulasi darah. Saat berkeringat tubuh akan mengalami peningkatan detak jantung, sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Begitu pun pada wajah, berkeringat akan dapat membuang racun dan membuat kulit lebih sehat dibanding sebelumnya.

5 dari 7 halaman

Menurunkan Hormon Kortisol

Keringat juga bermanfaat untuk menurunkan hormon kortisol. Ketika seseorang mengeluarkan banyak keringat, hal tersebut dapat membantu tidur seseorang menjadi lebih nyenyak dan lebih bertenaga ketika bangun tidur. Tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih segar, kadar hormon kortisol yang seimbang dapat membuat kulit wajah lebih cerah.

6 dari 7 halaman

Mengurangi Risiko Batu Ginjal

Dengan berkeringat, otomatis seseorang akan mengurangi risiko dirinya terkena batu ginjal. Hal tersebut bisa terjadi karena keringat adalah cara yang efektif untuk mengeluarkan garam dari dalam tubuh dan mempertahankan kalsium pada tulang. Dengan berkeringat, kamu akan membatasi akumulasi garam dan kalsium di ginjal dan urine yang merupakan penyebab batu ginjal. Berkeringat juga dapat membersihkan tubuh lebih efisien karena tubuh butuh cairan lebih banyak.

Beri Komentar