4 Posisi Tidur yang Baik untuk Sakit Punggung, Wajib Simak nih!

Reporter : Mila Ismiranda
Selasa, 20 September 2022 07:57
4 Posisi Tidur yang Baik untuk Sakit Punggung, Wajib Simak nih!
Remaja dan kaum jompo harus baca ya.

Sakit punggung biasanya disebabkan oleh masalah pada sendi, otot, cakram, dan saraf tulang belakang. Tidak hanya itu, gaya hidup biasanya menjadi penyebab sakit punggung. Misalnya, kalau kamu membungkuk dengan cara yang salah, mengangkat benda berat, obesitas, jarang berolahraga, dan mengenakan sepatu tinggi.

Dengan mengubah posisi tidur, kamu bisa mengurangi ketegangan pada punggung. Langsung simak ulasan di bawah ya!

1 dari 5 halaman

Tidur Miring dengan Bantal di antara Kedua Lutut

Tidur miring dan menempatkan bantal di antara kedua lutut bisa membantu meredakan sakit punggung. Kalau ada celah antara pinggang dan kasur, pertimbangkan untuk menggunakan bantal kecil di sana sebagai penyangga tambahan.

2 dari 5 halaman

Tidur Menyamping dalam Posisi Meringkuk

Kamu juga perlu mencoba tidur dengan posisi meringkuk seperti janin dalam kandungan. Berbaringlah telentang lalu putar badan ke arah samping secara perlahan. Tekuk lutut ke arah dada dan tekuk tubuh dengan perlahan ke arah lutut.

Meringkuk dalam posisi janin bisa membuka ruang di antara tulang belakang sehingga menyamankan nyeri punggung.

3 dari 5 halaman

Tidur Tengkurap dengan Bantal di Bawah Perut

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa tidur tengkurap sebenarnya buruk untuk sakit punggung. Ini ada benarnya, karena posisi tengkurap bisa menambah stres pada leher. Oleh karena itu, letakkan bantal di bawah panggul dan perut bagian bawah untuk mengurangi tekanan pada punggung.

Orang yang mengidap penyakit cakram degeneratif mungkin mendapat manfaat paling besar dari tidur perut dengan bantal. Ini bisa menghilangkan tekanan yang ditempatkan pada ruang antara cakram.

4 dari 5 halaman

Tidur Telentang dengan Bantal di Bawah Lutut

Untuk sebagian orang, tidur telentang adalah posisi terbaik untuk meredakan nyeri punggung, tetapi akan sangat membantu kalau kamu meletakkan bantal di bawah lutut supaya menjaga agar tulang punggung tetap netral. 

Beri Komentar