Tips Menahan Tangis di Tempat Umum, Biar Gak jadi Pusat Perhatian

Reporter : Mila
Sabtu, 24 September 2022 07:57
Tips Menahan Tangis di Tempat Umum, Biar Gak jadi Pusat Perhatian
Pasti banyak kan yang sering kayak gini?

Menangis itu wajar. Tapi, menangis di tempat umum bisa membuat kamu menjadi pusat perhatian. Lantas, bagaimana cara menahan tangisan agar tidak meluap begitu saja?

Simak penjelasan dan tipsnya di bawah ini ya!

1 dari 7 halaman

Selain meluapkan emosi, ada sejumlah manfaat menangis untuk kesehatan fisik dan psikis.

Air mata saat menangis membantu kamu menjaga dan melindungi fungsi mata. Ini karena air mata akan menghidrasi mata dan membersihkannya dari zat asing, seperti debu. Para peneliti juga memercayai bahwa menangis bisa membantu melepaskan hormon stres atau racun dari dalam tubuh.

Pada akhirnya, hal ini bisa memperbaiki suasana hatimu.

2 dari 7 halaman

Menangis memang salah satu cara terbaik untuk meluapkan stres. Tapi, kalau situasinya sedang tidak tepat, kamu tentu harus berjuang untuk menahan tangis. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tidak mudah menangis di tempat umum:

3 dari 7 halaman

Mengatur Napas

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ialah mengatur napas. Menarik dan membuang napas secara perlahan bisa membuat kamu lebih rileks dan meredam emosi yang membuncah. Cobalah memejamkan mata, lalu tarik napas dalam lewat hidung. Kemudian, embuskan napas sepelan mungkin lewat mulut. Ulangi terus dengan makin lama makin lembut dan panjang.

Kalau dilakukan dengan fokus maka akan membantu mengalihkan pikiran dari hal yang memicu tangisan.

4 dari 7 halaman

Mengedipkan Mata

Kalau air mata sudah membendung pada bagian pelupuk, cobalah untuk mengedipkan mata beberapa kali dengan cepat. Hal ini memang tidak menghilangkan air mata sepenuhnya. Tapi bisa membantu agar air mata menyebar lebih cepat.

Alhasil, cara ini bisa membantu membuat air mata tak terlalu kentara.

5 dari 7 halaman

Segera Pergi ke Tempat Sepi

Saat menangis di tempat umum, kamu mungkin segera menyadari bahwa orang lain sedang memperhatikan dirimu. Hal ini bisa saja membuat kamu malu karena jadi pusat perhatian.

Sebaiknya, segera pergi menjauh dari tempat tersebut. Mundurlah selangkah, lalu berbalik ke arah berlawanan untuk menghindari keramaian orang. Carilah tempat senyap yang bisa membantu mengurangi keinginan untuk menangis, seperti di bilik toilet atau sudut ruangan yang sepi.

6 dari 7 halaman

Mengalihkan Pikiran

Mengalihkan pikiran dari sesuatu yang membuatmu menangis akan menangkal emosi yang membuncah untuk sementara waktu. Apalagi kalau kamu membayangkan hal yang lucu atau disukai.

Bayangkan atau ingat-ingat hal konyol yang pernah membuat kamu tertawa terpingkal-pingkal, misalnya saat melihat teman jatuh dan menahan malu karena tersandung.

Beri Komentar