Cara Berenang Gaya Bebas dan Gaya Dada untuk Pemula yang Gampang Buat Dicoba

Reporter : Wicha Mashita
Rabu, 5 Agustus 2020 12:52
Cara Berenang Gaya Bebas dan Gaya Dada untuk Pemula yang Gampang Buat Dicoba
Buat yang baru mau belajar olaharaga satu ini, kayak gini loh cara berenang untuk pemula.

Cara berenang gaya bebas dan dada ini memang paling banyak dipelajari pemula. Sebab, kedua gaya ini dianggap paling mudah untuk dicoba pertama kali. Eits, tapi berenang punya banyak gaya loh! Selain gaya bebas dan gaya dada, ada gaya kupu-kupu, gaya katak, gaya punggung dan masih banyak lagi.

Merangkum dari berbagai sumber, ada banyak manfaat dari olaharaga renang yang bisa kita dapatkan, seperti pernapasan, menurunkan berat badan, tubuh jadi lebih lentur dan masih banyak lagi. Buat kamu yang mau belajar renang, disimak baik-baik ya cara berenang gaya bebas dan gaya dada di bawah ini!

1 dari 4 halaman

Cara Berenang Gaya Bebas

Cara Berenang Gaya Bebas © Diadona


Meski terlihat rumit, sebenarnya cara berenang gaya bebas paling mudah loh! Teknik dari gaya bebas ini paling gampang dan cocok banget buat pemula.

Cara berenang gaya bebas ini gerakannya ada pada lengan yang jauh ke depan seperti gerakan mengayuh secara bergantian, guys. Nah saat mengayunkan kedua lengan secara bergantian, kaki juga ikut bergerak. Kaki digerakkan naik turun bergantian secara mendatar.

Sedangkan untuk wajah, kamu hadapkan sejajar dengan permukaan air. Sesekali jangan lupa buat mengambil napas melalui mulut ya. Caranya dengan menyerongkan wajah ke atas permukaan air.

2 dari 4 halaman

Nah, buat teknik cara berenang gaya bebas, ada beberapa hal buat kamu pelajari nih!

Teknik Pernapasan

Cara Berenang Gaya Bebas © Diadona

Seperti yang sudah dijelaskan, kalau wajah menghadap permukaan air pada berenang gaya bebas. Nah, untuk teknik pernapasannya, pengambilan napas dilakukan secara menyerong ke kanan maupun kiri. Tapi gerakan kepala ini nggak boleh sembarangan ya guys.

Kalau kamu menggerakkan kepala secara asal, malah bisa berbahaya karena menyebabkan ketegangan dan mengakibatkan kram. Penting banget buat kamu mengatur otot leher dan kepala tetap rileks.

Dalam membawa kepala keluar masuk secara santai juga ya saat mengambil napas. Kamu bisa dengan memiringkan tubuh maksimal 30 derajat.

Posisi Tubuh


Posisi tubuh dalam renang gaya bebas adalah menempatkan dada menghadap permukaan air. Posisi tubuhmu harus sejajar lurus dari kepala sampai kaki guys. Oh iya, pastikan juga sebelum masuk ke kolam kamu melakukan pemanasan terlebih dulu ya.

Pemanasan penting banget loh sebelum berenang. Supaya tubuh tidak kram saat berhadapan dengan air. Tapi, buat kamu yang dalam kondisi kurang tidur, tidak dianjurkan untuk berenang nih guys! Soalnya fokusmu bisa berkurang.

3 dari 4 halaman

Gerakan Kaki

Cara Berenang Gaya Bebas © Diadona


Sebelum mulai berenang, latihlah gerakan kakimu untuk cara berenang gaya bebas. Gerakannya sederhana kok, naik turun gitu bergantian sepanjang lintasan.

Arahkan tubuh menghadap dinding di pinggiran kolam dengan tangan berpengangan pada dinding. Kemudian luruskan kaki ke belakang dengan posisi badan tengkurap di atas permukaan air. Setelah itu gerakkan kaki ke atas dan bawah dalam kondisi rileks.

Gerakan Lengan


Nah, saat gerakan kakimu sudah lancar, cara berenang gaya bebas bisa dilanjutkan dengan gerakan lengan. Kedua lengan pada gaya bebas ada jauh di depan dengan gerakan mengayuh bergantian.

Saat tangan mengayun, diiringi gerakan kaki yang naik turun tadi guys. Kamu bisa melatihnya terlebih dulu dengan cara diam di tempat dengan posisi akan meluncur, kemudian gerakkan lengan. Lakukan latihan ini di pinggir kolam ya sampai lancar.

4 dari 4 halaman

Cara Berenang Gaya Dada untuk Pemula

Cara Berenang Gaya Dada © Diadona


Setelah gaya bebas, sekarang membahas cara berenang gaya dada yang juga untuk seorang pemula. Berikut ini hal-hal yang perlu kamu lakukan untuk latihan gaya dada.

1. Pertama, kamu perlu menjapitkan kaki ke pinggiran kolam.

2. Kemudian, buat lengan dan badan sejajar dengan air.

3. Terus, tarik keduan lengan ke sampaing sampai berjarak sekitar 30 cm.

4. Lalu, bengkokkan kedua siku sedikit dan putar seperlunya lengan bagian atas.

5. Kamu bisa melanjutkan cara berenang gaya dada dengan menarik kedua telapak tangan ke belakang dengan kuat sampai posisinya sejajar dengan bahu. Sedangkan siku posisinya tinggi.

6. Setelah itu, telapak tangan diputar ke dalam sampai kedua telapak tangan bertemu di bawah dada. Terus, rapatkan siku di bawah dada dengan kuat.

7. Lalu, kamu dorong kedua lengan dengan arah lurus ke depan dilanjutkan dengan posisi horizontal secara rileks. Yap, kalau berenang gaya dada memang lebih menekankan pada teknik lengannya.

Gimana, mudah kan cara berenang gaya bebas maupun gaya dada? Manapun yang akan kamu coba lebih dulu, selamat berusaha!

Beri Komentar