Beberapa Cara Membantu Anak Balita Menambah Kosakata

Reporter : Riza Umami
Jumat, 2 Juni 2023 15:45
Beberapa Cara Membantu Anak Balita Menambah Kosakata
Ini beberapa cara yang bisa dilakukan.

Membantu anak balita dalam memperluas kosakata mereka merupakan langkah penting dalam membangun dasar yang kuat untuk pembelajaran bahasa mereka. Pada usia yang masih muda, anak balita memiliki kepekaan tinggi terhadap lingkungan dan daya serap mereka sangat tinggi.

Oleh karena itu, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membantu mereka menambah kosakata secara efektif dan menyenangkan. Kira-kira, apa saja ya cara yang bisa dilakukan orang tua untuk membantu anak menambah kosakatanya?

1 dari 4 halaman

Baca Buku

Ilustrasi Anak Membaca © Diadona

Bacakan buku cerita yang sesuai dengan usia anak balita. Pilih buku-buku yang mengandung banyak kata-kata dan gambar-gambar yang menarik. Selama membaca, ajak anak berinteraksi dengan menunjuk gambar-gambar, mengulangi kata-kata, dan bertanya tentang cerita.

Bernyanyi

Ajak anak balita untuk bernyanyi lagu anak-anak. Lagu-lagu ini biasanya mengandung banyak kata-kata sederhana dan repetitif yang dapat membantu anak mengingat kosakata baru dengan mudah.

2 dari 4 halaman

Main Peran

Ajak anak bermain peran menggunakan mainan dan membantu mereka menirukan kata-kata dan kalimat sederhana. Contohnya, bermain " dokter-dokteran" dan mengajarkan kata-kata seperti " sakit" , " sembuh" , atau " obat" .

Kunjungan ke Tempat-Tempat Baru

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Ajak anak balita mengunjungi tempat-tempat baru seperti taman, kebun binatang, atau museum. Sambil menjelajahi, tunjukkan objek-objek atau hewan-hewan yang baru dan sebutkan namanya. Ini akan membantu anak memperluas kosakata mereka dengan mempelajari kata-kata yang berhubungan dengan lingkungan sekitar.

3 dari 4 halaman

Gunakan Kartu Kata atau Flash Card

Buatlah kartu-kartu kosakata dengan gambar yang mudah dipahami oleh anak. Tuliskan kata yang sesuai di belakang kartu. Bisa juga membeli flash card seperti ini di market place. Ajak anak untuk memilih kartu-kartu tersebut secara acak dan ajarkan mereka kata yang ada di kartu tersebut.

Permainan Tebak Kata

Ajak anak untuk bermain permainan tebak kata sederhana. Misalnya, tunjukkan gambar suatu objek dan minta anak untuk menyebutkan namanya. Atau, berikan petunjuk sederhana tentang suatu objek dan minta anak menebaknya.

4 dari 4 halaman

Gunakan Aplikasi atau Game Pendidikan

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Ada banyak aplikasi atau game pendidikan yang dirancang khusus untuk anak balita. Beberapa aplikasi ini menawarkan latihan kosakata dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

Itulah beberapa cara yang bisa orang tua lakukan untuk membantu anak menambah kosakata supaya makin lancar dalam belajar berbicara. Semoga ulasan ini cukup membantu ya Mom.

Beri Komentar