Tinggalkan Kebiasaan Kencing di Kolam Renang! Bahayanya Gak Sesimple Itu, Guys

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 13 Maret 2020 10:45
Tinggalkan Kebiasaan Kencing di Kolam Renang! Bahayanya Gak Sesimple Itu, Guys
"Tadi aku kebelet, akhirnya kencing di kolam renang, deh."

Dari saya masih SD sampai sekarang, kalau habis berenang kayaknya ada aja yang nyeletuk kayak gitu. Kok bisa mereka-mereka itu kencing di kolam renang padahal banyak orang lain yang lagi pakai (baca: berenang) kolam itu. Kan, jorok?

Nggak cuma jorok aja. Ternyata, kencing itu di kolom renang itu bisa membahayakan kesehatan orang lain lho!

1 dari 3 halaman

Sebuah artikel yang dilansir dari Time menjelaskan bahwa di kolam renang terdapat senyawa yang disebut dengan klorin yang berasal dari kaporit. Sementara, klorin ketika bertemu dengan urin alias air kencing kita akan menciptakan susuatu yang baru yang bernama Cyanogen Chloride (CNCI) dan trichloramine (NCI3). Yang menjadi masalah adalah ternyata kedua hal tersebut merupakan senyawa beracun yang bisa menimbulkan efek samping untuk tubuh.

Selain itu, melansir dari Halodoc.com, urin juga akan bereaksi dengan disinfektan di kolam renang dan akhirnya menghasilkan sebuah senyawa yang bernama DPS. Sialnya, senyawa ini bisa mengakibatkan iritasi pada pada dan gangguan sistem pernapasan. Kalau yang punya asma, bisa-bisa penyakitnya bisa bertambah parah.

2 dari 3 halaman

Meski begitu, Hellosehat.com melansir sebelumnya bahwa kadar senyawa CNCI baru akan benar-benar mengancam kesehatan jika kadarnya mencapai 70 mikrogram per liter. Sementara hasil pengamatan laboratorium berdasarkan journal penelitian Environmental Science & Technology air kolam mengandung CNCI sebesar 30 mikrogram per liter.

Tapi, jumlah tersebut bisa saja terjadi jika banyak sekali orang yang kencing di kolam renang, bukan? Apalagi jika jumlahnya mencapai 2.500 mikrogram per liter, bisa-bisa menyebabkan kejang, koma, bahkan kematian guys!

3 dari 3 halaman

Nah, mulai sekarang, udah sebaiknya kamu kalau mau kencing keluar dulu dari kolam renang, lalu keluarkan di toilet. Dengan demikian, kamu turut membantu menjaga kesehatan orang lain dan berenang pun menjadi lebih menyenangkan tanpa harus mengkhawatirkan bahaya yang akan terjadi.

Beri Komentar