7 Alasan Kamu Harus Berenang

Reporter : Hevy Zil Umami
Kamis, 23 Januari 2020 20:52
7 Alasan Kamu Harus Berenang
Berenang adalah salah satu latihan terbaik untuk orang malas, dan banyak orang yang tidak berolahraga harus mempertimbangkan alasan untuk berenang.

Jika kamu benar-benar membutuhkan motivasi untuk melepaskan diri dari tempat tidur tetapi tidak bisa menghadapi bentuk olahraga lain, berenang adalah kegiatan yang tepat untukmu.

Bahkan jika kamu bugar dan sehat dan berolahraga secara teratur, kamu masih akan menemukan beberapa alasan bagus untuk pergi berenang. Jadi, ambil pakaian renangmu, pergi ke kolam renang dan baca artikel ini untuk belajar tentang manfaat berenang.

1 dari 7 halaman

1. Menghilangkan Stres

Berenang benar-benar memberikan penghilang stres yang sangat baik. Pertama, berenang secara alami mendorong pelepasan hormon perasaan-baik kita (endorfin), tetapi juga peregangan dan relaksasi otot yang konstan dan pernapasan berirama dalam memiliki efek menenangkan dan terapi yang sama seperti yoga. Selain itu, jika kamu dapat " mengabaikan" dan hanya berkonsentrasi pada pernapasan dan suara air, itu adalah waktu yang tepat untuk bermeditasi.

2 dari 7 halaman

2. Memperpanjang Hidup

Ilustrasi Berenang © Diadona

Ada penelitian yang kuat yang menunjukkan bahwa salah satu manfaat berenang adalah kamu dapat hidup lebih lama jika itu bentuk latihan rutinmu. Penelitian ini bukan penelitian kecil dengan beberapa subjek dalam waktu singkat. Sekelompok peneliti dari University of South Carolina melakukan penelitian setelah lebih dari 40.500 pria berusia antara 20 dan 90 tahun, selama 32 tahun.

Para pria memiliki semua tingkat kebugaran yang berbeda dan mengikuti rejimen olahraga yang berbeda. Studi tersebut menunjukkan bahwa pria yang rutin berenang memiliki tingkat kematian 50% lebih rendah daripada pria yang berjalan, berlari, atau tidak berolahraga. Studi ini juga menyimpulkan bahwa wanita akan mendapat manfaat yang sama dari berenang.

3 dari 7 halaman

3. Membakar Kalori

Kamu mungkin berpikir bahwa dengan pembicaraan berenang ini membuat latihan menjadi lebih mudah dan itu adalah latihan yang lebih ringan, bahwa tidak baik untuk melakukan rutinitas olahraga ini jika kamu ingin menurunkan berat badan. Tidak Benar! Tentu saja itu tergantung pada seberapa banyak usaha yang kamu lakukan dan fisiologimu. Secara umum, ini adalah tingkat pembakaran kalori yang dapat kamu harapkan selama 10 menit:

Gaya bebas - 100 kalori
Gaya Punggung - 80 kalori
Gaya Dada - 60 kalori
Kupu-kupu - 150 kalori

4 dari 7 halaman

4. Mencakup Banyak Gerakan

ilustrasi berenang © Diadona

Salah satu manfaat utama berenang adalah membantu menjaga persendian dan ligamen longgar dan fleksibel. Banyak latihan individu, dan khususnya mesin olahraga gym, menargetkan area tubuh tertentu dan kamu perlu memiliki rejimen penuh latihan yang melatih seluruh tubuhmu. Berbeda dengan ini, berenang membawa tubuh melalui berbagai gerakan.

Dengan satu gerakan, lengan akan bergerak dengan lengkungan lebar, pinggul akan bergerak mendorongmu ke depan dan saat kaki mendorongmu melewati air, kepala dan tulang belakang berputar dari sisi ke sisi. Kamu juga mendapatkan peregangan memanjang seluruh tubuh dari kepala hingga kaki.

5 dari 7 halaman

5. Nada dan Kekuatan

Sambil membuat tubuhmu terasa lebih ringan dan lebih mudah untuk bergerak, karena berat badan didukung fakta bahwa air 12 kali lebih padat daripada udara, berarti berenang juga merupakan latihan ketahanan. Ini berarti bahwa dibandingkan dengan beberapa latihan aerobik lainnya, berenang adalah pilihan yang bagus untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot.

Tidak seperti joging, katakanlah, setiap gerakan berenang adalah latihan aerobik untuk lengan dan kaki. Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa berenang memperkuat kesehatan tulang, oleh karena itu direkomendasikan sebagai latihan untuk pasien penggantian pinggul, penderita radang sendi dan sebagai fisioterapi untuk banyak penyakit.

6 dari 7 halaman

6. Lebih Banyak Gerakan dengan Lebih Sedikit Usaha

ilustrasi olahraga renang © Diadona

Ada sedikit upaya yang diperlukan dalam air untuk berolahraga tetapi hasil yang bagus masih diperoleh. Cara berenang meningkatkan kesehatan dengan sedikit usaha adalah karena tubuh menjadi lebih ringan di dalam air, sehingga lebih mudah untuk berolahraga. Jika kamu malas, tidak terbiasa berolahraga atau kelebihan berat badan, ada keuntungan untuk memulai latihan dengan berenang.

Saat kamu mendapatkan kebugaran, kamu dapat memindahkan latihan berbasis air ke terra firma. Sesi renang bisa menjadi lebih lama dan lebih berat. Keseluruhan masalah olahraga air ini menjadikannya lebih mudah juga menjadikannya ideal bagi orang yang lemah, atau lanjut usia untuk dapat menjaga kebugaran.

7 dari 7 halaman

7. Dampak Rendah

Mendorong melalui rasa sakit itu bermanfaat secara mental. Namun jika kamu sangat lemah dalam hal rasa sakit, maka renang bisa jadi olahraga yang mudah tapi bermanfaat. Salah satu alasan terbaik untuk berenang adalah karena dampaknya rendah. Dari semua latihan aerobik, berenang adalah yang paling baik terhadap sistem kerangka kita. Kamu tidak mendapatkan hal-hal seperti plantar fasciitis atau shin splints dengan berenang, bahkan jika kamu memiliki sesi berenang yang sangat keras dan berat. Asalkan kamu tidak lupa untuk melakukan pemanasan sebelum terjun ke kolam.

Beri Komentar