Pengertian Gaya dalam Bahasa, Hidup, dan Renang

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 2 Juli 2020 08:42
Pengertian Gaya dalam Bahasa, Hidup, dan Renang
Pengertian gaya sebenarnya banyak maknanya, mulai dari gaya bahasa hingga gaya renang.

Dalam ilmu fisika, pengertian gaya adalah dorongan, tarikan, ataupun hal-hal lain yang menyebabkan benda bergerak maupun berhenti dari gerakannya itu.

Sedangkan, menurut sumber lain menjelaskan pengertian gaya adalah interaksi apapun yang bisa menyebabkan sebuah benda bermassa mengalami perubahan gerak, maupun konstruksi geometris.

Sehingga, secara sederhana, gaya adalah dorongan atau tarikan yang dilakukan pada suatu objek yang memiliki massa tertentu.

Nah, supaya kamu lebih paham dengan pengertian gaya bahasa, hidup, maupun renang, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Pengertian Gaya Bahasa

Pengertian Gaya © Diadona

Gaya bahasa memang mempunyai cakupan yang sangat luas baik itu untuk tulisan maupun pembicaraan. Sehingga, secara umum pengertian gaya bahasa adalah cara bagaimana pengarang cerita mengungkapkan isi pikirannya lewat bahasa-bahasa yang khas dalam uraian cerita dan pada akhirnya bisa menimbulkan kesan tertentu.

Gaya bahasa atau biasa disebut majas ini digunakan untuk menyampaikan pesan dengan cara yang imajinatif. Sebab, majas biasanya memiliki sifat kiasan atau bukan makna sebenarnya.

Oleh karena itu, gaya bahasa mempengaruhi terbentuknya suasana, kesopanan, kejujuran, ataupun realita yang sebenarnya. Contohnya seperti kamu bisa membawa pembaca atau pendengar ke dalam suasana serius dan penuh perhatian.

2 dari 5 halaman

Pengertian Gaya Hidup

Pengertian Gaya © Diadona

Saat ini, gaya hidup berkaitan erat dengan perkembangan zaman dan teknologi. Sebab, hal tersebut akan menjadi upaya untuk membuat diri sendiri menjadi eksis dengan cara tertentu dan berbeda dari kelompok lainnya.

Sehingga, wajar saja jika pengertian gaya hidup adalah tingkah laku, pola dan cara hidup yang ditunjukkan seseorang, dalam minat dan ketertarikan tentang diri mereka sendiri, untuk membedakan statusnya dari orang lain.

Selain itu, menurut Mowen & Minor, ada beberapa macam gaya hidup diantaranya ialah:

1. Experientials

Pengertian gaya hidup ini akan membelanjakan jumlah di atas rata-rata atas barang-barang yang diinginkan, seperti hiburan, hobi, maupun kesenangan.

3 dari 5 halaman

2. Funcionalists

Sedangkan, pengertian gaya hidup ini akan menghabiskan uang untuk hal-hal yang sangat penting. Seperti, pendapatan rata-rata, pekerja keras, dan pendidikan yang tinggi.

3. Aspirers

Pengertian gaya hidup ini akan fokus pada menikmati gaya hidup tinggi dengan membelanjakan sejumlah uang di atas rata-rata untuk barang bagus, seperti tempat tinggal, pekerja kantor dan menikah tanpa anak.

4 dari 5 halaman

Pengertian Renang Gaya Bebas

Pengertian Gaya © Diadona

Pengertian renang gaya bebas adalah gerakan renang yang dilakukan dengan posisi badan tengkurap dan sejajar dengan permukaan air.

Sedangkan, dalam bahasa Inggris, renang gaya bebas disebut front crawl, Yakni salah satu olahraga renang dengan posisi wajah menghadap ke permukaan air, kedua lengan mengayuh secara bergantian, kedua kaki naik turun mencambuk air secara bergantian.

Sehingga, untuk bisa melakukan gerakan renang gaya bebas, seseorang harus menguasai beberapa teknik dasar.

5 dari 5 halaman

Pengertian Renang Gaya Dada

Pengertian Gaya © Diadona

Pengertian renang gaya dada adalah salah satu teknik gaya renang yang sangat populer dalam olahraga air ini. Sebab, gaya renang inilah yang paling sering diajarkan kepada pemula, sehingga lumayan mudah untuk dilakukan pemula.

Manfaat dari renang gaya dada ini ialah untuk membakar kalori, hemat energi, olahraga cardio yang baik, serta baik untuk pemula.

Selain itu, kelebihan dari renang gaya dada untuk membentuk tubuh, baik bagi kesehatan, menurunkan berat badan dan gula darah, serta menghilangkan setress.

Intinya, pengertian gaya dada dalam renang ialah olahraga air yang sangat menyenangkan karena dilakukan dengan menggerakkan badan di air.

Beri Komentar