17 Manfaat Olahraga Renang Gaya Dada bagi Tubuh dan Wanita

Reporter : Sofi
Kamis, 9 Januari 2020 17:58
17 Manfaat Olahraga Renang Gaya Dada bagi Tubuh dan Wanita
Apakah bernenang merupakan hobimu? Sudah tau manfaat apa saja yang akan kamu dapat jika kamu rutin melakukannya? Berikut adalah manfaat renang yang mengesankan.

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa para ahli merekomendasikan orang dewasa mendapatkan 150 menit aktivitas sedang atau 75 menit aktivitas kuat setiap minggu. Berenang adalah cara terbaik untuk bekerja di seluruh tubuh dan sistem kardiovaskular kamu. Satu jam berenang membakar kalori hampir sama dengan berlari, tanpa semua dampak pada tulang dan persendian kamu. Berikut manfaat renang yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Renang bagi Tubuh

ilustrasi olahraga renangilustrasi olahraga renang © rawpixel.com

Banyak orang mengetahui manfaat bernenang adalah untuk meninggikan badan. Tapi tahukah kamu jika berenang juga bisa meredakan radang sendi? Berikut adalah manfaat renang bagi tubuh untuk lebih lengkapnya.

1. Menyehatkan jantung

Salah satu manfaat berenang adalah menyehatkan jantung yang nantinya akan meningkatkan sistem pernapasan makin lebih baik.

2. Bentuk tubuh ideal

Berenang merupakan pilihan tepat bagi kamu yang menginginkan tubuh ideal. Bagian bisep mampu terbentuk efektif jika kamu sering berenang. Hal ini karena seluruh anggota tubuh bergerak.

3. Meredakan radang sendi

Postur tubuh yang kurang ideal bisa diperbaiki dengan berenang. Latihan berenang mampu mengurangi masalah yang sering menyerang tulang belakang. Gerakan saat berenang mampu memperkuat otot dan semakin kencang.

4. Menurunkan berat badan

Berenang adalah olahraga yang paling bagus untuk membakar lemak. Jika kamu ingin cepat kurus, maka rajinlah berolahraga.

5. Menurunkan risiko diabetes

Manfaat berenang lainnya adalah mampu menurunkan risiko diabetes. Hal ini, karena berenang mampu membakar kalori dan lemak hingga gula sehingga kamu pun terbebas dari diabetes.

2 dari 4 halaman

Manfaat Renang Gaya Dada

ilustrasi berenangilustrasi berenang © underwateraudio.com

Macam-macam gaya renang cukup banyak. Tetapi yang paling umum digunakan oleh orang-orang adalah gaya dada. Kekuatan teknik gaya dada berada di tangan dan kaki karena agar bisa mendorong badan ke depan. Pada dasarnya, gaya ini memerlukan kemampuan tangan untuk mendorong ke bawah saat kepala ke atas untuk melakukan pernapasan. Berikut adalah manfaat renang gaya dada yang harus kamu ketahui.

1. Meningkatkan kualitas tidur

Tak sedikit orang mengalami kesulitan dan gangguan tidur, atau dikenal dengan istilah insomnia. Banyak orang mencari tentang cara pencegahan atau pengobatan insomnia di mesin pencarian Google. Gangguan insomnia menyebabkan kondisi penderita tidak prima dan mengantuk saat melakukan aktivitas keesokan harinya.

Jika mengalami kesulitan untuk mendapatkan kualitas tidur, sepertinya kamu harus menjajal renang. Berenang memberikan efek yang cukup besar untuk membantumu tidur lebih nyenyak di malam hari.

2. Meredakan stres

Banyak bergerak mampu menghilangkan stres dan merangsang hormon endorfin yang mampu membuat suasana hati menjadi lebih tenang. Bahkan, tanpa kamu sadari, saat bersentuhan dengan air pun, suasana hati menjadi lebih senang.

3. Meningkatkan kekuatan otot

Dengan rajin berenang, maka kamu bisa mendapatkan otot dan tulang yang kuat. Otot yang kuat akan terlihat dari postur tubuh. Perlahan, bentuk tubuh akan semakin atletis karena otot yang terbentuk sempurna.

3 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Renang

ilustrasi olahraga renangilustrasi olahraga renang © wallpaperswide.com

Olahraga renang ini bisa dilakukan oleh semua umur. Manfaat olahraga renang ini sendiri juga banyak dan dapat dirasakan oleh semuanya. Salah satu manfaat renang yaitu membuat panjang umur. Berikut adalah manfaat renang lainnya yang harus kamu ketahui.

1. Melatih pernafasan

Berenang mampu melatih pernapasan agar lebih kuat dan panjang. Hal ini karena gerakan saat berenang meliputi otot anggota tubuh yang mampu memacu aliran darah ke jantung, paru-paru lebih lancar, dan juga pembuluh darah.

2. Meninggikan badan

Manfaat renang selanjutnya adalah meninggikan badan. Jika ingin memiliki tubuh yang tinggi, salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan adalah berenang. Berenang membuat tubuh sehat juga tinggi. Maka dari itu, ajarkan anak sedari dini untuk berenang.

4. Panjang umur

Manfaat renang lainnya adalah memanjangkan usia. Dengan renang, maka usia bisa lebih panjang dan tetap bugar di usia senja.

5. Terapi saat cidera

Manfaat renang yang terakhir adalah terapi untuk cidera. Jika saat cidera otot maka salah satu alternatif pemulihannya adalah dengan berenang. Maka dari itu, banyak sekali atlet olahraga yang cidera lalu berenang untuk memulihkannya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Renang Bagi Wanita

Ilustrasi BerenangIlustrasi Berenang © 2019 https://www.diadona.id / @pexels

Manfaat berenang ini juga bagus untuk wanita dan ibu hamil. Salah satunya adalah untuk melembabkan kulit. Berikut adalah manfaat renang bagi wanita yang kamu harus ketahui.

1. Menurunkan berat badan

Manfaat renang bagi wanita yang dapat diperoleh satu di antaranya adalah menurunkan berat badan. Kaum hawa biasanya kurang percaya diri apabila berat badannya bertambah. Maka dari itu, aktivitas olahraga yang disarankan untuk menggerakkan badan dan membakar kalori adalah berenang.

2. Melembabkan kulit

Manfaat renang juga bisa untuk melembabkan kulit kamu lho! Tapi, disarankan untuk berenang di perairan yang lebih jernih dan alami, alias bebas kaporit.

3. Membantu persalinan pada ibu hamil

Ibu hamil terkadang waswas untuk melakukan olahraga renang. Namun, hal ini akan sedikit membantu ibu hamil untuk melalui proses persalinan secara normal. Akan tetapi kamu dianjurkan berenang dengan porsi ringan. Bagi ibu hamil, daya apung selama berada di dalam air akan meringankan persendian dari beban berat.

4. Melemaskan otot untuk ibu hamil

Bagi bunda yang tengah mengandung disarankan untuk melakukan olahraga renang. Hal itu guna melemaskan kembali ketegangan tulang belakang dan bahu lantaran perut yang semakin membesar.

Apakah salah satu hobimu adalah berenang? Bagaimana menurutmu tentang manfaat yang dapat kamu rasakan dari berenang di atas? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar