Lakukan Ini Sebelum dan Setelah Berenang Agar Rambutmu Tidak Rusak

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 3 Januari 2020 13:08
Lakukan Ini Sebelum dan Setelah Berenang Agar Rambutmu Tidak Rusak
Banyak orang cenderung melupakan kesehatan rambutnya pada saat berenang. Padahal jika kamu berenang pada air yang mengandung bahan seperti klorin, kamu perlu memperhatikan kesehatan rambutmu.


Tak jarang jika setelah berenang, biasanya rambut lalu dibiarkan terurai, namun ternyata hal itu bukan kebiasaan yang baik. Membiarkan rambut seperti itu tidak baik karena kandungan dalam kolam air renang yang mengandung beberapa bahan kimia.

Nah bagi kamu yang hobi berenang, biasanya rambut akan lebih terasa kering setelah kamu berenang. Hal ini disebabkan karena air di dalam kolam renang mengandung bahan kimia, klorin, yang ternyata bisa merusak rambut. Maka dari itu, ketika berenang tidak hanya kulit saja yang perlu diperhatikan namun kesehatan rambutmu juga. Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum dan setelah berenang.

1. Membilas rambut

Ilustrasi Keramas


Sebaiknya jangan pernah menunda keramas setelah berenang karena hal ini dapat merusak rambut. Segera bilas rambutmu dengan air bersih guna menghilangkan klorin yang menempel pada rambut. Pasalnya, klorin yang menempel pada rambut terlalu lama dapat menghisap minyak alami rambut, sehingga menyebabkan rambut kering.

2. Gunakan minyak kelapa

Ilustrasi Minyak Kelapa


Khasiat minyak kelapa pada rambut sudah tidak perlu diragukan lagi. Agar rambut tidak kering setelah berenang, oleskan sedikit minyak kelapa, terutama pada bagian ujung rambut, sebelum membasahi rambut dengan air. Minyak kelapa dapat membentuk lapisan pelindung yang menjaga rambut dari bahan kimia yang ada pada air kolam renang.

Setelah melakukan salah satu tips tersebut, kamu sebaiknya melakukan tips berikut ini sesudah berenang.

3. Mengepang atau menguncir rambut

Ilustrasi Gaya Kepang Rambut


Masalah yang kerap dihadapi oleh para perempuan saat berenang adalah rambut kusut, terlebih lagi jika memiliki rambut panjang. Oleh karena itu, sebaiknya kepang atau kuncir rambut kamu sebelum berenang guna menjaga rambut tetap rapi dan tidak kusut. Atau, kamu juga bisa mengenakan penutup kepala supaya rambut tidak tercemar air kolam yang dapat merusak kesehatan rambut.

4. Gunakan kondisioner

Ilustrasi Rambut


Pasca berenang, rambut kerap menjadi kasar dan kering. Jika dibiarkan begitu saja, hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan rambut kamu. Jadi setelah mencuci rambut dengan sampo, kamu tetap perlu menjaga kelembaban rambut dengan menggunakan kondisioner. Tidak hanya sekadar melembapkan, kondisoner juga mampu membuat rambut menjadi lebih lembut, mudah diatur, dan tidak kusut.

Beri Komentar