Benarkah Rajin Olahraga Renang Bisa Menambah Tinggi Badan?

Reporter : Mila
Kamis, 26 Agustus 2021 18:57
Benarkah Rajin Olahraga Renang Bisa Menambah Tinggi Badan?
Banyak orangtua yang mengajarkan anak renang agar lebih tinggi.

Mempunyai badan yang tinggi semampai adalah idaman setiap orang. Tapi, untuk mencapai tinggi badan yang diidamkan mungkin tidak semudah itu.

Tak heran, jika banyak orang yang melakukan usaha untuk menambah tinggi badan. Salah satunya melakukan olahraga renang.

Apakah benar renang bisa menambah tinggi badan seseorang?

1 dari 3 halaman

Renang Bisa Menambah Tinggi Badan?

Renang jadi salah satu olahraga yang diandalkan untuk membantu menambah tinggi badan. Maka dari itu banyak orangtua yang mengajarkan anaknya sedari kecil dengan harapan anak bisa tumbuh tinggi melebihi orangtuanya.

Tapi, perlu digarisbawahi bahwa yang membuat tinggi tidak hanya olahraga renang saja. Olahraga lainnya juga bisa mendukung pertumbuhan tinggi badan anak karena saat olahraga hormon pertumbuhan dilepaskan oleh tubuh.

2 dari 3 halaman

Renang Membuat Semua Otot Tubuh Bekerja

Ilustrasi Renang © Diadona

Renang bisa memicu pelepasan hormon pertumbuhan yang mendukung pertumbuhan tinggi badan. Selain itu, hampir semua otot-otot dalam tubuh bekerja saat berenang sehingga bisa membantu menambah tinggi badan, khususnya untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Otot, terutama otot kaki, lengan, tulang belakang, dan dada banyak diberikan penekanan saat berenang. Hal ini bisa meningkatkan fungsi otot dan juga meningkatkan pelepasan energi. Renang juga dianggap bisa membantu perpanjangan tulang belakang dan kaki, sehingga akhirnya bisa menambah tinggi badan.

Tapi, jangan lupa untuk melakukan latihan peregangan sebelum berenang, ya.

3 dari 3 halaman

Faktor yang Memengaruhi Tinggi Badan

Perlu diingat bahwa ada banyak faktor yang memengaruhi tinggi badan, bukan hanya olahraga saja. Ketika semua faktor tersebut tidak didukung, maka pertumbuhan tinggi badan juga tidak bisa berjalan dengan optimal.

Dua faktor utama yang memengaruhi tinggi badan seseorang adalah genetik dan lingkungan.

Kalau kedua orangtua tinggi, maka anaknya dengan mudah bisa mencapai tinggi badan yang tinggi. Tapi jangan berkecil hati, faktor genetik ini bisa diperbaiki oleh faktor lingkungan. Jadi, jika faktor lingkungan mendukung anak untuk tumbuh lebih tinggi, maka ia bisa lebih tinggi dari orangtuanya.

Oleh karena itu, tetap perhatikan nutrisi, olahraga, dan kualitas tidur sebagai upaya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Beri Komentar