Ternyata Cara Terbaik untuk Rehidrasi Tubuh Bukan degan Minum Air lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 26 Agustus 2021 08:27
Ternyata Cara Terbaik untuk Rehidrasi Tubuh Bukan degan Minum Air lho!
Lha, terus gimana dong? Simak artikel berikut, yuk!

Cairan tubuh merupakan hal yang begitu penting bagi tubuh kita. Setiap saat, tubuh pasti kehilangan cairan. Apalagi mereka yang beraktivitas berlebih. Di samping itu, banyak di antara kita yang salama ini berpikir untuk mengganti cairan tubuh alias rehidrasi cara terbaiknya adalah dengan banyak minum air putih, bukan?

1 dari 7 halaman

ilustrasi wanita minum air putih © Diadona

Ternyata, hal ini keliru, guys. Cara terbaik untuk rehidrasi cairan tubuh itu bukan dengan minum, namun dengan makan. Hal ini diungkapkan oleh Dokter Denta, Dokter Spesialis Anak.

" Cara terbaik rehidrasi tubuh sehari-hari itu bukan dengan minum, tapi dengan makan," ungkapnya pada cuitan Twitter-nya di akun @sdenta.

 

2 dari 7 halaman

Denta menjelaskan lebih lanjut, tubuh memiliki banyak ruangan yang harus terisi oleh cairan dengan optimal. Misalnnya seperti di ruang pembuluh darah agar tidak kolaps, atau ruang antar sel bahakn di dalam sel untuk mendukung proses kerja dan fungsi sel.

" Cairan harus mampu ngisi ruang di pembuluh darah, biar gak kolaps dan traffic cairan lancar, harus mampu juga ngisi ruang di antar sel, selain itu juga harus mampu menghidrasi ruang di dalam sel juga, untuk mendukung proses kerja dan fungsi sel."

3 dari 7 halaman

Ilustrasi Wanita Makan Sayuran © Diadona

Lebih lanjut, Denta menjelaskan cairan tubuh bukan hanya air putih tawar saja. Cairan pada tubuh di dalamnya terdapat protein, natrium, kalium, magnesium, dan lain-lain.

" Nah isinya cairan dalam tubuh itu gak cuman air putih tawar doang gitu. Isinya ada protein, ada natrium, ada kalium, magnesium dll.. Nah kalo kita rehidrasi tubuh cuman air putih doaangg. Ya airnya cuman numpang lewat doang." diserap hingga ke dalam sel.. Percaya gak, pada kondisi tertentu, kita bisa minum banyak, tapi sel tetap aja dehidrasi. Sedih."

4 dari 7 halaman

Makanya, cara terbaik untuk rehidrasi tubuh itu lewat makanan yang kaya akan cairan seperti sayuran dan buah-buahan. KAlau yang puasa, bisa buka dengan minum air dengan beberapa jumput garam.

" Terus cara terbaik untuk hidrasi? ya lewat makanan. Kalo habis puasa makan minum misalnya. Buka puasanya dengan makanan kaya cairan. sayur/buah dll. Favorit saya? Soto apa sop. Wih komplit semua disitu. Atau kalo lagi extended fasting, bisa minum air dengan beberapa jumput garam."

 

5 dari 7 halaman

Ilustrasi Wanita Makan Buah-Buahan © Diadona

Namun, bukan berarti minum air putih itu buruk untuk hidrasi tubuh. Dikit-dikti saja namun sering. Yang penting untuk hidrasi tubuh adalah dengan makanan yang kaya akan cairan. Sebab dalam kondisi tertentu, ada yang minum banyak damun sel tetap dehidrasi.

" Minum air putih gimana? ya boleh.. minum air putih tuh dikit2 aja tapi sering.. Sisanya untuk hidrasi ya pake makanan kaya cairan. Lebih mudah masuk dan

6 dari 7 halaman

Wah, jadi begitu ya guys. Buat yang selama ini keliru, bisa dibenerin nih cara hidrasi tubuh dengan segera. Semoga bermanfaat!

Untuk thread lengkapnya, bisa lihat di sini, ya!

 

Beri Komentar