Benarkah Keramas saat Menstruasi Itu Berbahaya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 3 Maret 2022 08:27
Benarkah Keramas saat Menstruasi Itu Berbahaya?
Katanya sih begitu... Intip selengkapnya di artikel berikut, yuk~

Banyak kabar yang beredar mengenai masalah kesehatan di tengah masyarakat. Kadang kala, kabar tersebut entah darimana sumbernya. Misalnya mengenai kesehatan wanita, nih. Banyak yang bilang kalau wanita ketika menstruasi itu tidak boleh keramas kerena berbahaya untuk kesehatan. Apakah benar demikian?

 

1 dari 5 halaman

Ilustrasi wanita keramas © Diadona

Berdasarkan dari rangkuman Hellosehat.com, mensturasi tidak ada kaitannya sama sekali dengan keramas, apalagi dikait-kaitkan dengan masalah kesehatan. Menstruasi ya menstruasi, keramas-ya keramas.

 

2 dari 5 halaman

Gangguan menstruasi bisa disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya kondisi horonal, kelebihan berat badan, kondisi hormonal, stres, penyakit di organ reproduksi bahkan karena melakukan aktivitas fisik yang berat.

Ada yang bilang bahwa keramas ketika menstruasi bisa membuat darah menjadi beku. Ada juga yang bilang bahwa mandi dengan air hangat bisa membuat darah menjadi hangat. Yah, padahal dua-duanya tidak ada hubungannya sama sekali dengan menstruasi.

 

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Keramas © Diadona

Ada lagi yang mengatakan bahwa ketika menstruasi lalu keramas, itu bisa menyebabkan keputihan dan darahnya bisa masuk ke otak. Padahal, pembuluh darah di otak tak ada hubungannya dengan saluran reproduksi wanita, dan darah menstruasi tak bisa masuk ke otak.

 

4 dari 5 halaman

Kondisi menstruasi tidak ada hubungannya dengan air yang diguyur di kepala. Darah haid tidak berasal dari permukaan kulit, tapi dari dalam rahim. Sampai saat ini paham?

Semoga bermanfaat, ya!

Beri Komentar